Sukses

Beauty

Agar Baju Nggak Gampang Rusak, Begini Tips Mencucinya

Mencuci pakaian merupakan salah satu pekerjaan yang sering kita lakukan, apalagi untuk para ibu. Memang, mencuci pakaian adalah salah satu aktivitas yang sangat mudah dilakukan karena hal ini bisa saja kita lakukan setiap hari. Tapi, mencuci pakaian sebenarnya tidak semudah yang kita lakukan lho.

Mencuci pakaian tidak bisa dilakukan dengan Padahal, mencuci pakaian tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena dapat merusak pakaian atau material kain pada baju tersebut. Hal ini pun dijelaskan oleh Nurul Akriliyati, seorang Dosen Bidang Fabric Fabric di Binus Northumbria School of Design (BNSD). Saat mencuci dan menyimpan pakaian, itu perlu dilakukan secara khusus pada setiap jenis kain yang berbeda.

"Perawatan pakaian sebenarnya tergantung pada jenis serat kain atau fiber yang digunakan. Jadi tidak bisa disamakan satu sama lain," ungkapnya. Salah satu kain yang banyak digunakan dan cukup membingungkan dalam perawatannya adalah kain sutera. Apalagi, kain ini kerap digunakan untuk gaun malam bergaya glamour. Harganya pun tak murah. Jadi, perawatannya harus benar-benar tepat dan hati-hati agar tidak merusak dan membuat kusut pakaian.

"Dalam pencucian, pakaian dengan kain sutera tidak boleh dicuci dengan mesin cuci, namun lakukan secara manual yakni dengan tangan. Penggunaan deterjen juga tidak dianjurkan karena mengandung zat senyawa alkali yang dapat merusak serat dan warna sutera akan cepat pudar." kata Nurul.

Jika ingin menggunakan detergen, Nurul menyarankan agar kita jangan memilih detergen yang memiliki kandungan pemutih di dalamnya. Karena hal ini juga bisa mengubah warna pakaian atau bahan kain. "Sutera kainnya cepat rapuh. Lebih baik jangan terlalu sering dicuci. Kalau bisa di dry clean saja kalau mau disteam. Kita sangat perlu hati-hati saat mencuci pakaian. Jangan sampai, metode mencuci yang kita lakukan salah dan pakaian kita pun akan semakin mudah rusak." ungkapnya lagi.

Nah Ladies, gimana nih, sudah semakin tahu kan bagaimana cara mencuci pakaian yang tepat? Selain cara di atas, cara lain agar pakaian senantiasa awet dan warnanya tidak luntur, pastikan untuk tidak mencampur pakaian berwarna dengan putih saat mencuci. Pastikan pula untuk tidak merendam pakaian terlalu lama. Semoga informasi ini bermanfaat

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading