Sukses

Fashion

Rancangan Fahion Desainer Muda Indonesia Mulai Dilirik Brand Ternama Paris

Startup asal Indonesia yang baru berusia dua tahun yakni Fashion Division ini telah berhasil mengadakan fashion show selama Paris Fashion Week 2019 yang dinamakan “FD Paris Fashion Show” di Hotel Le Marois Salons France-Ameriques, Paris pada Jumat, 28 September 2018 pukul 18.00 waktu setempat.

Pagelaran ini sendiri berhasil mendatangkan media dan brand ternama jauh melebihi target. Jika target yang semula hanya 250 undangan, pada saat FD Paris Fashion Show berlangsung, ada lebih dari 400 undangan yang memenuhi bangku penonton menyaksikan karya desainer muda dan pemula Indonesia.

Adapun tamu yang hadir di antaranya perwakilan dari brand fashion ternama dunia seperti Vogue, Bazaar, Cosmopolitan dan Marie Eclaire. Ada juga selebritis papan atas dari hollywood Cody Longo dan Kedra Erica.

Rancangan busana Amelia Novarienne Barus (23) yang dipamerkan dihadapan ratusan pelaku industri fashion Paris, dalam FD Paris Fashion Show 2018/copyright Fashion Division

Perusahaan ritel busana dan departemen store seperti Ge Xingyue, Printemps, Bridjahting dan Sasha Devos tak ketinggalan menghadiri fashion show ini. Tak hanya hadir dan menyaksikan indahnya desain fashion anak muda Indonesia, perwakilan dari Dior dan Hugo-Paris bahkan sudah berencana melakukan kerja sama bisnis dengan beberapa desainer muda tersebut.

Desainer termuda Indonesia yang baru berusia 18 tahun, Aurelia Joyann Trudy bahkan sedang mengadakan rapat dengan calon pembeli dari Perancis. “Mereka excited sampai langsung upload collection ku dan follow di social media. Hichem, Representative Dior UK bahkan mau mengenalkanku ke koneksi dia di Paris dan UK karena dia suka banget sama koleksiku dan kenal banyak buyer,” ujar Joyan Trudy dalam sesi business networking yang diadakan pasca fashion show.

Rancangan busana Tities Saputra yang dipamerkan dihadapan ratusan pelaku industri fashion Paris, dalam FD Paris Fashion Show 2018/copyright Fashion Division

Desainer muda pemula lainnya, Edrick Young, mengaku sangat terharu karena penyanyi asal Amerika Kendra Erika menganggap rancangan busananya nya pantas untuk dikenakan di ajang red carpet Oscar. “Aku nggak nyangka mereka sangat menangkap tema collection ku bahkan sampai bilang seperti melihat Santorini berjalan. Representative Dior juga bilang collection ku mengingatkan dia kepada Christian Dior, Unique and fresh. Terharu banget waktu closing aku jalan bareng model pada acung jari semua.”, ujar Edrick.

Trudy (18 tahun) dan Edrick (21 tahun) adalah dua dari lima desainer muda dan pemula Indonesia, yang dibawa oleh startup asal Indonesia - Fashion Division, untuk memamerkan rancangan busananya di FD Paris Fashion Show, 28 September 2018 lalu. Fashion Division juga berhasil membawa desainer muda lainnya seperti Amelia Novarienne Barus (23 tahun), Daniella Grace (23 tahun), Grasheli Andhini (23 tahun) dan desainer yang sudah ternama, Tities Saputra, untuk diperkenalkan kepada industri fashion di Paris.

ancangan busana Aurelia Joyann Trudy (18) yang dipamerkan dihadapan ratusan pelaku industri fashion Paris, dalam FD Paris Fashion Show 2018/copyright Fashion Division

Wulan S. Haryono pendiri startup Fashion Division tidak menyangka fashion show yang pertama kalinya diadakan oleh startup asal Indonesia di Paris ini bisa penuh sesak dengan stakeholder industri fashion Paris.

“Kami benar-benar tidak menyangka respon audience sangat antusias bahkan sampai membludak karena melebihi target kami. Mereka bela-belain nonton sambil berdiri. Itu karena para audience penasaran dengan karya Indonesia, sebab tidak sering desainer Indonesia melakukan show di Paris. FD Fashion Show sangat dibanjiri pujian dan mereka lumayan surprise mengingat para desainer kita masih sangat muda, di bawah 24 tahun semua”, ujar Wulan.   

Rancangan busana Daniella Grace (23) yang dipamerkan dihadapan ratusan pelaku industri fashion Paris, dalam FD Paris Fashion Show 2018/copyright Fashion Division

Melihat kesuksesan show pertama FD Paris Fashion Show ini, selanjutnya Fashion Division akan kembali meramaikan sepanjang acara Paris Fashion Week Autumn/Winter 2019 pada Februari tahun depan. Rencananya juga akan membawa beberapa desainer pemula dari Asia untuk terbang dan menunjukkan bakat mereka ke Paris.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading