1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Bahan Alami yang Banyak Dipakai untuk Produk Kecantikan

Jum'at, 14 September 2018 11:30 Penulis: Nisita Widianti
Ilustrasi/copyright shutterstock

Vemale.com - Industri kecantikan Indonesia semakin diramaikan dengan munculnya beragam produk body care dari brand lokal. Nah, dari sekian banyak produk body care lokal yang ditemukan di pasaran, sebagian besar di antaranya terbuat dari bahan-bahan alami, lho! Selain menawarkan beragam manfaat, produk perawatan tubuh yang menggunakan bahan alami biasanya juga tergolong lebih aman, termasuk untuk kulit yang sensitif. Ingin tahu bahan alami apa saja yang kerap digunakan pada produk body care lokal beserta manfaatnya? Keep scrolling!

Bengkoang

Kalau diperhatikan, rasanya hampir semua brand body care lokal memiliki produk dengan kandungan bengkoang. kamu dapat menemukan kandungan bengkoang pada produk sabun mandi, scrub, body lotion, dan juga lulur. Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu mencerahkan kulit. Anti-oksidan yang terkandung dalam buah ini juga bisa membantu untuk menyamarkan serta menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Kunyit

Kunyit disebut-sebut sebagai rempah ‘ajaib’ karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Rempah ini kaya akan kurkumin, yakni sebuah anti-oksidan yang mampu mengatasi beragam masalah kulit. Sebut saja, psoriasis, luka bakar, stretch mark, bahkan hingga hiperpigmentasi. Tak hanya itu, kunyit juga mampu bertindak sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati tanpa membuatnya iritasi. Kunyit biasa ditemukan pada produk body lotion, masker, dan lulur.

Baca juga: Ingin Perawatan Kulit yang Aman? Yuk, Coba 5 Rekomendasi Brand Skin Care Lokal Berbahan Alami Ini!

Mawar

Sejak zaman dahulu, kelopak bunga mawar sudah digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Selain memiliki kandungan minyak esensial dengan keharuman yang lembut, mawar juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bunga yang identik dengan warna merah ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit iritasi, anti-oksidan yang mampu memperkuat sel kulit, dan astringent yang dapat membantu membersihkan kulit hingga ke pori-pori.

Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang paling sehat untuk dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk tubuh, zaitu juga baik untuk merawat kulit tubuh. Zaitun mengandung tiga jenis anti-oksidan, yaitu vitamin E, polyphenols, dan phytosterols yang mampu melindungi kulit dari penuaan dini. Tak hanya itu, kandungan hydroxytyrosol pada zaitun juga mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Khasiat dari zaitun bisa kamu dapatkan melalui poduk body oil, lulur, atau body butter.

Baca juga: Rekomendasi Brand Body Care Lokal untuk Rawat Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin C, A, E, pantothenic acid, folate, magnesium, dan enzim papain. Kandungan-kandungan tersebut membuat pepaya memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan melembapkan kulit yang kering. kamu bisa merasakan manfaat buah pepaya untuk kulit dengan menggunakannya dalam bentuk lulur, body butter, atau sabun mandi.

Baca juga: Pepaya, si Buah Tropis yang Punya Beragam Manfaat Baik Bagi Kulit Wajah

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk Sakral - Perdana Main Film, Olla Ramlan Ketagihan