KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. FASHION UPDATE

Temukan Ragam Batik & Kerajinan Daerah di Pameran Hari Batik Nasional 2017

Rabu, 27 September 2017 11:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Omah Dhani, salah satu stand batik/copyright Vemale.com/Anisha

Vemale.com - Setiap tanggal 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati hari batik nasional. Biasanya pegawai kantoran, hingga anak-anak sekolah merayakan hari penting ini dengan menggunakan batik.

Tentu kamu tidak mau dong setiap tahunnya menggunakan baju batik yang itu-itu saja. Nah ladies, untuk menambah koleksi batikmu, kamu bisa datang ke acara pameran hari batik nasional di Lobby Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Jakarta.

Terdapat 43 stand batik dan kerajinan tangan dari beberapa daerah di Indonesia yang telah lolos seleksi oleh panitia. Di sini kamu akan menemukan berbagai motif batik dari seluruh daerah di Indonesia, salah satunya Omah Dhani, batik asal Salatiga yang memiliki motif unik dengan warna-warna yang cerah.

Batik yang dibuat baju Barbie/copyright Vemale.com/Anisha

"Motifnya yang tergambar dalam batik Salatiga ini menggambarkan kesehatian masyarakat Indonesia, seperti motif ikan. Karena di sana ada danau, banyak ikan tawar dan ikan lainnya atau gambar pedagang ronde. Warnanya pun cerah, jadi cocok untuk anak muda. Batik ini bisa dibuat dress, outher, bahkan bisa sebagai baju barbie," ujar Dhani pemilik Omah Dhani Batik, saat ditemui di Jakarta.

Tak hanya batik, kerajinan tangan seperti sepatu hingga aksesoris pun meramaikan acara yang bertajuk 'Menjaga Warisan Budaya Batik Indonesia' ini. Seperti halnya Antara Silver yang menjual berbagai aksesoris terbuat dari silver asli.

Silver Cekik Sukawati/copyright Vemale.com/Anisha

"Antara Silver ini asli dari Cekik Sukawati, Gianyar Bali. Semua aksesoris langsung dibuat di sana secara handmade, dan memakan waktu hingga tiga hari. Motif silver Bali lebih unik dengan bun dan bola bola kecil pada aksesorisnya. Bisa dijual mulai dari 100 ribu," ujar Diana, Owner Antara Silver.

Koleksi perak Cekik Sukawati/copyright Vemale.com/Anisha

Yayasan Batik Indonesia juga memamerkan beberapa koleksinya yang berusia puluhan tahun. Pameran yang selalu ada setiap tahun ini digagas oleh Yayasan Batik Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Nah ladies tunggu apalagi, yuk datang ke Pameran Batik yang berlangsung sampai 26-29 Oktober 2017. Sampai ketemu di sana ladies.

(vem/asp/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : #VemaleStories | #BukanCintaBiasa | Cerita Cinta Pernikahan Kania dan Yohan
06:38