Sukses

Beauty

Aturan Baru di Tahun BARU!

Kemanapun arah hidup tergantung dari DIRI ANDA SENDIRI. Khususnya di tahun 2013 ini semua HARUS terasa lebih baik: better money, better career, and...better YOU!

It’s my destiny.” Entah Anda yang berkata demikian, atau Anda hanya menjadi pendengar curhatan teman. Tapi tak jarang kan kalimat ini Anda dengar dari perbincangan di sekeliling? Menyenangkan bila jalan hidup tersebut adalah sesuatu yang positif dan baik. Namun bagaimana bila destiny yang dimaksud termasuk dalam kategori yang tidak baik? Semisal belum memeroleh pekerjaan padahal sudah “bergelar” sejak tahun kemarin, atau kelebihan berat badan yang bikin Anda jadi tidak percaya diri. Apa Anda masih akan bilang. “Ini jalan hidup saya.” Oh come on, are you really going to blame it on destiny?

Berhentilah menyalahkan nasib. Fun fearless female seperti Anda tidak akan begitu saja pasrah dan menyerah pada hal buruk yang dialami. Belum mendapatkan pekerjaan? Kirimkan lebih banyak lamaran kerja, bersosialisasilah dengan banyak orang baru, bukan hanya duduk di rumah menunggu panggilan wawancara! Masalah berat badan? Dari dulu sampai sekarang, Anda akan menelan jawaban yang sama: olahraga dan jaga makan.

Daftar resolusi di tahun baru bukan cuma dibuat lalu Anda pasrah menunggu hasilnya. Tapi sebaik mungkin Anda buat, sekeras mungkin Anda berusaha. Dan untuk tahun ini, semuanya...harus terwujud.

Boleh Sedikit Sombong

Cosmo tahu, sejak kecil Anda terbiasa diajarkan untuk menjadi orang yang rendah hati. Tapi zaman sekarang, Anda harus tahu kapan saat yang tepat untuk “bersinar”. Tidak salah kok bangga dengan sesuatu yang memang Anda kuasai, lalu memperlihatkannya pada orang lain. Sebuah studi di Indiana University menemukan bahwa banyak pelajar wanita menilai diri mereka kurang percaya diri dibanding pelajar pria, meski secara akademis keduanya seimbang. Alhasil, inilah yang mengakibatkan orang lain jadi kurang percaya dengan kemampuan mereka. Jadi jika sikap sombong Anda itu bisa mengirim Anda ke tingkat yang lebih baik, rock it!

Pusat Perhatian

Saat Anda butuh untuk “tampil”, fake confidence bisa membantu Anda secara instan. Yes, let your body do the talking. Terjebak di dalam llift bersama si bos dan seorang kolega yang suka menjatuhkan Anda? Berdirilah tegap dan cari posisi yang sejajar dengan bos Anda. Dengan begini, Anda tidak akan terlihat lemah. Setiap kali menghadapi situasi seperti ini, ucapkan mantra ini dalam hati Anda: “Saya punya hak untuk berdiri disini!”

Ambil Kesempatan

Memang sebaiknya Anda mengambil kesempatan yang ada karena belum tentu terulang lagi, tapi bukan berarti Anda mengabaikan faktor-faktor lain ya. Ambil contoh, sebuah tawaran kerja baru menghampiri dan Anda berpikir ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Tapi bila pekerjaan ini tidak lebih baik dari pekerjaan Anda sebelumnya, apa perlu Anda ambil? Sama halnya bila kesempatan yang Anda ambil ternyata tidak menghasilkan kesuksesan. Jangan menyerah, just find a new one.

Tinggalkan Segera

Bukan lari dari kenyataan, melainkan tahu kapan waktu yang tepat untuk meninggalkan situasi yang tidak menyenangkan. Menurut Susanne Babel, PhD, seorang psikolog di San Fransisco, biasanya perasaan buruk sulit untuk dihilangkan. Saat sedang kesal, sebaiknya berjalanlah sebentar ke luar ruangan, atau pergi ke coffee shop. Keadaan sekitar yang berbeda bisa mendatangkan stimuli baru untuk diproses oleh otak Anda – jadi Anda tidak terus-menerus stuck pada hal buruk yang terjadi.

Utarakan Isi Hati

Again, karena sejak kecil diajar untuk menghormati orang lain, tak jarang Anda jadi takut atau ragu untuk mengutarakan pendapat. “Tidak enak” – Ini menjadi alasan yang paling sering diucapkan. Well, save it for yourself. Anda bisa kok tetap menghormati orang lain sembari bilang isi hati Anda. Kuncinya: Katakan dengan sopan. Tidak setuju dengan pendapat kolega senior mengenai projek yang akan datang? Jangan hanya diam. Coba sampaikan argumentasi Anda. Siapa tahu nantinya masukan Anda ini akan digunakan.

Temukan Passion Anda

Jurusan kuliah pilihan orangtua, pekerjaan masih pilihan orangtua. Hmmmm, pantas saja Anda selalu merasa ada yang kurang dalam hidup. Coba deh berani memilih sendiri apa yang Anda inginkan. Coret kalimat “Mama knows best” karena yang benar adalah orangtua menginginkan yang terbaik untuk Anda. Nah, yang terbaik untuk Anda, sudah pasti Anda sendiri yang tahu. Masih bingung? Tanyakan pada keluarga, teman, kolega, kerabat, mengenai hal yang mereka asosiasikan dengan diri Anda. Jika mereka menyebut satu hal yang sama, besar kemungkinan ini adalah passion yang belum Anda sadari.

Kenapa Tidak

Stop asking why and start saying why not. Bagi Cosmo ini bisa jadi salah satu cara yang paling mudah untuk keluar dari rasa jenuh dan rutinitas hidup Anda. Ini bisa diterapkan dalam berbagai level dalam hidup Anda, teman. Sesederhana ajakan mencoba jenis makanan baru, hingga menjadi pembicara dalam sebuah seminar, atau ikut casting iklan. “Apa? Casting iklan?” tanya Anda. “Kenapa tidak?” jawab Cosmo.

Belajar Menolak

Masih terkait dengan rasa tidak enak tadi, Anda pun jadi pribadi yang tidak bisa berkata TIDAK. Membantu orang lain memang perbuatan yang baik, tapi jika sampai merugikan diri sendiri, buat apa? Sahabat minta tolong pada Anda untuk menggantikan shift kerjanya dengan alasan ia sudah lama tak bertemu kekasih hati. Anda menyetujuinya padahal sebelumnya sudah mengiyakan permintaan kakak untuk membuat list nama keluarga untuk diundang ke pernikahannya. Hasilnya? Anda kerja sampai malam demi teman, dan terjaga semalaman demi menyesuaikan daftar tamu tersebut. Selamat tinggal tidur berkualitas. Pertanyaan untuk Anda: “Is it worth it?” Teeny-Tiny Resolution

Merasa awal tahun belum lengkap tanpa menuliskan resolusi Anda? Kali ini coba resolusi yang lebih sederhana dan mudah, semisal menggunakan sun screen setiap hari, atau rapikan isi lemari sekali seminggu. Mendorong diri Anda menyelesaikan hal-hal kecil seperti ini akan meningkatkan will-power Anda, yang berguna kala Anda menghadapi resolusi lain yang lebih menantang, seperti berhenti berkata kasar, maybe?

Menabung Untuk Diri Anda

Masa muda memang saat indah mencoba berbagai hal baru. Tapi tidak untuk menghabiskan semua gaji Anda untuk bersenang-senang ya. Setiap bulannya, Anda HARUS bisa menyisihkan minilam 10% dari gaji Anda untuk ditabung. Lebih dari itu? Semakin baik! Oh ya, pisahkan rekening tabungan dari rekening sehari-hari Anda.

Dan tutup segala akses untuk mengambil isi tabungan tersebut. Semisal pilih fasilitas tabungan TANPA kartu ATM, atau titipkan kartu ATM tersebut pada ibu Anda yang tinggal di kota yang berbeda.

Berhenti Bergosip

Lebih tepatnya, jangan terlibat dalam kegiatan yang satu ini saat berada di lingkup kerja. Walaupun bukan Anda yang bercerita, kadang mendengarkan komentar-komentar tidak menyenangkan mengenai kolega lain dapat mengacaukan Anda. Jauhkan diri dari sikap ini, dan fokuslah pada pekerjaan Anda. Gosip tidak akan menghasilkan respect, dan tanpa respect, bagaimana Anda berharap adanya peningkatan dalam bekerja?

Berhenti “Buang-buang” Uang

Kapan terakhir kali Anda membeli barang yang akhirnya tak terpakai? Cosmo yakin sebenarnya saat sedang membeli barang tersebut dalam hati Anda tidak yakin akan menggunakannya. Tapi karena semua orang memiliki benda tersebut, atau atas saran teman, Anda pun segera menuju ke kasir untuk membayarnya. STOP. Beri waktu satu hari untuk mencerna apa Anda benar menginginkan benda tersebut.

Manjakan Lidah

Buat hidup Anda kian berwarna dengan cara yang sederhana. Dimulai dari mengganti menu makanan atau minuman Anda sehari-hari. Punya menu favorit boleh-boleh saja, tapi sesekali Anda perlu mencoba menu lain. Jangan takut untuk merasakan flavor baru yang tidak biasa. Apalagi Anda tinggal di Indonesia – surganya rempah-rempah!

Cinta Lingkungan

Anda tidak perlu bergabung dalam organisasi pecinta lingkungan, atau menjadi aktivis lingkungan untuk menunjukkan kepedulian Anda pada bumi ini. Cosmo tak bosan mengingatkan Anda untuk mulai dari hal kecil, semisal buang sampah pada tempatnya – termasuk saat Anda liburan di pantai – kurangi pemakaian kertas, hemat bahan bakar, mengurangi penggunaan plastik dengan membawa kantong belanja sendiri, sampai memerhatikan apa yang Anda konsumsi – jangan sampai masuk kategori satwa yang dilindungi.

Rawat Diri

Nah, yang satu ini harusnya sudah Anda lakukan dengan sendirinya. Cosmo percaya Anda sudah menggunakan moisturizer wajah dan pelembab tubuh setiap jarinya. Sekarang saatnya meningkatkan dengan menggunakan rangkaian perawatan lain, seperti sunscreen, krim malam, atau krim mata. Luluran seminggu sekali, masker wajah dua kali seminggu, spa sebulan sekali, mungkin? Rawat kulit wajah dan tubuh Anda sedini mungkin.

Eksperimen Fashion

Anda butuh sedikit bereksperimen untuk mempertahankan rasa excitement dalam diri.

Coba tip Cosmo berikut: Sekali dalam seminggu, pakai satu fashion item atau produk kecantikan yang selama ini ragu Anda kenakan. Sebut saja pointy shoes, bright eyeliner atau red lisptick. Selain meningkatkan rasa percaya diri dan excitement, Anda juga terlihat kian gaya.

Puji Refleksi Anda

It’s girls night out! Sebelum beranjak dari kamar, coba berkaca dan cek penampilan Anda. Setelah itu, ucapkan, “Damn, I’m Hot!” Ya, positive self-talk akan meningkatkan citra dirui Anda sehingga bahasa tubuh Anda akan terlihat lebih confident dan mengeluarkan aura yang irresistible. Bisa saja pria yang Anda temui malam itu adalah love of your life. Hey, Anda tak pernah tahu, kan?

Love Yourself More

Bentuk cinta pada diri yang paling sederhana sudah pasti dengan menjaga kesehatan Anda. Mulai sekarang, jaga makanan Anda, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Masih memilih gorengan untuk kudapan di sore hari? Ganti dengan buah! Selain itu, sempatkan selalu untuk berolahraga. Baik hanya 15 menit atau setengah jam sehari, tidak masalah.

Contek saja tip olahraga ringan di majalah! Atau, berjalan ke tempat makan daripada menitip makanan pada OB di kantor. Dan pilih naik tangga dibandingkan lift. Satu lagi: istirahat yang cukuup. No more young and restless, darling!

Temu Kangen

Kecanggihan ponsel saat ini memang memudahkan orang untuk saling berkomunikasi. Bahkan bisa dibilang 80% aktivitas Anda sehari-hari selalu ditemani oleh gadget tersebut. Hmmm, you can embrace the technology, but don’t forget the importance of face to face meeting. Menceritakan kencan Anda dengan pria tampan di kantor pada sahabat secara langsung pasti lebih seru daripada via BBM. Mana yang lebih Anda suka, melihat emoticon atau senyum di wajah sahabat Anda?

Be Grateful

Terakhir, pastikan yang satu ini selalu ada dalam diri Anda. Be grateful for whatever happens in your life. Anda tidak akan pernah puas dengan hidup ini tanpa sebelumnya merasa bersyukur atas berbagai pencapaian Anda. Meski itu hanya simpel berhasil rutin olahraga dalam sebulan, atau menyelesaikan sebuah proposal kantor.

Source : Cosmopolitan Edisi Januari 2013 Halaman 173

(vem/Cosmo/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading