Sukses

Beauty

Alasan Penting Mengapa Kulit Putih Belum Tentu Sehat

Ladies, hingga saat ini kulit putih memang sudah menjadi standar wanita Asia jika berkaitan dengan definisi cantik. Bahkan fakta yang terpotret dari survei 17.000 lebih wanita Indonesia pelanggan klinik kecantikan dalam ZAP Beauty Index menyatakan, satu dari empat remaja dibawah 18 tahun merasa bahwa lebih penting memiliki kulit putih daripada merasa bahagia.

Padahal secara medis, kulit yang putih itu belum tentu kulit yang sehat. Menurut dr. Adinda Fitri Ningtyas selaku Medical and training manager ZAP Clinic, dari realese yang diterima vemale (14/9) menyetayakan ada empat kriteria kulit sehat, yaitu:

  1. Kulit bersih, adalah jika dilihat kasat mata tidak terlihat adanya jerawat dan komedo pada wajah.
  2. Warna kulit merata, tidak belang atau berbeda-beda.
  3. Elastisitas baik. Kulit yang sehat yaitu kulit yang bisa meregang dan kemudian kembali ke keadaan normal. Kulit yang elastisitasnya baik menandakan bahwa kulit memiliki kadar air yang cukup dan juga lembab. Itu sebabnya diwajibkan meminum air delapan gelas sehari.
  4. Tekstur halus dan lembut. Permukaan kulit yang rata terutama halus dan lembut menandakan tidak adanya sel kulit mati dan memiiki kadar kelembapan yang cukup.

Betapa inginnya wanita Indonesia untuk memiliki kulit putih juga tercermin dari temuan lainnya, masih dalam ZAP Beauty Index. Sebanyak 59,6% dari 17.000 lebih responden wanita Indonesia memilih produk yang dapat mencerahkan kulit sebagai hal yang paling dicari saat mempertimbangkan untuk membeli sebuah produk skincare. Apalagi sebanyak 73,1% mendefinisikan cantik sebagai kulit yang bersih, cerah dan glowing dibandingkan bertubuh sehat dan bugar.

Ironinya, saat ditanya apa masalah kulit yang paling dicemaskan, sebagian besar menjawab jerawat, bukan kulit yang gelap. “Para wanita harus sadar supaya jangan sekedar putih. Karena produk-produk yang bisa memutihkan kulit dalam waktu cepat, malah bisa berbahaya”, ujar dr. Adinda Fitri Ningtyas.

Bagaimana ladies? Setelah mengetahui fakta ini masih menganggap kulit putih adalah keharusan? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading