Sukses

Beauty

Tampil Cantik dan Keren Dengan Batik

Trend memakai batik semakin diminati oleh pasar dalam negeri, terbukti dari produksi batik yang kian meningkat setiap tahunnya. Dari pemakaian formal, kasual, hingga profesional, tampaknya batik semakin merajai fashion lokal maupun internasional.

Nah, untuk kamu yang senang memakai batik untuk kegiatan seperti ngantor, acara spesial, atau kegiatan sehari-hari, ada beberapa tips jitu untuk tampil semakin rapi dan gaya. Kalau kamu mencari pakaian atau aksesoris batik yang disebutkan di bawah, kamu bisa mengunjungi Qlapa, marketplace online khusus produk kerajinan tangan Indonesia (termasuk batik tentunya):

 1.    Untuk Atasan, Blus dan Kemeja Tidak Pernah Salah

Fashion batik punya mood dan nuansa yang sangat bervariasi. Ada yang glamour, santai, untuk yang berhijab, hingga untuk bekerja. Supaya tetap bisa tampil cantik dan keren dengan batik, cermati jenis atasan batik yang cocok untuk dipakai. Batik yang berkerah seperti kemeja ataupun blus batik yang formal biasanya cukup nyaman dan rapi untuk penampilan elegan tapi tidak berlebihan.

Pilihan Mix n’ Match untuk atasan ini juga sangat banyak. Pilihan model pakaian batik yang bisa kamu pilih juga banyak, mulai dari blus model bolero, blus dengan kerutan pada pinggang, blus model cheongsam, dan masih banyak lagi. Kalau kamu mau mencoba menggunakan blus tanpa lengan atau lengan pendek, kamu juga bisa melapisinya dengan jas atau blazer. Kuncinya adalah kamu memilih warna dan motif yang serasi serta model yang cocok dan nyaman.

 2.    Kalau Mau Menggunakan Dress, Utamakan Kenyamanan

Jika kamu ingin tampil dengan dress batik, usahakan agar memilih dress batik yang tidak terlalu pendek hingga membuat kamu susah bergerak bebas saat beraktivitas. Dress batik midi atau dress batik yang memiliki panjang melewati lutut bisa dijadikan solusi pas untuk hampir semua kesempatan. Untuk yang berhijab, long dress tentu jadi pilihan utama

Selain itu, dress batik yang mengikuti bentuk kontur tubuh juga lebih dianjurkan untuk penampilan profesional dibandingkan dengan dress batik yang terlalu baggy. Jika memiliki dress batik yang agak longgar, akali dengan ikat pinggang untuk memberikan tampilan rapi dan chic.

Terakhir, sama seperti atasan, kamu juga bisa memasangkan dress ini dengan jas ataupun blazer. Cukup pastikan warnanya sesuai.

 3.    Pilih Motif yang Sederhana dengan Warna Netral

 

Pada dasarnya, setiap warna batik bisa dipakai untuk tampil cantik, keren, dan elegan. Namun, ada baiknya jika kamu memilih warna-warna netral seperti coklat tua, coklat muda, merah, atau krem untuk kegiatan sehari-hari. Bukan karena warna lain jelek, tapi di hari biasa, kamu sebaiknya tidak ingin terlalu mencolok dengan warna-warna cerah dan terlalu terang. Lalu untuk motifnya, sebaiknya gunakan batik dengan motif sederhana seperti motif garis atau geometris

Warna-warna batik yang terang seperti kuning nyala, ungu, atau hijau, bisa kamu pakai saat yang lebih santai. Kalaupun kamu ingin sesekali menggunakan warna cerah, atau takut terlihat norak, gunakan bawahan berwarna gelap sebagai pasangannya.

Oiya, mentang-mentang namanya pakaian batik, bukan berarti harus full batik loh. Ada banyak kok baju batik kombinasi yang cantik. Yang jelas pastikan model, kombinasi warna dan motifnya cocok denganmu.

 4.    Jangan Lupa Pastikan Bawahanmu Tetap Profesional

Banyak bawahan batik seperti celana kulot, celana lilit atau ikat, hingga rok batik yang bisa dipakai untuk bergaya. Lalu, yang mana yang harus kamu gunakan, apalagi untuk beraktivitas? Tips jitu untuk tetap tampil rapi khusus untuk bawahan adalah dengan memilih bawahan yang tidak terlalu kasual misalnya celana kembang atau kulot baggy. Untuk rok, pilih model pencil skirt yang membalut bagian bawah tubuh dengan pas, high waist pants yang memberikan siluet kaki panjang atau peplum skirt yang trendi.

Selain model, satu hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih bawahan adalah warnanya. Kalau kamu sudah mengenakan atasan dengan motif batik, kamu sebaiknya menggunakan bawahan yang polos. Pastikan warnanya sesuai, atau pilih yang cocok dengan banyak motif dan warna seperti hitam. Kalau kamu menggunakan atasan yang polos atau non-batik, menggunakan bawahan batik (dengan model yang disebutkan di atas) bisa menghadirkan kesan etnik juga.

 5.    Pilih Aksesoris Batik Yang Pas

 

 

Tampil cantik dan keren ala batik bukan terbatas dari segi pakaian saja. Kamu juga bisa mengenakan aksesoris bernuansa batik seperti anting, kalung, gelang, hingga tas batik yang fashionable. Aksesoris ini juga tidak harus melulu full batik. Ada juga yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti tas tangan kulit kombinasi batik. Di saat yang sama, kamu juga perlu hati-hati memilih aksesoris atau tas mana yang cocok dipakai.

 6. Lengkapi dengan Sepatu

 

Terakhir, jangan lupa perhatikan kaki. Kenakan sepatu yang pas dengan pakaian yang kamu gunakan. Kalau kamu merasa belum “batik banget”, kamu bisa mengenakan sepatu batik yang unik. Tinggal pilih, kamu perlu high heels agar terlihat elegan, atau flatshoes agar lebih santai dan mudah bergerak. Lalu, sama seperti tas, full batik, atau kombinasi bahan lain seperti denim atau kulit?

Itulah beberapa tips pintar dalam tampil profesional dengan batik. Banyak sekali toko online maupun offline yang kini banyak menyediakan berbagai pilihan batik yang segar, gaya, dan sesuai dengan beragam kebutuhan. Tapi kalau kamu mau mencari semuanya sekaligus, coba berkunjung ke Qlapa, marketplace online khusus produk kerajinan tangan Indonesia. Di sana kamu bisa menemukan segala macam produk bergaya batik, yang semuanya dibuat oleh pengrajin lokal, dan dikurasi dengan ketat oleh tim Qlapa.

Jangan sampai ketinggalan dalam berbatik, dan maju terus batik Indonesia.

(adv/aik/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading