Sukses

Parenting

Rasa Terima Kasih Membuat Anak Lebih Pintar

Vemale.com- Sejak kecil kita diajarkan untuk berterima kasih atas apa yang telah dilakukan orang lain, dan juga bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Namun gaya hidup saat ini menuntut kita untuk tidak pernah merasa puas, sehingga selalu bersemangat untuk mengejar sesuatu yang lebih baik di dalam pekerjaan, prestasi maupun dalam sebuah hubungan.

Hal ini juga tanpa sadar kita turunkan pada anak-anak untuk memacu mereka bekerja keras. Anak dituntut untuk tidak puas dengan nilai yang mereka dapat jika belum mencapai angka 100. Setelah mencapai angka itu, sekali lagi Anda menekankan untuk jangan puas dengan pencapaian itu, dan Anda pun mulai mencarikan target selanjutnya untuk dikejar anak Anda.

Namun coba tebak, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang selalu mensyukuri apa yang dimilikinya, dan tidak pernah lupa untuk berterima kasih justru cenderung memiliki performa akademis yang lebih tinggi dari mereka yang tidak demikian.

Para peneliti mencari tahu hubungan atau efek dari sifat materialis dan selalu bersyukur terhadap kehidupan orang dewasa. Dikutip dari fyiliving, penelitian tersebut menemukan bahwa rasa bersyukur berkaitan erat dengan performa akademis yang lebih tinggi, kepuasan dalam hidup dan integrasi sosial yang baik. Sementara itu, sifat materialis menghasilkan efek yang berkebalikan, yaitu rasa iri hati yang lebih tinggi dan sikap was-was yang lebih tinggi dalam diri seseorang.

Penemuan ini menjadi bukti penting bahwa orang tua perlu mengajarkan rasa terima kasih dan bersyukur pada anak-anaknya. Jika mereka melihat orang tuanya selalu mensyukuri apa yang dimiliki, cara berpikir dan perilaku mereka juga akan terpengaruh. Alih-alih mengejar uang dan jabatan, anak akan mampu untuk mengembangkan dirinya semaksimal mungkin dan pada akhirnya bisa menemukan tujuan hidup dan posisinya di dunia ini. Hal ini akan membuat seseorang lebih semangat dalam menjalani hidup dan tanpa sadar telah melakukan yang terbaik untuk hidupnya tanpa tekanan yang berarti.

Baca Juga :

Punya Anak Agresif? Mungkin ini Penyebabnya!

Biar Tidak Pikun, Dengarkan Musik Sebelum Tidur

Iklan Anti Kekerasan Anak Ini Hanya Bisa Dilihat Oleh Anak-Anak. Apa Rahasianya?

Keren, Bocah 9 Tahun Mengajar Sejarah di Universitas

Alergi Susu Pada Anak Bisa Berkembang Hingga Dewasa

(vem/re miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading