KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. DEKOR RUMAH

Rapikan 8 'Ruang' Ini Tiap Hari Agar Hidupmu Lebih Tenang

Kamis, 11 Mei 2017 11:55 Penulis: Winda Carmelita
Foto: copyright houseofhome.com.au

Vemale.com - Bebersih setiap hari? Mungkin kamu bakal berteriak, "Nooo waaay!". Membersihkan rumah merapikan barang sehari-hari memang terasa merepotkan dan melelahkan. Sudah repot-repot dibersihkan, toh juga akan berantakan lagi pada akhirnya.

Tetapi, bebersih rumah dan barang-barang sehari-hari ternyata tidak semenyeramkan itu kok. Marie Kondo, sang pakar organizingmenyatakan, dengan bersih-bersih bukan hanya ruangan kita yang terasa lebih rapi, tetapi kerapian juga berpengaruh secara psikis lho. Hati dan pikiran terasa lebih tenang.

Ambil waktu beberapa menit setiap harinya sebelum beraktivitas untuk merapikan 'ruang-ruang' ini yuk.

Tas yang dibawa setiap hari

Tas yang kita bawa setiap hari, menyimpan banyak sekali benda-benda yang diperlukan ... dan juga yang tidak diperlukan lagi. Misalnya tiket parkir bahkan bungkus permen. Bongkar isi tasmu dan rapikan setiap pagi agar memudahkan untuk mencari-cari barang yang dibawa tanpa harus mengaduk-aduk isinya.

Dompet

Buang semua struk-struk belanja yang tak lagi diperlukan. Tata lagi kartu-kartumu di slot yang semestinya agar lebih mudah ditemukan dan rapikan uang koin atau pindahkan ke dompet koin khusus agar dompet utamamu tidak terasa berat.

Pakaian yang baru disetrika

Merapikan pakaian adalah hal yang paling bikin malas. Padahal kamu cukup meluangkan waktu 5 menit saja setelah selesai menyetrikanya, untuk menatanya ke dalam lemari. Semakin lama menunda-nunda, tumpukan pakaian semakin menggunung dan kamu pun merasa semakin terbebani karenanya.

Meja kerja

Entah itu bekerja dari rumah atau kantor, usahakan untuk merapikan meja kerja setelah selesai bekerja. Buang sampah-sampah yang berserakan dan kembalikan barang-barang ke tempatnya semula.

Sudut dapur atau ruang makan

Sebagian orang senang bekerja dan beraktivitas di sudut ruang makan. Tetapi jangan lupa, semakin sering kita beraktivitas di sana, kita cenderung menumpuk banyak barang di tempat tersebut. Rapikan kembali surat-surat yang sudah dibaca di box tertentu, buang sebagian yang tak lagi penting. Kembalikan benda-benda kecil seperti alat tulis atau tutup cangkir ke tempatnya.

Inbox e-mail

Ini adalah 'ruang' virtual yang seringkali dilupakan banyak orang, tetapi merapikannya tentu berpengaruh signifikan pada produktivitas kerjamu. Usahakan mensortir semua e-mail yang masuk setiap hari agar memudahkan bagimu untuk mengatur level prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan.

Mudah bukan mengatasi perkara merapikan 'ruang-ruang' yang kita temui setiap hari. Punya tips merapikan ruangan lainnya? Yuk komen di kolom komentar di bawah ini.

(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Dekorasi Rumah