Sukses

Lifestyle

Serunya Berburu Aneka Jajanan dan Kuliner Tempo Dulu di JFFF 2017

Ladies rindu dengan jajanan atau makanan tempo dulu? Nah, untuk mengobati kerinduaan tersebut kamu bisa datang ke Jakarta Fashion & Food Festival 2017 (JFFF 2017).

Lewat Kampoeng Tempo Doeloe kamu bisa mencicipi beragama kuliner tempo dulu dengan cita rasa nusantara. Saat memasuki Kampoeng Tempo Doeloe kamu langsung disuguhi pemandangan menarik dengan hiasan layang-layang yang instagramable. Nuansa tersebut sesuai dengan tajuk acara yaitu Kampung Layang-layang.

Konsep Kampung Layang-layang ini menjadi daya tarik tersendiri. Sekaligus memperkenalkan layang-layang sebagai khasanah budaya bangsa Indonesia, dan merupakan permainan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Selain itu, dekorasi pun semakin terasa tempo dulu dengan gerobak-gerobak yang menjajakan jajanan khas pinggir jalan serta booth jualan yang dilengkapi beragam hiasan ornamen layang-layang yang sangat indah dan dapat membangkitkan kenangan masa lalu.

Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

 

Acara yang diselenggarakan 7 April - 7 Mei 2017 di La Piazza ini menghadirkan 101 peserta UKM maupun pengusaha kuliner, sehingga menghasilkan lebih dari 200 ragam menu Nusantara. Beberapa menu spesial tahun ini, di antaranya Mie Ayam Pelangi, Cwie Mie Malang, Cliff Noodle Bar, Martabak Yuk, Sate Ayam Madura Bintang 5, Gudeg Pejompongan, Soto Udang Medan Bu Ari, Bagoja (Bakso Goreng Gajah), Ketupat Gloria 65 Ny. Kartika, Soto Roxy H. Darwasa, Es Pisang Ijo "Paling Enak", dan masih banyak lagi makanan yang bisa kamu cicipi.

 

Nah, sambil santai menyantap makanan kamu bisa menikmati berbagai hiburan yang ada di panggung Kampoeng Tempo Doeloe seperti kolaborasi etnik dan tarian daerah nusantara.

Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

Setelah kenyang menikmati makanan khas nusantara, kita juga bisa mengikuti workshop, yang terdiri dari Layang-layang, Daur Ulang, Batik dan Lampion. Tidak kalah menarik hadir juga Layangan LED, Parade Layangan serta Humanoid.

 

Nah, untuk melestarikan menu kuliner Nusantara terutama ‘Aneka Mie Nusantara’, KTD 2017 juga mengadakan ‘Kompetisi Mie Warisan Nusantara’ bagi para pemilik Usaha Kecil Menengah di kawasan Jabodetabek. Babak penyisihan telah dilakukan pada tanggal 17 - 19 Maret 2017 di Gading Walk, MKG untuk menentukan pemenang tiga kategori yakni Mie Ayam, Mie Nusantara, dan Mie Non Halal. Ketiga pemenang kategori tersebut mendapatkan kesempatan berjualan di KTD sebagai babak final untuk memperebutkan hadiah total Rp 60.000.000,- dan peluang membuka usaha di MKG.  Pemenang utama ditentukan berdasarkan penjualan tertinggi yang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2017.

 

Penyelenggaraan ‘Kompetisi Mie Warisan Nusantara’ dari KTD ini sendiri merupakan bagian dari salah satu bentuk JFFF dalam mengelevasi program Food Festivalnya agar dapat semakin memajukan industri kuliner Indonesia dan juga melestarikan menu-menu nusantara.

Nah, bagi kamu pecinta wine & Chesse Expo di JFFF pun kamu bisa menghadiri Wine & Cheese Expo mulai 14 April - 7 Mei di Multi Purpose Hall, La Piazza. Acara makin semarak dengan hadirnya Food Festival yang menghadirkan jajaran produk wine, keju, coklat, buah, pasta, yoghurt, dan lain sebagainya. Tahun ini Wine & Cheese Expo kembali menyuguhkan jajaran wine berkualitas mulai dari produksi dalam negeri hingga luar negeri seperti Hungaria, Peru, Ceko, Slovakia, Kroasia, Prancis, Spanyol, dan Chili. Kemitraan dengan para duta besar juga menjadikan Wine & Cheese Expo semakin menjadi jembatan pertukaran kebudayaan Indonesia dengan negara-negara sahabat.

Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

Dalam penyelenggaraannya yang ke-5 tahun ini, Jakarta Wine & Cheese Run telah menjadi salah satu agenda yang ditunggu-tunggu para pecinta olahraga lari dalam rangkaian acara JFFF. Diadakan pada 30 April, Jakarta Wine & Cheese Run ini dikemas dengan konsep unik, yaitu peserta berlomba lari dengan mengenakan kostum sesuai tema ‘Thematic Costume Around The World’.

 

Hal lain yang menyenangkan dari Jakarta Wine & Cheese Run adalah seluruh anggota keluarga dapat berpartisipasi melalui tiga pilihan jarak tempuh, yaitu 10 km, 5 km, dan 1,2 km KidsDash bagi peserta anak-anak. Berbagai hadiah menarik juga menjadi penyemarak, karena selain tersedia hadiah uang tunai jutaan rupiah dan aneka merchandise, pemenang mendapatkan paket wine dengan berat yang sama dengan berat badan pemenang dewasa, dan paket buah dengan berat yang sama dengan berat badan pemenang KidsDash.

 

Tahun ini bekerja sama dengan Hungary Tourism Agency, Juara Best Timing untuk pria dan wanita, Juara Best Costume untuk pria dan wanita, serta dua orang pemenang Lucky Draw pada Jakarta Wine & Cheese Run mendapatkan hadiah utama kesempatan mengikuti Budapest Marathon pada Oktober 2017.

 

Tertarik untuk merasakan pengalaman berburu aneka kuliner jadul? Catat nih jam operasional KTD agar tidak terlambat:

Senin - Kamis >> pukul 16.00 - 22.00 WIB

Jumat >> pukul 16.00 – 23.00 WIB

Sabtu, dan Hari Libur >> pukul 11.00 - 23.00 WIB

Minggu >> pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Dan untuk datang ke sana kita nggak dipungut biaya, lho. Yuk, buruan jangan sampai kelewatan ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading