Sukses

Fashion

10 Pohon Unik Yang Mengagumkan

Sungguh keajaiban alam ini patut disyukuri dan dikagumi. Di antara seisi alam, ada saja hal-hal unik yang bisa dinikmati. Tak hanya yang dibuat oleh manusia saja yang menimbulkan decak kagum, namun juga tetumbuhan seperti 10 pohon ini.

Di seluruh dunia, tersebar tumbuh-tumbuhan yang memiliki keunikan. Di Namibia contohnya ada pohon yang tumbuh di antara bebatuan dan berbentuk mirip botol. Di Wawona ada pohon raksasa yang bahkan bisa dimasuki oleh mobil.

Seperti apa sajakah mereka? Simak ulasan lebih detail dari kami.

(vem/bee)

Si Pohon Botol

The Bottle tree atau si pohon Botol ini tumbuh di wilayah gersang Namibia. Bentuknya unik seperti botol, dan yang paling mengagumkan, ia memiliki kemampuan membunuh makhluk hidup lainnya.

Adalah racun yang dimiliki di dalam getahnya. Racun ini digunakan untuk melindungi dirinya dari binatang yang hendak memakan atau mengganggunya.

Pohon botol ini sebenarnya memiliki bunga yang indah, umumnya berwarna putih atau merah. Biasanya hidup di bukit-bukit atau pegunungan.

Pohon Wawona

Pohon ini tumbuh di daerah hutan yang berlokasi di Mariposa Grove, taman nasional Yosemite di Amerika Serikat. Pohon ini sangat unik karena ukurannya yang besar seperti raksasa.

Saking besarnya ia dapat menjadi sebuah terowongan yang bisa dilewati oleh mobil. Pohon ini sempat tumbang pada tahun 1969 karena tak mampu menahan beban salju di puncaknya. Namun kemudian tumbuh kembali. Usianya saat ini kurang lebih sudah 2.300 tahun.

Teapot Baobab

Pohon ini berlokasi di Madagaskar dan usianya lebih dari 1000 tahun. Pohon tipe ini tidak berbahaya dan sangat ramah, banyak tumbuh di daerah Madagaskar.

Tingginya lebih dari 80 meter dan cabangnya bisa mencapai 25 meter. Pohon ini bermanfaat sebagai sumber air di musim kering karena mampu menampung dan menyerap air saat penghujan.

Seperti pohon lainnya, ia juga memiliki bunga yang indah. Hanya saja bunganya tak akan bertahan lama karena usianya hanya 1 hari saja.

Pohon Sutera Ta Prohm

Pohon ini tumbuh di Kamboja. Memiliki keindahan yang mengagumkan karena tumbuh di daerah kuil Ta Prohm. Pohon ini menjadi salah satu daya tarik Kamboja dan tujuan wisata di sana.

Akar-akar pohon tumbuh membungkus kuil namun tetap berdiri kokoh. Bahkan UNESCO memasukkannya ke dalam daftar situs bersejarah dunia.

Hyperion

Hyperion adalah salah satu pohon berjenis redwood yang tumbuh di California. Pohon ini termasuk pohon tertinggi di dunia. Bahkan tingginya ada yang melebihi patung Liberty dan puncak gedung putih Amerika.

Tercatat pohon tertinggi mencapai 115,5 meter dengan diameter 9 meter. Usianya sangat panjang, sekitar 1200-1800 tahun.

Saat ini diperkirakan 95% pohon telah dipotong dan konservasi menyatakan pohon ini langka.

Pejibaye Palm

Pohon yang berasal dari Amerika Selatan ini banyak dibudidayakan di Costa Rica dan Nicaragua. Pohon ini melindungi dirinya dengan duri-duri di kulit pohon. Tujuannya agar ia tidak diganggu oleh makhluk hidup lainnya.

Setiap kulit pohon ditumbuhi duri panjang seperti milik landak hingga ke puncak. Umumnya pohon ini tumbuh hingga mencapai 20 meter. Sedangkan daunnya bisa tumbuh hingga mencapai 3 meter.

Sekalipun ditumbuhi duri, pohon ini memiliki buah yang biasanya dikonsumsi setelah dijadikan manisan. Bahkan konon buah ini dapat membantu program diet.

Pohon Melingkar di Gryfino Polandia

Adalah pohon yang tumbuh tidak wajar di daerah yang disebut Gryfino, Polandia Selatan. Pohon ini tidak tumbuh lurus seperti pohon pada umumnya, namun batangnya membentuk kurva terlebih dahulu.

Kabarnya, pohon ini memiliki kualitas kayu yang baik untuk digunakan sebagai bahan furniture. Namun, tak ada orang yang mau menggunakannya sebagai bahan furniture karena mitos dan misteri yang tersimpan di belakangnya.

Pohon Sunland Baobab

Lokasi pohon ini di Afrika Selatan, tepatnya di dekat Modjadjiskloof, provinsi Limpopo. Saat ini pohon ini sudah dibangun menjadi bar.

Pohon ini sangat rindang, dan pada tahun 1933 sebuah bar telah dibangun di atas pohon. Bar tersebut bisa menampung sekitar 15-20 orang. Diameter pohon mencapai 47 meter dan tinggi pohon sekitar 20 meter. Pohon ini juga termasuk pohon tertua di dunia karena usianya mencapai 6000 tahun.

Pohon Burmis

Pohon ini berlokasi di daerah Alberta, Kanada. Pohon ini sebenarnya sudah mati sejak tahun 1970an, namun hingga saat ini baik ranting maupun batangnya tidak ada yang membusuk.

Diperkirakan saat pohon ini mati usianya sudah mencapai 600-750 tahun. Pohon ini pernah tumbang karena angin kencang pada tahun 1998, namun masyarakat sekitar kemudian menegakkannya kembali.

Saking cintanya pada pohon ini, suatu kali rantingnya pernah patah karena sebuah kejadian, dan lagi-lagi masyarakat menyelamatkannya dengan memperbaiki ranting tersebut.

Pohon ini digunakan sebagai latar belakang foto dan masih sering dikunjungi orang-orang karena keunikannya.

Pohon Kehidupan

Pohon ini usianya diperkirakan sudah mencapai 400 tahun. Tingginya sekitar 9,75 meter dan tumbuh di tengah gurun. Uniknya pohon ini tetap subur dan daunnya hijau sekalipun tumbuh jauh dari sumber air.

Para leluhur percaya bahwa sebenarnya akar yang tumbuh jauh di dalam tanahlah yang bertugas mencari air sehingga ia tetap hidup. Namun, semuanya masih menjadi misteri karena tak ada yang bisa membuktikan kebenarannya. Yang jelas pohon ini disebut pohon kehidupan karena saat makhluk hidup mati, ia tetap hidup dengan baik di tengah gurun.

Setiap tahunnya ada sekitar 50.000 orang yang datang berkunjung dan melihat pohon tersebut. Konon, masyarakat setempat menyebutnya taman Eden, karena pohon ini menyimpan misteri kehidupan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading