1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Memakai Thermal Water

Sabtu, 11 Agustus 2018 12:15 Penulis: Andira Kristia
Thermal Water/copyright

Vemale.com - Nama kandungan thermal water mungkin masih terasa agak asing bagi sebagian wanita Indonesia. Hal ini dikarenakan masih minimnya produk thermal water yang masuk ke Indonesia. Padahal, penggunaan thermal water cukup umum digunakan dalam industri kecantikan luar negeri, lho. Thermal water sendiri diambil dari berbagai mata air pegunungan yang terdapat di negara Prancis. Di sana, thermal water sudah biasa digunakan oleh para dokter sejak bertahun-tahun lalu untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit, seperti luka bakar atau bahkan psoriasis.

Meski tampilannya sama persis dengan air putih, namun thermal water bukanlah sekedar air biasa. Jenis air mineral ini terletak jauh di bawah tanah, sehingga terbebas dari bakteri dan polusi. Secara alami, air ini sangat murni dan kaya akan garam, mineral, dan karbon dioksida, sehingga dikenal memiliki sifat menyembuhkan, terutama yang berkaitan dengan kulit. Nah, rupanya hal-hal inilah yang menyebabkan thermal water aman digunakan untuk semua jenis kulit, terutama yang kering dan sensitif. Selain yang telah disebutkan, kira-kira adakah manfaat lain dari thermal water untuk kecantikan kulit?

1. Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Memasuki musim panas, thermal water menjadi satu produk yang patut kamu miliki. Hal ini dikarenakan dari sifat thermal water yang dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungan mineral pada thermal water juga diketahui dapat mengurangi pembentukan sel-sel sunburn pada kulit tubuh akibat paparan sinar UV. Karena itulah, untuk menenangkan sekaligus meregenerasi sel kulit, kamu dapat menyemprotkan thermal water segera setelah berpanas-panasan di bawah terik sinar matahari.

2. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Jika kamu memiliki kondisi kulit yang membutuhkan penanganan khusus, seperti eksim, rosacea, dan psoriasis, thermal water sangat cocok untuk kamu gunakan. Thermal water memiliki sifat anti-inflamasi yang tak hanya menenangkan, tapi juga bisa mengurangi rasa gatal serta peradangan pada kulit. Selain itu, kulit kamu juga akan menjadi lebih halus, ruam akibat eksim ataupun jenis penyakit kulit lainnya berkurang dan dapat menghilang seiring dengan pemakaian thermal water secara rutin.

Baca Juga: 5 Kandungan Pada Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

3. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas/Copyright Shutterstock

Aktivitas yang dilakukan sehari-hari memungkinan kamu untuk melakukan kontak langsung dengan lingkungan, dan tak jarang harus berurusan dengan hal yang dapat merusak kulit. Misalnya saja, paparan sinar UV, debu, dan polusi. Hal tersebut dapat disebut juga sebagai radikal bebas yang menjadi salah satu faktor penyebab utama dari penuaan pada kulit. Thermal water merupakan air murni yang kaya akan anti-oksidan alami untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Mineral yang terkandung di dalamnya, seperti selenium, zinc, dan tembaga, inilah yang menghasilkan anti-oksidan secara alami di kulit sehingga menangkal radikal bebas agar kulit tetap sehat.

4. Menghidrasi Kulit Wajah

Thermal water adalah salah satu solusi terbaik untuk melembapkan kulit kamu secara mudah dan praktis. Berkat seluruh kandungan mineral dan teksturnya yang ringan, kulit kamu seketika akan merasa segar dan terhidrasi dengan baik. Sebelum menggunakan makeup, kamu juga dapat menyemprotkan thermal water agar kelembapan kulit terkunci dengan baik dan tetap terhidrasi. Untuk merasakan manfaat tersebut, caranya pun mudah. Cukup semprotkan thermal water dengan jarak sekitar 6 cm dari wajah kamu dan biarkan hingga terserap sempurna oleh wajah.

5. Meminimalkan Iritasi Kulit Setelah Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi yang berlebihan, terutama untuk jenis kulit sensitif, dapat memicu iritasi pada kulit yang ditkamui dengan ruam berwarna merah dan rasa perih. Thermal water memiliki sifat anti-septik, anti-inflamasi, serta mengandung mineral alami yang dapat menenangkan kulit teriritasi atau rusak. Saat melakukan eksfoliasi, pori-pori kulit di wajah akan terbuka, kelembapan berkurang, dan menjadi jauh lebih sensitif. Thermal water sangat direkomendasikan untuk digunakan setelah mengeksfoliasi kulit guna mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala.

Baca Juga: Kulit Kering Saat Berada dalam Ruangan Ber-AC? Yuk, Atasi dengan Manfaat Humidifier Berikut ini!

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
9 Atlet Ganteng & Cantik Indonesia yang Berlaga di Asian Games 2018