KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Senin, 21 Januari 2013 15:30 Penulis:
(c) shutterstock

Vemale.com - Menemukan helai-helai rambut yang rontok adalah hal yang menakutkan bagi wanita. Sebagai mahkota, wanita sangat mendambakan memiliki rambut yang lebat, sehat dan berkilau. Jika rontok terus menerus, maka kekhawatiran akan kebotakan rambut membuat banyak wanita resah.

Rambut rontok tidak terjadi begitu saja, beberapa penyebab kerontokan rambut antara lain stres, pola makan yang buruk, konsumsi obat-obatan, polusi, perubahan hormon, dan pemakaian pemanas rambut (hairdryer atau catok) yang dapat melemahkan protein rambut, sehingga mudah lepas dari akarnya.

Jika Anda mulai menemukan sinyal rambut rontok yang melebihi batas normal (60 - 80 helai) setiap hari, lakukan langkah-langkah mudah ini:

Tidak Mengikat Kencang Rambut

Hindari kebiasaan mengikat rambut dengan kencang, termasuk membuat cepol rambut dalam waktu yang lama. Ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menarik akar rambut dan melemahkannya. Hindari juga memakai aksesoris rambut yang berat.

Pakai Kondisioner

Terlalu sering keramas sebenarnya tidak baik untuk rambut Anda. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi helai rambut akan terkikis oleh shampo. Akan lebih baik jika Anda keramas 2 hari sekali dan selalu menggunakan kondisioner. Tujuan memakai kondisioner adalah mengurangi kusut pada rambut dan memudahkan proses menyisir rambut setelah keramas.

Sisir Lebar Saat Basah

Akan lebih baik jika Anda tidak menyisir rambut dalam kondisi basah. Rambut yang basah memiliki akar yang lebih rapuh. Kalaupun Anda tidak ingin rambut kusut, pilih sisir dengan gigi jarang untuk menghindari kerontokan. Ingat juga untuk tidak menggosok rambut dengan keras saat mengeringkannya dengan handuk. Cukup tepuk-tepuk lembut hingga kelebihan air pada rambut berkurang.

Pakai Serum Pelindung

Sering memakai catok atau hairdryer? Maka jangan pernah lupa untuk memakai serum rambut yang khusus diformulasikan sebagai pelindung rambut dari panas berbagai alat hair styling. Pemakaian serum juga diperlukan untuk melindungi rambut dari berbagai polusi dan efek buruk sinar matahari.

Perawatan Minyak Alami

Untuk mendapatkan rambut yang kuat, tidak mudah patah dan rontok, lakukan perawatan alami yang telah terbukti dari generasi ke generasi. Pemakaian minyak zaitun pada rambut, juga minyak kelapa atau minyak argan terbukti dapat membuat rambut lebih sehat, kuat dan berkilau. Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu dan buktikan hasilnya.

Anda punya masalah rambut rontok dan sukses mengatasinya? Silakan berbagi cerita untuk sahabat Vemale lain di kolom komentar :)

(vem/yel)
KOMENTAR PEMBACA