Sukses

Lifestyle

Kalau Mau Bisnismu Suskes, Jangan Malu Terima Kritik

Hai kamu yang sedang jatuh bangun merintis usaha! Bagaimana kabar usaha kamu hari ini? Semoga semangat wiraswasta terus membara di hati kamu. Ingat saja bahwa usaha yang dibangun olehmu tidak bisa dilakukan semua orang. Berbanggalah kamu karena berani mengambil risiko dan mau susah-payah membangunnya. 
 
Namun demikian, setiap bisnis pasti memiliki fase sulit. Kamu yang sedang mengalaminya, tidak usah gengsi untuk meminta bantuan dari orang lain. Seperti dikatakan oleh Chip Wilson, founder dari appareal pakaian olahraga, Lululemon, bahwa,"It's OK to ask for help."
 
Salah satu bentuk bantuan itu bisa berwujud bimbingan dan saran. Seperti yang sedang dilakukan salah satu marketplace online, Shopee, yang sedang mengadakan pelatihan buat para wiraswastawan muda seperti kamu dalam wujud 'Kampus Shopee'. 
 
Selaras dengan namanya, Kampus Shopee merupakan roadshow yang dilakukan Shopee ke kampus-kampus di 13 kota di seluruh Indonesia. Kick Off roadshow tersebut telah dimulai di Bogor pada 4 Februari 2017 lalu dilanjutkan dengan program 'Talkshow Kampus Shopee' yang akan dilaksanakan pada 18 Februari 2017 di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, dengan tema "Turn Good Ideas Into Great Business".
 
Salah satu "alumnus" dari program Kampus Shopee ini adalah Merina. Gadis berhijab ini menerima bimbingan mengenai pentingnya fotografi ketika Shopee berkunjung ke kampusnya. "Saya jadi sadar kalau fotografi itu ternyata ujung tombak kita dalam berjualan e-commerce," ujar Merina.
 
 
Menurut CEO Shopee, Chris Feng, Kampus Shopee merupakan bagian dari perwujudan komitmen untuk mendukung perkembangan pengusaha lokal di Indonesia. "Ada lebih dari 46 sesi dan 2.000 penjual yang 'lulus' dari Kampus Shopee. Langkah berikutnya adalah agar penjual online memiliki hidup yang lebih baik," ujar Chris dalam jumpa pers perkenalan Kampus Shopee di bilangan SCBD, Jakarta, Rabu (8/2).
 
13 kota yang akan dikunjungi selama roadshow berlangsung di antaranya Jakarta, Surabaya, Makassar, Bogor, Bandung, Bekasi, Medan, Semarang, Malang, Batam, Palembang, Bali, dan Yogyakarta. Khusus untuk tiga kota besar; Jakarta, Surabaya, dan Makassar, Shopee akan melaksanakan talkshow.
 
E-commerce memang merebak di lima tahun belakangan. Pelakunya ya kamu-kamu ini, Ladies, Siapa yang sangka, kamu yang selama ini dianggap biasa-biasa saja ternyata bisa memiliki usaha sendiri yang sukses. Malah, sadar atau tidak, usaha kamu juga membuka jalur masuk ke zona-zona terpencil di Indonesia yang super luas ini.
 
Hal tersebut diakui M.Feriadi, selaku President Director JNE. "Bila dibanding dengan China, bisnis digital di Indonesia belum terlalu banyak. Tapi yang kecil begitu saja bisa membuat JNE harus mengenal kota-kota kecil di pelosok Indonesia," ujarnya lalu tertawa. 
 
Well, merintis bisnis memang tidak mudah. Sesulit apa pun situasi kamu sekarang, ingat saja bahwa kamu adalah satu dari segelintir orang yang berani maju dan melakukan apa yang dianggap sulit. Seperti kata artis muda yang juga pengusaha, Chaca Frederica,"Yang penting lakukan saja dulu!".
 
Good luck dengan bisnis kamu, Ladies.
 
(vem/zzu/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading