Sukses

Beauty

Kosmetik Asli VS Kosmetik Tiruan

Wanita memang selalu diidentikkan dengan make up dan segala produk kecantikan. Mulai dari brand internasional hingga lokal seperti berlomba-lomba memberikan produk terbaik mereka. Namun, sepertinya inilah yang dilihat oleh oknum-oknum 'nakal'. Dengan mengusung beberapa nama produk kosmetik yang ternama, mereka pun berusaha untuk menggali rejeki di sana.

Sudah banyak tiruan-tiruan dari make up atau produk kecantikan, mulai dari lipstik hingga maskara. Rasanya, kita sebagai wanita memang harus lebih jeli lagi jika tidak ingin kecewa dan merasa tertipu. Menurut Ketua Umum Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan, Widyaretna Bueanastuti, biasanya oknum yang memalsukan ini menjual produk palsu dengan harga yang murah karena alasan promosi atau cuci gudang. Ada pula yang menjual tanpa kode nomor registrasi karena alasan impor, terutama jika produk tersebut dari Cina. Namun, tidak berarti tidak ada oknum yang memang memasang harga yang sama untuk menghindari kecurigaan lho, Ladies.

Beberapa kasus pemalsuan juga sempat terungkap di media, seperti yang pernah terjadi di Meruya Hilir, Jakarta Barat. Banyak juga kasus lainnya yang akhirnya membuat konsumen kosmetik sedikit merasa tidak nyaman untuk membeli produk tertentu. Nah, untuk membuat Anda tidak khawatir lagi untuk membeli kosmetik, Vemale akan bagikan beberapa tips membedakan kosmetik tiruan dan asli. Check this out.

(vem/dyn)

MAC Asli VS MAC Tiruan

Ketika Anda mengidamkan sebuah kosmetik yang Anda lihat di online shop atau di retailer yang biasanya juga ada di mall atau supermarket besar, cek lagi varian dan nomor produk yang ingin Anda beli di web resmi dari kosmetik tersebut. Hal kecil seperti kemasan juga harus masuk dalam pertimbangan Anda lho, Ladies.

Seperti pada produk eyeshadow MAC, Anda mungkin akan tergiur jika melihat pallete dengan 12 hingga 20 pallete isi. Sudah tentu itu adalah kosmetik palsu, karena MAC hanya berisi 2 hingga 6 pallete saja. Cek juga jika Anda melihat produk yang mencurigakan di web resmi mereka.

Revlon Asli VS Revlon Palsu

Wanita mana yang tidak tergiur ketika mendapati promo dan diskon bahkan cuci gudang di online shop atau retailer di mall atau supermarket. Karena pada dasarnya wanita adalah makhluk ekonomis yang realistis, Anda pasti tergoda untuk membeli sesuatu yang murah dengan kuantitas yang banyak. Untuk kosmetik, sebaiknya Anda menghindari hal tersebut.

Perhatikan lagi kalau harga yang dipasang terlalu tidak rasional dan murah. Memang, beberapa online shop atau toko-toko retail terkadang beralasan promosi atau sedang cuci gudang. Seperti produk Revlon di atas, apakah mungkin merk sepopular itu mengeluarkan harga semiring itu untuk kuantitas yang banyak?

Skin79 Asli VS Skin79 Palsu

Penjual kosmetik mungkin akan memang berlomba-lomba membuat kemasan terlihat secantik mungkin untuk menarik perhatian pembeli, termasuk Anda. Mungkin mereka akan memberi detail-detail yang lucu sehingga terlihat eye-catching. Ini harus Anda waspadai, Ladies. Hindari membeli barang, apalagi kosmetik, hanya karena kemasannya yang terlihat menarik.

Lakukan survey sebelum memutuskan untuk membeli produk yang sedang Anda minati. Jika brand tersebut sudah memiliki web, perhatikan apakah bentuk kemasan yang asli sama dengan yang Anda lihat di toko tempat Anda ingin membeli. Jika sudah terlihat berbeda, cari penjual lain atau store resminya saja.

DHC Asli VS DHC Palsu

Ini adalah hal yang penting. Seharusnya, bahkan wajib, produk seperti kosmetik mempunyai nomor registrasi dari BPOM. Sudah menjadi kewajiban jika setiap produk yang beredar mencantumkan nomor BPOM karena ini berarti produk tersebut telah dijamin keamanan dan keasliannya.

Bagaimana jika Anda membeli secara online dan ingin mengecek keaslian dari produk yang ingin Anda beli? Anda seharusnya melihat track record dari onlineshop tersebut, menjadi jeli memang sangat diperlukan. Lihat testimoni dari pembeli lain. Anda juga harus mencari referensi apakah online shop yang Anda minati memang trusted seller.

OPI Asli VS OPI Palsu

Tips terakhir ini memang yang paling penting. Saat ini memang sudah banyak online shop dan website-website yang menjual berbagai produk kosmetik terkenal dengan modus distributor atau impor dari negara brand tertentu. Biasanya, impor dari Cina dan Korea yang banyak dijual di Indonesia. Kalaupun begitu, Anda harus jeli dan teliti, bahkan tanyakan kepada penjual apakah produk ini asli atau memang buatan Cina atau Korea.

Namun, untuk lebih memastikan, beli saja di gerai resmi yang sudah terdaftar. Kalaupun Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam, namun kualitas yang Anda dapatkan sepadan, tidak ada salahnya. Jika Anda ada online-shopper, pastikan online shop tersebut terpercaya dan masuk dalam kategori trusted seller, ya, Ladies.

Maybelline Asli VS Maybelline Tiruan

Tidak ada yang salah dengan keinginan menjadi cantik melalui polesan make up dan berbagai rangkaian perawatan dari produk-produk kecantikan tertentu. Yang menjadi masalah adalah ketika Anda tidak jeli dalam memilih produk yang asli dan yang tiruan.

Semoga tips yang Vemale berikan bisa menjadi pedoman untuk Ladies untuk lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Be beautiful!

Kosmetik Asli VS Kosmetik Tiruan

Tidak ada yang salah dengan keinginan menjadi cantik melalui polesan make up dan berbagai rangkaian perawatan dari produk-produk kecantikan tertentu. Yang menjadi masalah adalah ketika Anda tidak jeli dalam memilih produk yang asli dan yang tiruan.

Semoga tips yang Vemale berikan bisa menjadi pedoman untuk Ladies untuk lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Be beautiful!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading