1. VEMALE
  2. /
  3. DEKOR RUMAH

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Dapur Rumah?

Senin, 07 Mei 2018 08:00 Penulis: Iwan Tantomi
(c) Shutterstock

Vemale.com - Saban hari memasak di dapur, tentu sangat hapal dengan kondisi tempat memasak tersebut yang belakangan sudah tampak kurang layak. Mulai ventilasi yang kurang besar, sirkulasi asap masakan yang kurang bagus, hingga wastafel yang kerap mampet. Melihat hal itu, ingin rasanya untuk segera merenovasi dapur. Namun, sebelum benar-benar melakukannya, yuk simak beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi dapur rumah ini, Ladies.

Pertimbangan Menambah Jendela

Dapur yang ‘sehat’ dilengkapi dengan ventilasi yang memadai. Sebab, dengan ketersediaan jendela, sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam. Hasilnya, dapur jadi terang, sehingga saat memasak di pagi maupun siang hari tak perlu menyalakan lampu. Jadi lebih hemat, kan?

Selain itu, ketersediaan jendela juga akan membuat sirkulasi udara lebih luluasa masuk ke dalam dapur. Dengan begitu, saat memasak, asap tak membubung di dalam dapur. Inilah pentingnya mempertimbangkan untuk menambah jendela, terlebih jika tak memiliki cooker hood di dapurnya, menambah jendela dapat menjadi solusi hematnya.

Mengganti Warna Cat

Mengganti warna cat dapur yang lebih terang, juga menjadi pertimbangan berikutnya yang perlu dipikirkan saat hendak merenovasi. Hindari cat berwarna gelap, maupun terlalu terang. Pilih cat berwarna pastel. Selain lebih segar, juga dapat menambah mood makan usai memasak di dapur.

Perabot yang Tak Mudah Lapuk atau Berkarat

Dapur identik dengan aktivitas kotor-kotoran. Mulai cipratan minyak, tetesan air, atau tumpahan bahan-bahan masakan lainnya. Maka untuk menjaga perabot dapur tetap awet, hindari yang mudah lapuk atau berkarat. Pilihlah bahan dapur berbahan stainless steel, maupun kayu yang tak mudah lapuk. Dengan begitu, renovasi tak perlu dilakukan berulang kali.

Pilih Pipa Terbaik

Masalah lain yang sering dijumpai di sekitar dapur adalah mampetnya saluran air dari wastafel. Itulah kenapa saat renovasi, penting untuk memilih pipa terbaik, seperti RUCIKA. Produk ini dikenal dengan kualitas pipa PVC dan pipa HDPE yang terbukti mampu membuat instalasi saluran air di rumah, khususnya di dapur secara maksimal.

Nah, untuk instalasi di rumah, pilihlah RUCIKA Standard yang terbuat dari bahan PVC. RUCIKA Standard juga memiliki kelebihan lainnya, seperti tahan korosi, kuat serta ringan. Menariknya, RUCIKA Standard ini mudah penyambungan sekaligus pemeliharaannya. Jadi, ke depannya tak perlu khawatir lagi untuk melakukan renovasi besar untuk pipa air ini.

Kelebihan lainnya, harga pipa RUCIKA cukup terjangkau, serta bisa ditemukan di toko-toko bangunan yang ada di dekat tempat tinggal. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, barulah untuk mulai merenovasi dapur dengan maksimal. Tentunya menggunakan pipa air terbaik dari RUCIKA.

(adv/tmi/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie