1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Tips Atasi Kulit Kemerahan Setelah Facial

Jum'at, 12 Oktober 2018 16:00 Penulis: Magdalena Pratiwi
Ilustrasi/copyright shutterstock

Vemale.com - Kini, cukup banyak wanita yang memilih untuk melakukan perawatan kulit wajah berupa facial di klinik-klinik kecantikan. Alasannya, mereka merasa jika treatment yang satu ini dapat membuat kulit wajah jadi lebih bersih, dibandingkan melakukan perawatan sendiri di rumah. Sayangnya, setelah facial biasanya wajah akan menjadi kemerahan. Selain karena faktor jenis kulit yang mudah sensitif, terjadinya kemerahan ini juga dikarenakan jerawat atau komedo yang secara paksa dikeluarkan dari kulit. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir karena sebenarnya masalah ini adalah hal yang lumrah. Namun, jika kemerahan yang kamu alami terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, coba atasi dengan melakukan hal-hal berikut ini!

Menghindari Terkena Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Salah satu langkah dalam facial treatment adalah eksfoliasi guna mengangkat sel-sel kulit mati untuk tampilan yang jauh lebih cerah dan halus. Namun di sisi lain, proses eksfoliasi ini dapat membuat lapisan kulit luar akan menipis dan bisa juga mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, jangan heran jika kulit pun akan jauh lebih sensitif dengan sinar matahari. Solusinya, cobalah untuk membatasi paparan kulit dengan sinar matahari secara langsung. Namun jika kamu terpaksa harus melakukan aktivitas di luar ruangan, kenakanlah topi untuk menghalau sinar matahari langsung terkena kulit. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas.

Mengompres Wajah dengan Es Batu

Selain perih, biasanya facial juga akan menimbulkan efek panas yang disertai dengan redness serta pori-pori yang tampak membesar. Salah satu cara untuk memberikan efek calming sekaligus mengecilkan pori-pori adalah dengan mengompres wajah menggunakan es batu. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan air rendaman chamomile tea dingin untuk membasuh wajah. Air rendaman chamomile yang mengandung zat anti inflamasi tinggi ini dipercaya dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi pasca facial.

Mengaplikasikan Aloe Vera Gel

Aloe vera gel dikenal sangat bermanfaat bagi kecantikan, terutama untuk mengatasi masalah kemerahan dan iritasi pada wajah dengan memberikan efek calming yang menyejukkan. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa memasukkan produk aloe vera gel yang kamu miliki ke dalam kulkas terlebih dahulu selama beberapa saat. Setelah dingin, oleskanlah produk pada wajah yang mengalami kemerahan.

Menggunakan Toner

Seperti yang telah disebutkan di atas, kulit wajah akan menjadi lebih sensitif daripada biasanya setelah melakukan facial treatment. Salah satu produk kosmetik yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi kulit kemerahan sekaligus membuatnya kembali lembap selain moisturizer adalah toner. Tak hanya mampu menyegarkan, toner rupanya juga dapat menstabilkan pH kulit dan membuatnya jadi lebih sehat. Menariknya lagi, toner juga efektif dalam membantu mengangkat sisa-sisa sel kuit mati yang masih menempel. Namun, untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, gunakanlah toner yang bebas dari kandungan alkohol agar kondisi kemerahan di wajah tidak semakin parah.

Mengenakan Sheet Mask

Selain cara-cara di atas, mengenakan sheet mask juga bisa menjadi alternatif termudah untuk mengurangi efek kemerahan di wajah setelah facial. Pilihlah sheet mask dengan yang memiliki klaim soothing, calming, dan juga moisturizing. Guna mendapatkan efek dingin yang menyejukkan, kamu juga bisa menyimpan sheet mask terlebih dahulu pada lemari pendingin. Selamat mencoba!

Baca juga: Agar Tidak Menyebabkan Iritasi pada Kulit, Ini Dia Tips Membersihkan Wajah yang Tepat Setelah Melakukan Facial

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#KapanLagiChallenge - Jefri Nichol & Amanda Rawles