Sukses

Beauty

9 Tips Kecantikan Serba Alami

Keinginan untuk merawat kecantikan secara alami sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Dahulu, para putri keraton di jaman kerajaan, seringkali merawat kecantikan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam. Dan siapa sangka hasil yang dipetik sangat memuaskan.

Mengulang kesuksesan perawatan kecantikan dengan bahan dari alam, kami mengumpulkan 9 tips kecantikan yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh, bahkan sudah ada di dapur Anda.

Soal efek samping?

Tenang saja ladies, bahan-bahan alami memiliki efek samping lebih rendah ketimbang bahan kimia. Dengan pemakaian sesuai petunjuk dan berhati-hati, maka kulit cantik dan mulus bukan cuma impian lagi.

Tips apa saja yang sudah dikemas dan disiapkan?

Mulai dari bahan-bahan dapur yang bikin kulit jadi cantik, cara menghilangkan komedo, cara menebalkan bulu mata dengan alami, mengobati jerawat hanya dengan bawang putih, hingga perawatan rambut lembut dengan masker wortel. Wah, semua bahannya sudah ada di rumah dan siap dipakai.

Tunggu apalagi, yuk baca selengkapnya dan ketahui dengan benar cara yang benar.

 

(vem/bee)

10 Bahan Dapur Yang Bikin Cantik

Hai... Hai... apa kabar wanita-wanita cantik Indonesia? Sudah siap melakukan perawatan dari alam yang ramah lingkungan?

Cantik bukan berarti harus mahal dan memakai kosmetik bermerk. Jika kita mau sedikit repot mengintip ke dapur, ada banyak kok bahan-bahan yang tak hanya bisa disulap menjadi masakan lezat. 10 bahan ini contohnya, selain menjadi bahan masakan, mereka juga merupakan bahan kosmetika alami yang patut Anda coba.

Kentang

Yang jelas bukan diolah menjadi french fries ya, karena french fries enak rasanya namun tak terlalu baik untuk kantung lemak yang semakin bertambah itu. Hindari sebisa mungkin french fries!

Kali ini, kita gunakan kentang sebagai masker alami yang dimassagekan pada wajah Anda dan efeknya, tada! Kentang akan menghapus noda-noda hitam di wajah jika dilakukan secara rutin. Caranya sangat mudah, parut kentang dan aplikasikan bersama madu sebagai masker. Lakukan seminggu sekali, dan amati perubahan wajah Anda hanya dalam 3 minggu.

Pisang

Pisang adalah buah yang sangat lezat, membantu melancarkan pencernaan . Namun selain lezat, ia juga mampu membuat kulit menjadi halus dan lembut, serta menyembuhkan jerawat. Dengan masker pisang, dijamin deh jerawat Anda akan kabur. 

Gula Palem

Gula ini mungkin lebih sering Anda temui saat membuat kue. Namun Anda tak pernah tahu bahwa gula ini sangat baik untuk menghaluskan dan mengecilkan pori. Caranya adalah dengan mencapurkannya dengan olvie oil atau madu, dan kenakan sebagai masker atau scrub. 

Teh

Jangan buang kantung teh bekas seduhan teh Anda. Letakkan di kelopak mata Anda sebagai kompres, dan nikmati manfaat relaksasinya. Jika Anda lakukan secara teratur, kantung mata perlahan akan pudar, dan Anda akan bangun keesokan harinya dengan lebih fresh.

Baca Bahan Dapur Yang Bikin Cantik selengkapnya

Yuk Hilangkan Cat Kuku Dengan Cara Alami

Para pemakai kuteks tentunya tidak asing lagi dengan aseton yang bermanfaat sebagai pembersih cat kuku. Namun, tahukah Anda bahwa pembersih kuku dapat memberi efek samping untuk kuku karena terbuat dari cairan kimia.

Penggunaan aseton yang berlebihan dapat membuat anda sakit kepala, iritasi mata, dan mual, seperti dikutip dari laman Bold Sky. Selain itu kuku jadi kering dan kehilangan kelembabannya. Terkadang kuku juga mudah berubah warna menjadi kekuningan dan tidak putih lagi.

Berikut adalah dua teknik menghapus cat kuku tanpa aseton:

Gunakan semangkuk air panas

  • Anda dapat menghapus cat kuku dengan merendam jari Anda dalam semangkuk air panas.
  • Pakailah air yang cukup panas namun tidak menyakitkan untuk jari Anda, celupkan kuku selama 15 menit.
  • Saat cat kukunya mulai lembek dan luntur, gosok kuku dengan handuk kering.
  • Garuk-garuk sisa cat kuku Anda hingga hilang.

Gunakan Deodoran, body spray, dan hair spray

  • Semprotkan tiga cairan itu ke kapas lalu gosokkan pada kuku.
  • Bila cat kuku sudah berhasil dihapus, pijat kuku dengan body lotion dan diamkan sementara.

Menghilangkan Komedo Dengan Perasan Jeruk Lemon

Komedo adalah masalah kulit yang umum dirasakan oleh banyak orang. Jenis jerawat kecil yang seringkali terdapat di hidung ini, dapat dihilangkan dengan perawatan khusus di salon.

Namun, terlalu banyak terpapar bahan kimia tentu tidak baik untuk kulit Anda. Sari jeruk lemon adalah salah satu cara alami yang dapat membantu menghilangkan komedo. Lemon dapat digunakan sebagai 'scrub' wajah, lapor Boldsky.

Tips 1:

  • Gunakan irisan jeruk lemon dan usapkan di sekitar hidung yang terdapat komedo.
  • Usap dengan lembut sekitar tiga hingga empat menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Lakukan ini dua kali sehari, bila Anda memiliki komedo dalam jumlah banyak.

Tips 2:

Perpaduan antara gula pasir dengan sari jeruk lemon, juga dapat digunakan sebagai scrub wajah. Cara ini juga dapat mengobati jerawat.

  • Campurkan gula pasir dengan sari jeruk lemon
  • Pulaskan pada area hidung sambil dimassage lembut
  • Bilas dengan air dingin

Tips 3:

Selain itu, campuran antara sari jeruk lemon dengan putih telur dapat menjadi masker wajah. Cara ini ampuh menghilangkan komedo.

  • Caranya mudah, campurkan beberapa tetes sari jeruk lemon dengan sesendok putih telur.
  • Balurkan pada wajah Anda dan biarkan mengering. Saat sudah terasa kering dan keras.
  • Bersihkan wajah Anda dan basuh dengan air dingin.

Selamat mencoba, ya ladies.

Cara Mendapatkan Bibir Merah Dengan Alpukat

Apabila Anda mendambakan bibir merah dengan cara alami, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Mendapatkan bibir merah alami caranya tak harus mahal kok. Dengan memanfaatkan buah-buahan di sekitar kita saja sudah bisa memberikan perawatan murah dan efektif.

Di dunia kosmetik, produk lip balm adalah produk yang dibuat untuk melembabkan bibir dan mengembalikan warna bibir alami. Dan ternyata, selain memanfaatkan vaselin, lip balm modern juga memetik manfaat dari minyak alpukat.

Wah, bukankah buah yang satu itu juga lezat disajikan sebagai minuman jus? Anda benar! Dan kali ini, mari kita sulap ramuan alpukat menjadi ramuan yang mempercantik bibir Anda.

Alpukat + Minyak zaitun

Ramuan pertama ini adalah ramuan massage untuk bibir. Bahan yang diperlukan adalah 50 gram alpukat yang telah dihancurkan, dan 2-3 tetes minyak zaitun. Bahan dicampurkan, kemudian dimassagekan ke area bibir dengan gerakan memutar kurang lebih 5-6 menit setiap hari sebelum tidur. Bilas dengan air dingin dan bibir akan memperoleh warna merah merona secara alami bila dilakukan teratur.

Alpukat + Madu

Campurkan 50 gram alpukat dengan 1 sdt madu. Tambahkan 1 sdt garam masak. Kemudian scrubkan pada bibir sambil dimassage lembut dengan gerakan melingkar selama 3-4 menit. Bilas dengan air dingin.

Garam di sini akan membantu mengikis kulit mati pada bibir sehingga bibir selalu teregenerasi.

Alpukat + gula pasir

Campurkan 50 gram alpukat dan 1 sdt gula pasir, kemudian scrub pada bibir dengan lembut. Namun hati-hati, karena bibir bisa terluka jika terlalu keras menggosoknya. Untuk itu lakukan saja perlahan selama 2-3 menit.

Alpukat + shea butter

Shea butter telah populer menjadi bahan untuk scrub yang menghaluskan dan melembutkan kulit. Campurkan 50 gram alpukat yang telah dihancurkan dengan 1 sdt shea butter. Pulaskan pada bibir dan biarkan setengah mengering. Kemudian massage lembut. Shea butter akan mengelupas kulit mati sehingga bibir tampak segar kemerahan.

Sudah ada empat resep yang bisa Anda coba nih. Mau mencoba mulai yang mana dulu? Jangan lupa bagikan hasilnya pada kami ya.

Cara Alami Membuat Bulu Mata Tebal

Mata adalah jendela jiwa, maka bulu mata adalah tirainya. Sudah jelas, para wanita ingin memiliki tirai yang cantik, yang semakin memancarkan keindahan mata. Sehingga bulu mata yang lentik, panjang dan tebal adalah impian kita semua.

Memang sih.. ada maskara dan bulu mata palsu yang bisa menyulap bulu mata tebal dan lentik seketika, tapi pingin dong punya bulu mata yang asli dan tebal. Anda bisa mendapatkannya dengan cara yang alami dan tidak membahayakan mata. Ini dia..

  • Bersihkan Dari Makeup

    Untuk mendapatkan bulu mata tebal, yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu adalah perawatan setiap hari. Jika Anda sering memakai maskara atau bulu mata palsu, pastikan bagian bulu mata dibersihkan hingga tuntas. Pilih eye remover (cairan khusus untuk membersihkan daerah mata) yang lembut. Pastikan Anda selalu membersihkan makeup mata sebelum tidur. Jika tidak, bulu mata akan rapuh dan mudah rontok.

  • Jauhi Alat Pelentik

    Jangan terlalu sering memakai alat pelentik bulu mata (atau penjepit bulu mata). Alat ini berpotensi melemahkan bulu mata dan meningkatkan risiko bulu mata rontok. Memang sih.. hasilnya bulu mata lentik instan, tapi sebaiknya tidak dipakai setiap hari.

  • Minyak Zaitun

    Salah satu cara alami untuk menumbuhkan bulu mata adalah mengoleskan minyak zaitun. Minyak yang telah lama dipercaya mempercantik para wanita ini dapat menumbuhkan bulu mata dengan cepat dan sehat. Cara memakainya mudah, ambil setetes minyak zaitun di ujung telunjuk lalu buat gerakan memutar dengan telunjuk satunya. Oleskan minyak itu pada bagian pangkal bulu mata dan helai bulu mata sebelum tidur. Cuci wajah seperti biasa keesokan paginya.

  • Vitamin E

    Vitamin E juga menjadi salah satu bahan alami untuk menumbuhkan dan melebarkan bulu mata. Jika Anda sulit mendapatkan ampul vitamin E, Anda bisa memotong kapsul vitamin E dan mengambil isinya. Oleskan vitamin E di pangkal bulu mata dan helai bulu mata sebelum memakai makeup pada pagi hari. Anda dapat mengulangi hal yang sama setelah Anda membersihkan makeup di malam hari atau sebelum tidur.

  • Minyak Kastor

    Untuk mendapatkan rambut yang lebat, kuat serta bebas rontok, minyak kastor sering digunakan sebagai bahan alami yang bekhasiat. Hasil yang sama bisa didapatkan bila menggunakannya pada bulu mata. Caranya, ambil satu sendok makan minyak kastor dan setengah sendok makan ekstrak vanila. Campur keduanya, lalu pakai pada bulu mata dengan bantuan kuas maskara bersih. Cara ini bisa Anda lakukan pada malam hari dan membersihkan wajah keesokan paginya.

Mengobati Jerawat dan Makin Cantik Dengan Bawang Putih

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, ada harga mahal yang harus dibayar untuk membeli produk kosmetik. Sebenarnya ada cara mudah dan murah yang mampu memberikan khasiat serupa yaitu bawang putih.

Obat Jerawat Alami

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawat, karena mengandung anti-bakteri dan anti-viral yang dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Cara pemakaiannya juga tergolong mudah, hanya dengan menghancurkan siung bawang putih hingga menjadi pasta. Oleskan pasta bawang putih di tempat yang berjerawat. Ini berkhasiat untuk membantu menghilangkan ruam merah serta mengobati radang akibat jerawat.

Menghaluskan Kulit

Bawang putih juga mengandung komponen zat organosulfur yang bernama allicin. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, serta mampu membantu menghilangkan strech-marks. Cobalah untuk mencampurkan sedikit pasta bawang putih pada masker wajah Anda, dan rasakan khasiatnya.

Mencegah Penuaan Dini

Untuk apa menghabiskan uang demi produk anti penuaan dini yang berharga mahal, bila Anda bisa menggunakan bawang putih. Komponen yang terkandung di dalam bawang putih dapat membantu menghilangkan kerut wajah. Cobalah campurkan beberapa tetes air bawang putih ke dalam krim wajah Anda, gunakanlah setiap satu minggu sekali.

Menghilangkan Komedo

Gunakan tumbukan bawang putih sebagai scrub wajah, hal ini berkhasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Usapkan pada wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan memutar.

Pastikan penggunaan tidak berlebih agar kulit Anda mendapat hasil maksimal. Selamat mencoba!

Masker Wortel Yogurt Jadikan Rambut Lembut

Sebagai mahkota wanita, kita harus menjaga agar rambut selalu bercahaya lembut. Salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut adalah pemakaian masker buatan sendiri. Mengapa harus masker alami buatan sendiri? Karena Anda yang paling tahu kondisi rambut dan alam selalu memberikan yang terbaik tanpa efek samping.

Agar rambut lembut bercahaya, cobalah masker wortel dan yogurt. Tidak mahal dan mudah didapat bukan? Wortel mengandung banyak vitamin yang bisa menutrisi rambut, menjadikan rambut lebih sehat, segar dan mengangkat sisa kotoran. Masker wortel cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, agar rambut tidak mengalami kerusakan akibat terpaan sinar matahari dan polusi.

Bahan lain yang kita pakai adalah yogurt. Olahan susu ini telah lama dikenal dapat melembutkan kulit dan rambut. Menjadikan rambut segar bercahaya sekaligus memberi kelembaban alami tanpa terasa lepek. Sudah siap memakai masker ini? Ayo dicoba!

Bahan:

1 buah wortel ukuran sedang, cuci bersih, parut halus

2 sdm plain yogurt

Cara Memakai:

  1. Campur kedua bahan hingga rata. Ukuran bisa diubah sesuai kondisi dan panjang rambut Anda.
  2. Pada rambut yang telah bersih dan setengah kering setelah keramas, oleskan campuran masker pada rambut. Oleskan pada helai rambut hingga rata.
  3. Diamkan selama 20-30 menit.
  4. Bilas dengan air hangat hingga bersih, lalu bilas dengan air dingin di akhir bilasan.

Mudah bukan? Anda bisa melakukan perawatan alami ini dua minggu sekali. Selamat mencoba.

Cobain Scrub Strawberry Agar Kaki Lembut Yuk

Strawberry mengandung antioksidan yang tinggi sehingga memberikan asupan vitamin bagi tubuh dan kulit. Merawatnya dengan menyuntikkan kelembaban serta perawatan yang istimewa.

Jika Anda pernah mencoba perawatan strawberry untuk kulit wajah, Anda tentu sudah memetik manfaat kelembutan dan kelembabannya.

Kali ini, kami ingin memetik manfaat strawberry ini dengan meramunya menjadi foot scrub.

Khasiatnya:

  • Untuk melembutkan kulit di tumit
  • Membantu meregenerasi kulit di area tumit
  • Melembutkan tumit yang pecah-pecah
  • Melembabkan kulit

Bahan yang dibutuhkan:

8 buah strawberry

2 sdt minyak zaitun

1 sdt garam mandi

Bagaimanakah caranya?

  • Yang pertama, hancurkan strawberry dengan cara melumatkan atau diblender.
  • Campurkan dengan garam mandi dan minyak zaitun di dalam sebuah mangkuk.
  • Massage bagian tumit kaki dengan ramuan tersebut. Kemudian diamkan selama 2-3 menit.
  • Rendam dalam air garam hangat selama 5 menit.
  • Bilas dengan air dingin. Keringkan kaki dengan handuk. Kemudian pulaskan hand and body lotion.

Niscaya tumit akan menjadi lebih halus dan pecah-pecah di kaki segera hilang. 

5 Cara Alami Menghilangkan Kulit Keriput

Daripada menghilangkan keriput wajah dengan krim mahal atau suntik botox, Anda bisa memberikan perawatan alami berikut ini, dilansir oleh Readers Digest.

  • Putih Telur

    Putih telur mengandung vitamin B alami dan vitamin E yang kaya sehingga dapat meremajakan kulit. Cara memakai putih telur pada wajah: Siapkan putih telur pada mangkuk kecil. Aplikasikan pada kulit wajah yang sudah bersih, pijat-pijat hingga mengering dan kencang. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

  • Minyak Zaitun

    Minyak zaitun adalah bahan alami yang dapat membuat kulit tetap lembut, lentur dan halus. Aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun pada wajah yang telah dibersihkan sebelum tidur, diamkan sebentar lalu ratakan dengan handuk lembut. Anda akan terbangun dengan kulit lembut dan sehat.

  • Pijatan

    Pijatan dapat melancarkan sirkulasi dan peredaran darah. Selain dua bahan di atas, Anda bisa memijat wajah dengan lotion. Beri pijatan pada wajah selama beberapa menit, dengan gerakan lembut tetapi terasa menyegarkan wajah. Fokuskan pijatan pada daerah di bawah mata, leher, kening dan dimana garis halus mulai muncul. 

     
  • Air Lemon

    Keasaman pada lemon segar akan membuat kulit lebih cerah sekaligus mengurangi munculnya keriput. Iris lemon dan ambil airnya. Oleskan air lemon pada wajah yang sudah bersih, oleskan pada daerah dengan garis halus atau keriput pada wajah. Diamkan beberapa saat, lalu tarik napas dalam agar Anda menghirup aromatherapy alami lemon yang menenangkan pikiran. Bila dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk lembut.

  • Buah dan Sayur Segar

    Cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang halus dan kencang adalah dengan nutrisi dari dalam. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi berbagai buah dan sayuran yang kaya vitamin A dan vitamin D. Keduanya akan membuat kulit sehat dan bersinar dari dalam. Buat saja jus buah dicampur sayur segar di rumah. 

Tidak sulit bukan? Menjaga kecantikan bisa didapat dari bahan-bahan alami yang selalu memberikan manfaat terbaik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading