Sukses

Lifestyle

Ladies, Ini Dia Teknik Pencahayaan yang Wajib Diterapkan di Rumah

Hunian yang nyaman pastinya menjadi salah satu hal yang diimpikan siapa saja. Ada beragam cara yang bisa dilakukan buat mewujudkannya. Selain pemilihan furnitur tertentu, teknik pencahayaan juga perlu diperhatikan untuk mendukung suasana rumah cozy yang sesuai impian.

Pemilihan jenis lampu misalnya, sangat penting untuk mendukung ambience tertentu di dalam rumah. Lampu dinding modern dari Dekoruma misalnya bisa dipilih untuk melengkapi pencahayaan yang optimal. Lalu, rules penting apa lagi yang wajib dipahami agar rumah bisa membuat keluarga merasa betah? Simak di sini yuk, Ladies.

1. Tentukan fungsi cahaya di setiap ruangan

Setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda. Karenanya, Anda tak boleh menyamaratakan  penggunaan cahaya untuk semua ruangan. Untuk membantu meningkatkan konsentrasi Anda saat bekerja, belajar, atau memasak, Anda membutuhkan cahaya yang lebih terang saat berada di ruangan tersebut.

Ada juga yang membutuhkan cahaya lebih redup dan menenangkan karena biasa digunakan untuk beristirahat dan tak butuh konsentrasi lebih. Misalnya, kamar tidur dan ruang keluarga. Agar lebih praktis, Anda bisa menambahkan dimmer pada setiap lampu di ruangan agar bisa diatur kecerahannya sesuai dengan kebutuhan.

2. Lampu di kamar anak wajib punya dimmer

Jika Anda memiliki anak kecil dan ditidurkan di kamar sendiri, kamar tersebut harus dilengkapi dengan dimmer untuk mengontrol cahanya. Oleh karena itu perencanaan interior design kamar harus tidak luput dari teknik pencahayaan ruangan. Lampu di kamar anak sebaiknya tidak dimatikan total karena sejumlah alasan. Pertama, anak-anak kemungkinan takut jika ditinggalkan sendirian di kamar yang gelap. Meskipun Anda baru mematikan lampu saat mereka sudah tertidur, tapi ada kesempatan mereka terbangun tengah malam dan menyadari kamarnya gulita.

Alasan kedua, orang tua juga butuh cahaya saat beraktivitas di kamar anak. Biasanya, orang tua masih akan masuk ke kamar anak untuk mengganti popok dengan yang baru atau menenangkan si kecil yang terbangun di tengah tidurnya. Jadi, sedikit cahaya masih dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas tersebut.

3. Pasang lampu dinding demi estetika

Lampu tak boleh dilihat hanya sebagai penerang ruangan saja. Lebih dari itu, lampu juga punya fungsi lain yaitu memperindah hunian dan menambah harmoni pada konsep interior design rumah Anda. Dengan teknik pencahayaan dan peletakan yang tepat, lampu bisa membuat rumah Anda serupa galeri seni yang menakjubkan.

Jika Anda ingin menggantung pigura dengan cantik, Anda bisa memasang lampu dinding yang akan memberikan efek luar biasa pada karya seni tersebut. Lampu dinding ini akan memberikan sorot cahaya veritikal yang membuat objek di sekitarnya jadi pusat perhatian. Selain lukisan, Anda juga bisa melakukannya pada foto keluarga.

4. Jangan lupakan area berjalan

Membuat konsep untuk pencahayaan di rumah sendiri memang gampang-gampang sulit. Jika Anda merasa kurang percaya diri untuk berkreasi, manfaatkan layanan interior design di Dekoruma. Para ahli di bidang tata desain ini akan membantu Anda menciptakan hunian ternyaman dengan memperbaiki teknik pencahayaan yang semestinya.

Jangan hanya memasang lampu di area yang biasa digunakan untuk berkumpul atau berdiam. Anda juga harus memperhatikan area yang “hanya” untuk dilewati, seperti koridor rumah atau jalan setapak di luar rumah. Hal ini untuk menjaga keamanan dan agar Anda tetap nyaman saat berjalan melewatinya.

(adv/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading