Sukses

Fashion

Merdi Sihombing, Luncurkan Koleksi Terbaru Ramah Lingkungan

Tekstil tenun tangan saat ini banyak yang diproduksi dari berbagai pulau di Indonesia, biasanya dipakai sebagai kebutuhan fashion, aksesoris, dekorasi bahkan peralatan rumah tangga. Koleksi tersebut bernilai budaya tinggi, dan karena itulah Merdi Sihombing kembali merancang khusus koleksi terbarunya.

Kali ini Merdi Sihombing membuat rancangan yang ramah lingkungan. Bekerja sama dengan HIVOS, Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPUK), Non Timber Forest Product Exchange Programme (NTFP EP) serta didukung oleh Uni Eropa, ia turut serta dalam program pembangunan inklusif dan ramah lingkungan.

copyright by Vemale.com

Selain itu, dirinya pun bermitra dengan para penenun perempuan yang berasal dari 9 provinsi di Indonesia. Hal ini baru pertama kali dilakukan seorang perancang busana Indonesia, menciptakan koleksi fashion yang ramah lingkungan, mengikuti standar tekstil internasional.

copyright by Vemale.com

"Koleksi ramah lingkungan ini adalah langkah besar terhadap apa yang selalu ingin saya raih bersama para penenun. Untuk membuktikan bahwa aneka tekstil tenun tangan tradisional tidak berbahaya untuk lingkungan hidup," kata Merdi saat ditemui Vemale dalam acara peluncuran koleksi terbarunya di Alun-Alun Indonesia Grand Indonesia Jakarta Pusat Jumat 26 Agustus 2016.

copyright by Vemale.com

Koleksi tersebut diproses dengan menggunakan cara-cara yang berkelanjutan, zat warna alami, bubuk pewarna ramah lingkungan, ekstrak cairan dan serat organik. Tenun ramah lingkungan ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi dan juga pengurangan kemiskinan bagi 35.000 keluarga penenun di Indonesia dan Filipina.

Selain sebagai perancang, dirinya pun terpilih sebagai Duta Nasional Tekstil Tenun Ramah Lingkungan Indonesia. Diharapkan program tenun berkelanjutan ini dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi pengrajin tenun.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading