Sukses

Fashion

Tradisi Unik dan Manis di China, Lukisan Dari Gula Karamel

Tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki tahun baru China. Saatnya bersiap menerima atau bagi-bagi angpau. Well, kalau ada beruntung dapat angpau kali ini, coba menyusuri pinggiran jalan, mungkin Anda bisa bertemu dengan pelukis gula karamel.

Di China, ada sebuah tradisi kuno yang masih dijalankan oleh beberapa penduduk sekitar, yaitu membuat lukisan dari gula karamel. Tradisi kuno ini berasal dari Dinasti Ming dan merupakan sebuah tradisi ritual di sana untuk membuat gula karamel menjadi bentuk binatang tertentu. Saat Dinasti Qing, tradisi lukisan dari gula karamel ini semakin populer.

(c) odditycentral.com

Gula karamel yang dilelehkan memang mudah dibentuk dan cepat mengeras. Sehingga bila lelehan gula karamel jatuh pada tangan yang tepat, maka bisa menghasilkan bentuk yang mengagumkan seperti naga, burung hingga sepeda. Seni semacam ini masih digemari di China dan dapat ditemui di beberapa tempat di Provinsi Sichuan.

Uniknya, mendapatkan gula karamel dengan bentuk tertentu harus dengan memutar anak panah bila Anda hanya membayar 1 atau 2 yuan. Ke mana arah anak panah berhenti, akan menentukan bentuk apa yang akan didapatkan pembeli. Namun bila Anda memiliki uang lebih banyak, Anda bisa menentukan bentuk yang Anda inginkan. Tidak hanya karena rasa yang manis, namun mengamati sang penjual membuat kreasi gula karamel itu juga merupakan kenikmatan tersendiri.

 (c) odditycentral.com

Seiring dengan berkurangnya seniman lukisan gula karamel ini, banyak para seniman yang akhirnya membuka kelas kursus atau mengadakan event yang relevan untuk melestarikan budaya unik tersebut. Wah, mungkin Imlek akan semakin semarak ya dengan adanya makanan artistik dan manis ini?

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading