Sukses

Fashion

9 Daftar Barang Yang Perlu Disiapkan Untuk Seserahan

Seserahan merupakan simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak keluarga wanita. Menurut adat istiadat masyarakat Jawa, seserahan biasa diserahkan pada malam midodareni. Sedangkan untuk adat istiadat masyarakat Sunda, seserahan tersebut diserahkan pada saat ngeuyeuh seureuh. Namun, sebagian besar masyarakat juga biasa menyerahkan seserahan pada saat akad nikah. Bagi penganut adat Jawa, seserahan yang wajib diberikan adalah pakaian bagi wanita mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pakaian ini bisa disimbolkan dengan kebaya beserta kain bawahan.

Sebelum menyiapkan seserahan, ada baiknya Anda membuat daftar barang-barang yang akan dibeli. Hal ini bisa digunakan sebagai satu cara untuk menentukan budget Anda serta untuk menentukan kapan Anda mulai membeli seserahan tersebut. Dalam adat Jawa, seserahan sebaiknya diberikan dalam jumlah ganjil. Sedangkan jumlah seserahan yang ditentukan itu tergantung dari kesepakatan bersama.

Ketika membeli barang-barang seserahan, sebaiknya mempelai wanita ikut hadir. Mengapa demikian? Seserahan adalah barang-barang yang akan diberikan untuk pihak wanita, maka sebaiknya barang-barang yang dibeli juga sesuai dengan selera dan pilihan mempelai wanita. Jangan lupa untuk membeli kotak/wadah seserahan yang sesuai dengan pilihan Anda.

Barang-barang inilah yang wajib ada dalam seserahan:

1. Alat sholat

Alat sholat (bagi pasangan muslim) merupakan simbol bahwa hubungan rumah tangga kedua suami istri harus selalu berpegang teguh pada agama. Seserahan berupa alat sholat bisa dijadikan simbol pengingat suami istri kepada Tuhan.

2. Satu set cincin nikah

Satu set cincin nikah yang berbentuk bulat tanpa putus ini memiliki makna bahwa cinta sepasang pengantin ini akan abadi selamanya. Cincin ini juga merupakan simbol pengikat hubungan kedua pasangan agar bisa bersama sampai akhir hayat.

3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian

Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Yang dimaksud bersinar dan penuh harapan di sini adalah diharapkan pengantin wanita selalu bersinar di kehidupan barunya. Selain itu, pengantin wanita juga diharapkan tidak mengecewakan keluarga barunya.

4. Seperangkat busana putri

Busana putri yang dimaksud di sini adalah bahan kebaya dan kain jarik dari berbagai motif batik. Seperangkat busana ini memiliki makna bahwa setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua terhadap pihak lain.

5. Buah-buahan

Buah-buahan, khususnya pisang, memiliki makna kasih sayang dan cinta. Seserahan ini bertujuan agar cinta di antara sepasang calon pengantin bisa bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. 

6. Makanan tradisional

Makanan tradisional yang biasa diberikan untuk seserahan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makna makanan tradisional ini adalah agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

7. Suruh ayu

Suruh ayu adalah satu set daun sirih yang mempunyai makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua pengantin dan kehidupan baru yang mereka tempuh. 

8. Peralatan makeup

Peralatan makeup yang ada di dalam seserahan berarti pengantin pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.

9. Sepatu/selop

Sepatu atau selop biasa disertakan dalam daftar barang seserahan. Maknanya adalah agar kedua mempelai siap menjalani satu kehidupan baru mereka. Selain itu, kedua mempelai diharapkan dapat selalu berada di jalan yang lurus dan menjaga hubungan pernikahan mereka selamanya.

Sembilan barang di atas adalah barang yang wajib ada dalam seserahan Anda. Biasanya, jenis makanan khas juga banyak disertakan dalam seserahan. Untuk barang tambahan lain, tentu terserah kedua belah pihak. Pilih barang seserahan yang tepat ya, Ladies. Jangan sampai pilihan Anda terlalu memberatkan beban keluarga calon suami Anda.

(vem/fii)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading