Sukses

Beauty

Formal atau Tidakkah Blazer Anda Ladies?

Bagi seorang wanita, blazer adalah pakaian serba guna yang dapat digunakan sebagai jaket santai yang tipis bahkan sebagai pakaian formal yang banyak digunakan untuk bekerja. Berbagai macam gaya blazer tersedia untuk menunjang indahnya bentuk tubuh wanita dan sesuai digunakan dalam acara apa pun yang akan dihadiri. Meskipun jenis blazer untuk pria memiliki aturan-aturan yang cukup ketat tentang bagaimana bentuknya, blazer untuk wanita lebih leluasa untuk dibuat sesuai dengan situasi-situasi tertentu. Wanita harus memberikan perhatian lebih dalam memilih jenis blazer sesuai dengan penampilannya.

Ladies, blazer bisa dibagi menjadi 2 kriteria utama, yaitu: jumlah lingkar dada dan jumlah kancing yang dimiliki blazer tersebut.

A single breasted blazer atau blazer dengan satu lingkar dada adalah blazer dengan dua sisi yang dipertemukan oleh kancing di tengah tubuh. Bentuk blazer ini adalah bentuk umum yang sering dikenakan oleh wanita. Sedangkan a double breasted blazer atau blazer dengan dua lingkar dada mempunyai dua sisi yang lebih panjang di depan dan mempunyai dua baris kancing. Jenis blazer ini sangat cocok untuk digunakan oleh wanita yang bertubuh langsing atau tinggi. Serta banyak wanita yang tidak menyukai blazer jenis ini karena gayanya berpusat pada bahu. Membuat bahu Anda terlihat lebar. Double-breastedblazer memiliki gaya yang lebih konservatif dan membuat Anda terlihat elegan. Sedangkan beberapa single-breasted blazer cocok untuk acara-acara kerja Anda. Gaya ini juga memiliki bentuk-bentuk yang terlihat lebih casual.

Kancing pada blazer

Single-breasted blazer memiliki jumlah kancing yang bervariasi. Jenis variasi kancing juga tidak sesederhana blazer pada umumnya, juga tidak memiliki jumlah kancing yang pasti. Desain blazer dengan jenis ini juga berpengaruh pada bentuk tubuh wanita. Setiap jenis blazer akan terlihat berbeda pada setiap bentuk tubuh wanita yang menggunakannya, jadi penting bagi Anda untuk mempertimbangkan cocok tidaknya sebuah blazer dengan bentuk tubuh Anda.

Blazer dengan kancing tunggal

Blazer yang mempunyai hanya satu kancing lebih terlihat casual dan cocok digunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh wanita yang mengenakannya. Karena bentuk tubuh wanita yang berbeda, satu kancing sengaja diletakkan di bagian pinggang yang paling sempit untuk membentuk tubuh wanita.Sayangnya, kadang kancing ini membuat wanita merasa tidak nyaman karena terlalu terpusat pada pinggang. Blazer dengan satu kancing ini cocok dikenakan wanita untuk pergi ke tempat kerja. Tetapi beberapa perusahaan melihat pakaian ini terlalu casual sehingga kurang formal jika dikenakan pada acara di kantor.

Blazer dengan dua kancing

Blazer dengan dua kancing cocok dikenakan baik pria maupun wanita. Letak kancing pun bervariasi, tetapi blazer dengan bentuk ini tidak berpusat pada bentuk pinggang wanita.

Blazer dengan tiga kancing

Hampir sama dengan blazer yang mempunyai dua kancing, blazer jenis ini cocok dikenakan pada acara-acara kantor atau acara-acara formal lainnya. Semakin banyak kancing yang dipasang, maka semakin tinggi pula letak kancing pada blazer. Jadi blazer jenis ini lebih cocok dikenakan oleh wanita yang bertubuh tinggi.

Blazer dengan 4 kancing atau lebih

Blazer wanita bisa memiliki empat atau lebih kancing yang merenggang dari leher sampai ujung bawah blazer. Perlu diingat kembali, bahwa setiap jenis blazer akan terlihat berbeda jika dikenakan oleh wanita yang berbeda. Tetapi semakin banyak kancing yang dipasang pada sebuah blazer, semakin mengurangi kesan formal pada blazer tersebut.

Pilihlah sendiri bentuk-bentuk blazer Anda, ada baiknya semakin formal acara Anda, pilihlah bentuk blazer single atau double breasted dengan jumlah kancing yang sedikit.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading