Sukses

Beauty

Cara Menghitamkan Rambut dengan Urang Aring

Ladies, siapa sih yang tidak mengidamkan rambut hitam, sehat dan berkilau alami? Saat ini, tidak sedikit produk-produk kecantikan yang menawarkan cara instan menghitamkan rambut tanpa perlu repot. Berbagai bentuk yang ditawarkan di antaranya berupa krim hingga serbuk yang dilarutkan. Nah, berikut adalah cara menghitamkan rambut dengan urang aring.

Tidak menutup kemungkinan, dalam produk instan tersebut terkandung bahan kimia yang justru berbahaya bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba resep tradisional yang turun temurun diwariskan oleh nenek moyang.

Kebanyakan orang Indonesia pastilah sudah sangat familiar dengan tanaman uang aring. Berdasar saliran dari laman iptek.net.id, tanaman liar yang bernama Latin Eclipta alba ini banyak ditemui di tempat-tempatterbuka seperti seperti di pinggir jalan, tanah lapang, dan di pinggir selokan.

Tanaman yang telah berkembang menjadi gulma yang sangat mengganggu bagi beberapa jenis tanaman petanian ini ternyata memiliki banyak kegunaan. Seperti dilangsir dari www.wikipedia.com, tanaman dengan zat pewarna hitam tersebut mampu mengobati penyakit kulit, gangguan hati dan lambung, hingga dipercaya berkhasiat sebagai obat awet muda.

Selain sebagai tanaman obat tradisional, cairan sari dari perasan urang aring sangat terkenal sebagai penyubur dan penghitam rambut. Pengolahannya pun cukup sederhana, efisien, dan tentunya aman bagi kesehatan Anda karena bahan yang digunakan alami tanpa bahan kimia.

Seperti disalir dari sebuahcatatanbaru.blogspot.com, beberapa tahap pengolahan urang aring untuk menghitamkan rambut sangatlah sederrhana dan dapat Anda praktikkan di rumah.

1.Ambil beberapa helai daun urang aring, lalu cuci bersih.

2.Tumbuk daun hingga halus dan mengeluarkan sari yang berwarna hitam.

3.Peras tumbukan daun tadi hingga sarinya benar-benar habis.

4.Aplikasikan sari dari urang aring tadi pada rambut Anda menggunakan sikat semir rambut hingga merata.

5.Diamkan selama kurang lebih satu jam, setelah itu bilas dengan air.

6.Usahakan bilas rambut Anda dengan shampo yang kandungan bahan kimianya tidak terlalu keras.

7.Lakukan setiap seminggu dua kali atau seminggu sekali.

Oleh: N. Wijayanti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading