Sukses

Beauty

Sejarah Make Up, Ini Momen Terbaik dan Terburuk Selama 5000 Tahun

Wanita sepertinya memang tak pernah bisa lepas dari make up, bahkan sejak 5000 tahun yang lalu, jauh sebelum tren smokey eyes atau alis tebal merajalela dan jadi pusat perhatian masa kini. Ada banyak perubahan yang terjadi di sejak 5000 tahu yang lalu dalam hal make up.

Seperti yang dijelaskan oleh Lisa Eldridge dalam video berikut ini. Ada yang terlihat cantik, ada juga yang mungkin terlihat aneh dan tidak masuk akal. Namun itulah make up, setiap waktu akan mengalami perubahan tren, dan berikut ini perkembangan sejarah make up wanita sejak zaman dahulu kala.

copyright by Youtube.com/Lisa Eldridge

    Mesir Kuno

    Zaman Mesir Kuno diketahui adalah masa paling awal para wanita menggunakan make up. Kamu bisa melihat Ratu Cleopatra sebagai contohnya. Make up digunakan kebanyakan hanya untuk wanita, dan para wanita suka mempercantk diri.

    Masa Yunani

    Make up juga mulai digunakan para wanita Yunani kelas atas, menunjukkan status sosial. Namun tidak banyak warna yang digunakan. Make up wanita Yunani lebih ke arah natural, menggunakan bedak yang tipis, dan polesan di bibir dengan bahan alami seperti buah-buahan. Untuk alis, mereka menggunakan arang atau batu bara, dan seringkali menyambung antara kanan dan kiri.

    Abad Pertengahan

    Make up wanita abad pertengahan terkenal dengan tren kulit putih mulus bebas bercak. Bahkan tren ini masih dirasakan hingga sekarang. Mereka mendefinisikan cantik dengan warna kulit yang putih pucat, bahkan untuk bagian alis dan kelopak mata. Ada pun warna yang dipoles ke wajah, harus tak terlihat atau semakin membuat wajah putih.

    Masa Venesia

    Venesia mengenal make up wajah yang dramatis, putih pucat dan menor. Banyak aksesoris yang digunakan, bahkan tatanan rambut juga menunjukkan status sosial dan kelas para wanita karena make up zaman itu sangat mahal. Sayangnya, make up yang tebal ini seringkali menggunakan bahan berbahaya dan merusak wajah.

    Make up Perancis

    Wanita Perancis yang kebanyakan berambut pirang dan berkulit putih ingin memberikan warna pada wajahnya yang pucat dengan blush on pink atau kemerahan yang terlihat jelas. Make up juga menunjukkan status dan kekayaan seseorang, didukung dengan penggunaan perhiasan dan pakaian mewah.

    Masa Victoria

    Make up Victoria lebih ke arah wajah yang bersih, halus dan natural. Ini menunjukkan kesopanan, sebaliknya make up tebal dianggap wanita murahan. Untuk memberi warna alami pada wajah, mereka sering mencubit pipi untuk memberi rona merah di pipi.

    Masa Make up Hitam

    Tren make up seperti vampir dengan mata hitam dan bibir merah gelap ini cukup digemari para artis, model dan wanita papan atas tahun 60 an.

    Modern Make up

    Modern make up sudah memasuki masa make up banyak berubah hingga sekarang. Dengan lipstik warna merah, eye liner, maskara dan lain sebagainya. Ini adalah masa kebebasan bagi wanita memilih mana make up yang disukainya.

Nah, itu dia sejarah tren make up yang mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Tujuannya tetap satu, mempercantik diri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading