1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Astaxanthin, Kandungan Anti-oksidan dengan Manfaat Anti-Aging

Minggu, 16 September 2018 07:00 Penulis: Devina Ellora
Ilustrasi/copyright sociolla/spesial

Vemale.com - Bagi para wanita yang gemar merawat kulit, nama radikal bebas tentu sudah tidak asing lagi. ‘Musuh utama’ kulit ini seringkali dijumpai di lingkungan terbuka, karena radikal bebas banyak terdapat pada sinar matahari dan polusi. Terlalu sering terpapar radikal bebas diketahui dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit, salah satunya mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan. Untuk membentengi kulit dari bahaya radikal bebas, dibutuhkan kandungan anti-oksidan. Dari sekian banyak sumber anti-oksidan, kamu bisa menemukannya pada ganggang merah. Jenis tumbuhan laut ini memiliki kandungan bernama astaxanthin yang disebut-sebut sebagai super anti-oksidan karena memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi serta mendatangkan banyak manfaat untuk kulit.

Manfaat Astaxanthin untuk Kulit

Astaxanthin tergabung ke dalam kelompok pigmen alami yang disebut carotenoid, yakni komponen dalam makhluk hidup yang memberikan pigmen warna alami pada makhluk hidup. Sebut saja flamingo, serta beberapa biota laut, seperti alga, salmon, ikan, udang, kepiting, dan lobster. Selain itu, berdasarkan sejumlah studi menarikmenyatakan bahwa saat dikonsumi atau diaplikasikan secara topikal, astaxanthin ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kulit, di antaranya adalah:

  • Mengandung kadar anti-oksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi perlindungan kulit terhadap radikal bebas.
  • Memiliki kemampuan untuk menetralisir sejumlah radikal bebas di aat bersamaan, sehingga mampu melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.
  • Memiliki UV-blocking properties yang akan membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.
  • Menjaga kelembapan dan membantu mengembalikan elastisitas kulit.
  • Menyamarkan kerutan, garis halus, serta membantu mengencangkan kulit.
  • Membantu mengurangi risiko kanker kulit.

Baca juga: Polluaging, Bahaya Penuaan Dini yang Mengancam Kulit dari Polusi

Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki, tak heran jika ada banyak brand kecantikan yang menjadikan astaxanthin sebagai bahan utama produk perawatan kulit. Bagi kamu yang ingin merasakan khasiatnya, berikut pilihan produk skin care dengan kandungan astaxanthin yang dapat dicoba!

1. Natur-E Advanced Anti-Aging Serum

Natur-E Advanced Anti-Aging Serum/copyright sociolla.com

Natur-E Advanced Anti-Aging Serum mengandung astaxanthin yang bersumber ganggang merah sebagai anti-oksidan. Produk ini juga diformulasikan dengan Prolift Tech Formula, sehingga dapat membantu menyamarkan kerutan, garis halus, serta menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Selain itu, hasil uji klinis juga menunjukkan bahwa serum ini efektif mengurangi tkamu-tkamu penuaan kulit, seperti kerutan halus dan flek hitam.

2. Astalift Jelly Aquarysta

Astalift Jelly Aquarysta/copyright sociolla.com

Lini skin care keluaran Fujifilm ini memiliki rangkaian perawatan kulit khusus yang memang menggunakan astaxanthin dan lycopene sebagai kandungan utamanya. Nah, salah satu produk best seller-nya adalah Astalift Jelly Aquarista dengan dual human type nano-ceramide yang membantu mengunci dan meningkatkan kelembapan kulit, memperkuat lapisan pelindung kulit, serta membantu melembutkan kulit.

3. J.One Red Jelly Pack

J.One Red Jelly Pack/copyright sociolla.com

J.One Red Jelly Pack adalah tambahan paling baru dalam rangkaian Jelly Pack yang sudah menuai sederet ulasan positif. Merupakan ampoule sekaligus primer dalam satu produk, J.One Red Jelly Pack dapat membantu mendorong kemampuan anti-aging alami kulit sekaligus mempersiapkan kulit untuk aplikasi makeup. Tentunya, hal ini juga tidak luput dari peran kandungan astaxanthin yang terdapat di dalamnya. Selain astaxanthin, J.One Red Jelly Pack juga diperkaya dengan hyaluronic acid, moringa seed oil, dan niacinamide untuk merawat dan mencerahkan kulit.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Kandungan dan Manfaat Alga Merah yang Terkandung Pada Produk Anti-Aging

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Foto Nude Kendall Jenner - Hailey & Bieber Sudah Nikah?