Sukses

Fashion

Roepi Think Essential, Menjual Fashion Item Asli Buatan Indonesia

Bisnis fashion yang terus berkembang di tanah air membuat semakin banyak brand lokal yang bermunculan, salah satunya "Roepi Think Essential" yang dijual secara online. Salah satu ciri khas dari brand ini adalah bahwa mereka menjual produk fashion wanita dan pria buatan asli Indonesia.

"Kami ingin menunjukkan ke orang-orang bahwa Made in Indonesia pun, kualitasnya  tak akan kalah dengan brand-brand luar negeri," ucap Agusleo Halim, Director Roepi Think Essential, saat ditemui dalam acara launching di Ahmad Dahlan Jakarta Selatan Sabtu 16 Januari 2016.

Ide awal membuat usaha ini datang saat dirinya berada di Amerika beberapa tahun lalu. Kala itu,  Agus tertarik untuk membeli sebuah baju dan ia melihat bahwa di baju tersebut terdapat label produksi Indonesia. Hal inilah yang membuatnya sangat yakin bahwa usaha dengan brand lokal dapat maju dan berkembang.

Foto dok. Vemale.com

"Saya lihat di lingkungan saya, semua orang berlomba-lomba ke luar negeri untuk berbelanja baju dan sebagainya, tapi pas belanja lihat tulisan Made in Indonesia mendadak berubah pikiran dan nggak jadi beli. Saya sebagai suplier produk Indonesia jadi sedih," ceritanya.

Kemudian, muncullah nama Think Essential yang pada akhirnya dari nama itulah keluarlah brand Ropie yang artinya rupiah. "Kenapa Oe bukan U karena saya ingin mengingat zaman Soekarno. Nah Roepie akan menawarkan produk-produk dengan kesederhanaan atau basic," tambah Agus.

Dengan memilih kain katun dan linen sebagai bahan utama produksi, sehingga terciptalah desain polos yang menyelipkan aksen Indonesia di sepanjang sisi samping kancing kemeja produksi Roepi Think Essential. Harga yang ditawarkan pun sangatlah terjangkau, hal inilah yang menjadi tujuan Agus untuk menciptakan brand lokal dengan kualitas bagus namun tetap dengan harga yang affordable.

"Saya ingin harga saya se-minim mungkin, se-essential mungkin, kemeja hanya 199 ribu dan tas 299 ribu. Tapi kualitas sendiri tidak kalah dengan brand lainnya," jelasnya.

Foto dok. Vemale.com

Dalam hal pemasaran, Agus tidak sembarangan menjual semua produknya ke pasar. Ia akan menunggu respon konsumen terlebih dahulu. Jadi, mula-mula,ia hanya akan mengeluarkan item kemeja dan tas. Selanjutnya, bila respon bagus dan produknya banyak disukai konsumen dengan hasil penjualan yang meningkat,maka ke depannya akan diluncurkan sepatu, t-shirt dan dress dari brand Roepi Think Essential.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading