1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Perawatan Kulit Kering Menggunakan Masker Berkandungan Bahan Alami Ini!

Rabu, 05 September 2018 17:30 Penulis: Magdalena Pratiwi
Kulit Kering/copyright shutterstock

Vemale.com - Persoalan kulit wajah ternyata bukan hanya dirasakan oleh para pemilik kulit berminyak saja. Mereka yang memiliki jenis kulit kering pun tak luput dari berbagai masalah kulit, salah satunya ditandai dengan kemunculan dry patches. Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah kering. Selain karena hormon, kulit kering juga bisa disebabkan oleh pemakaian facial wash yang mengandung SLS, jarang mengonsumsi air putih, dan bisa juga karena malas menggunakan pelembap. Selain terasa kasar jika dipegang, kulit yang kering juga akan terlihat kusam. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu bisa mengandalkan penggunaan masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami. Nah, kira-kira bahan alami apa saja yang baik untuk kulit kering? Berikut jawabannya!

1. Kunyit

Rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bahan pewarna alami makanan ini ternyata sudah dikenal lama memiliki manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kunyit dapat dijadikan sebagai bahan masker wajah alami karena pada bumbu dapur satu ini terkandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk melembapkan wajah sekaligus sebagai zat anti-oksidan. Selain membantu melembapkan kulit, masker kunyit juga bisa untuk mencerahkan wajah sekaligus membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit. Saat ini, sudah ada banyak kok brand skin care yang meluncurkan masker berkandungan kunyit. Misalnya saja, Turmeric & Cranberry Seed Energizing Radiance Masque dari Kiehl’s atau Juara Turmeric Antioxidant Radiance Mask.

2. Pisang

Buah berwarna kuning satu ini dikenal sangat kaya akan vitamin A, B, dan E yang dapat melembapkan kulit. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak produsen kecantikan yang menjadikan pisang sebagai masker untuk membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa pisang dapat menjaga elastisitas kulit dengan baik, sehingga kulit wajah tidak mudah keriput. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk membuat masker pisang sendiri di rumah, kamu bisa mencoba Skin Food Banana Yogurt Wash Off Mask atau Freeman Facial Banana Oat Soothing Mask.

3. Gandum

Gandum yang merupakan bahan utama dalam produk oat meal ini ternyata mengandung vitamin dan nutrisi yang kompleks untuk tubuh. Di antaranya, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, E, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan, selenium, dan juga saponin. Vitamin B dan E yang terdapat pada gandum dikenal baik untuk melembutkan tekstur kulit. Sedangkan kandungan saponinnya dipercaya dapat memberikan efek lembap, halus, serta lembut pada kulit. Mengingat bahan alami yang satu ini menyimpan banyak khasiat, tak heran jika ada banyak brand kecantikan yang menjadikannya sebagai bahan utama dalam setiap ingredients-nya. Jika ingin merasakan manfaat gandum untuk kulit, kamu bisa mencoba masker Oatflix dari Lush atau Ultra Repair Instant Oatmeal Mask keluaran First Aid Beauty.

4. Kopi

Ternyata kopi tidak hanya nikmat saat disajikan sebagai minuman saja. Di balik rasanya yang pahit, ternyata kopi memiliki manfaat baik untuk merawat kulit kering. Cuaca yang panas, terik sinar matahari, serta polusi, tak jarang membuat kulit menjadi lebih kering dan tampak kusam. Untungnya, kandungan flavanoid dan polifenol pada kopi berfungsi sebagai zat anti-oksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas. Selain itu, menggunakan bubuk kopi murni dengan beberapa tetes minyak zaitun atau madu sebagai masker juga diketahui dapat melembapkan sekaligus membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah. Namun, untuk para wanita yang tak punya banyak waktu, kamu bisa menggunakan masker kopi dari Lush yang diberi nama Cup O’ Coffee.

5. Pepaya

Buah yang mudah kamu jumpai saat berbelanja ke pasar tradisional maupun swalayan ini ternyata bukan hanya ampuh untuk melancarkan pencernaan saja, namun juga bisa untuk merawat kulit kering. Selain melembapkan, pepaya juga dapat mencerahkan wajah. Kandungan vitamin A dan C pada pepaya bermanfaat untuk mengembalikan vitalitas kulit, sehingga membantu meningkatkan hidrasi yang dapat mengembalikan kelembapan alami kulit. Kandungan vitamin C-nya juga baik untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam, lho. Salah masker wajah dengan kandungan pepaya yang bisa kamu coba adalah Avon Naturals Papaya Smoothies Face Mask.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu kamu Perhatikan Saat Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?