Sukses

Lifestyle

Praktis! Yuk Bersihkan Karpet Kotor Setelah Lebaran dengan Tips Ini

Ladies, salah satu bagian yang selalu dikerjakan setelah lebaran adalah bersih-bersih rumah. Karpet yang kotor jadi salah satu sasaran yang wajib dibersihkan dulu. Ini karena karpet bisa jadi bagian paling kotor di rumah setelah anggota keluarga, duduk, makan, dan minum di atasnya.

Selain tak enak dilihat, karpet kotor juga menyimpan bahaya. Akan ada ancaman kesehatan yang dapat hadir dari karpet. Sebab, karpet bisa menjadi tempat tinggal bakteri dan binatang-binatang kecil lainnya. Well, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan karpet yang kotor akibat aktivitas selama lebaran.

Karpet basah
Karpet basah bisa jadi karena minuman yang tumpah. Jangan membiarkannya kering sendiri di atas lantai karena bisa memicu rusaknya lantai dan karpet itu sendiri. Jika karpet basah, segeralah jemur tak langsung di bawah sinar matahari atau diangin-anginkan.

Karpet bernoda
Saat noda masih basah, segeralah gunakan handuk kering yang terbuat dari 100 persen katun untuk menyerapnya. Semakin cepat dibersihkan maka akan semakin mudah noda itu hilang. Tekan-tekan noda dengan handuk bukannya menyeka dengan gerakan vertikal atau memutar karena bisa merusak tekstur karpet.

Noda membandel
Noda yang sangat susah hilang harus dibersihkan dengan bantuan bahan kimia. Misalnya asam ringan atau detergen lembut yang dapat menghilangkan noda yang didapat saat Lebaran, tanpa merusak warna karpet. Jika memang kerepotan kamu bisa membawanya ke laundry.

Nah Ladies, semoga tips ini memberikan manfaat untukmu ya. Keep the house clean!

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading