KAPANLAGI NETWORK
MORE

Orbit Wadah Desainer Muda Berkarya

Rabu, 17 Mei 2017 11:10 Penulis: Anisha Saktian Putri
copyright: redaksi vemale/anisha

Vemale.com - Kini Pemerintah semakin peduli dengan para pemuda yang berprestasi, dengan memberikan wadah berkarya. Seperti yang dilakukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang baru saja meluncurkan program Orbit seleksi desainer Indonesia, salah satu program unggulan Bekraf.

"Orbit sendiri bertujuan menjadi wadah bagi para desainer muda Indonesia yang bertalenta untuk tumbuh berkembang secara maksimal melalui program pengembangan kapasitas secara berkelanjutan sehingga melalui program pengembangan kapasitas secara berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui profesinya," ujar Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, saat ditemui dalam peluncuran program Orbit, di Jakarta.

Orbit sendiri ialah program bagaimana meningkatkan kapasitas desainer muda, yang diharapkan mampu bersaing dengan desainer terdahulunya baik di dalam dan luar negeri. Dari seluruh peserta yang mendaftar kepada program Orbit akan dipilih 20 orang yang diseleksi oleh para kurator dan akan diberikan pendampingan serta pelatihan mentor oleh orang yang berkompeten dibidangnya.

Tahap 1 di bulan Juli minggu ke-4 nominator dan wawancara di hadapan tim kurator dimana peserta wajib membawa maket atau purwarupa. Tahap 2 bulan Agustus minggu ke-1. Penetapan 20 desainer terpilih akan langsung menjalani program inkubasi dengan tujuan pelatihan dan penyempurnaan maket/dummy/mock up/puwarupa yang mereka buat.

Tahap 3 Agustus minggu ke-2 desainer terpilih berhak atas program pengembangan kapasitas di dalam dan di luar negeri serta akan dilibatkan pada program-program Bekraf. Ruang lingkup Program Orbit meliputi seluruh bidang desain yaitu, Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion, Tata Cahaya, Desain Produk, Desain Tekstil, Kriya, dan Lanskap

"Orbit merupakan seleksi desainer, bukan audisi. Program ini menjadi wadah desainer muda untuk tumbuh berkembang, berkelanjutan mampu berkontribusi terhadap bahasa dan negara. Desain Arsitektur dan Fashion kini telah menyumbang 17,63 persen pendapat daerah pada sektor ekonomi kreatif," tambahnya.

Kriterianya sangat mudah yaitu memiliki desain orginial, tidak plagiat. So Ladies, jangan lupa ikutan bagi kamu yang jago mendesain ya.

(vem/asp/apl)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Bungkus Kue Cantik dari Bahan Sederhana
PRODUK REKOMENDASI