1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Kandungan Pada Produk Skin Care yang Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Kamis, 11 Oktober 2018 18:30 Penulis: Magdalena Pratiwi
Skincare/copyright shutterstock

Vemale.com - Merawat kulit berminyak memang bukan hal yang mudah. Selain butuh ketekunan, merawat kulit yang berminyak juga perlu kecermatan, terutama dalam melihat kandungan dari produk skin care yang akan digunakan. Jika kandungan yang dipilih kurang tepat, bisa-bisa malah memicu timbulnya jerawat atau bahkan membuatnya semakin berminyak. Nah, bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, coba baca artikel berikut untuk mengetahui jenis kandungan skin care apa saja yang sebaiknya dihindari.

1. Alkohol

Beberapa produk skin care, salah satunya toner yang dikhususkan untuk kulit berminyak, biasanya menggunakan alkohol sebagai salah satu ingredients-nya. Kandungan alkohol pada toner memang berfungsi untuk mengurangi minyak di kulit wajah. Selain itu, kandungan yang satu ini juga tidak meninggalkan rasa lengket dan juga cepat kering. Sayangnya, di balik keunggulannya itu, toner yang mengandung alkohol ternyata dapat memicu kulit menjadi kering, bahkan pada jenis kulit yang berminyak sekalipun. Dalam kondisi yang kering, secara otomatis kulit akan mengirimkan sinyal pada kelenjar sebum untuk memproduksi minyak secara lebih banyak lagi. Nah, jika kamu tak ingin hal ini terjadi, mulai kurangi penggunaan kadar alkohol pada produk skin care, ya!

2. Mineral Oil

Mineral oil merupakan jenis kandungan yang cukup banyak dijumpai pada produk kecantikan. Jenis kandungan yang satu ini memang seringkali digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan skin care karena tidak menimbuklan efek alergi pada kulit. Mineral oil biasanya dapat dijumpai pada beberapa produk, salah satunya pelembap. Produk-produk skin care yang mengandung mineral oil memang dikenal memiliki manfaat untuk mengunci kelembapan kulit. Meski demikian, mineral oil ternyata dapat menutup pori-pori kulit yang menyebabkan debu serta bakteri dapat terperangkap di dalam pori-pori. Hal ini justru malah bisa menyebabkan timbulnya masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan juga komedo.

3. Paraffin Wax

Paraffin Wax merupakan kandungan skin care yang didapatkan dari hasil penyulingan petroleum. Biasanya, produk yang memiliki tekstur lotion ataupun krimlah yang memiliki kandungan tersebut. Produk-produk skin care yang mengandung paraffin wax bisanya dapat membuat kulit terasa halus, lembut, dan terasa lembap. Tapi sayangnya, kandungan ini sebenarnya tidak benar-benar dapat melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit. Menurut para pakar kecantikan, paraffin wax dalam sebuah produk kosmetik bahkan malah dapat menyumbat pori-pori. Buruknya lagi, jenis kandungan ini juga sangat berbahaya jika tertelan, mengingat teksturnya yang thick sehingga tidak mudah untuk dicerna.

4. Minyak Alami

Produk perawatan kulit yang berbasis minyak memang sedang populer belakangan ini, sebut saja seperti, lavender oil, rosemary oil, jojoba oil, virgin coconut oil (VCO), tea tree oil, dan masih banyak lagi. Produk-produk face oil dengan kandungan minyak alami seperti yang telah disebutkan tadi memang dipercaya bisa membantu melembapkan dan menutrisi kulit. Namun, ada beberapa jenis minyak alami yang perlu dihindari oleh kamu yang memiliki kulit berminyak, salah satunya adalah virgin coconut oil. Minyak alami yang diolah dari kelapa ini memiliki sifat comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori. Jika ingin yang lebih aman, cobba gunakan tea tree oil. Selain teksturnya ringan dan tidak menyumbat, minyak yang satu ini juga yang memiliki sifat antibakteri yang baik untuk menangani jerawat.

5. Lanolin Oil

Lanolin oil merupakan jenis kandungan yang memiliki sifat emolien dengan fungsi melembapkan sekaligus melembutkan kulit. Jenis kandungan yang didapatkan dari kulit domba ini biasa digunakan untuk produk perawatan kulit dan rambut. Produk skin care yang mengandung lanolin oil cocok sekali digunakan oleh para pemilik kulit kering karena efek melembapkannya yang juara. Meski demikian, sayangnya produk ini tidak begitu disarankan untuk jenis kulit berminyak. Selain dapat membuat wajah jadi semakin berminyak, lanolin oil rupanya juga rentan memicu jerawat pada kulit wajah yang berminyak.

Baca juga: 5 Kandungan Pada Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Richard Kyle Belum ada Niat Nikahi Jessica Iskandar