1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Perbedaan Bekas Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Jum'at, 10 Agustus 2018 18:30 Penulis: Devina Ellora
Bekas Jerawat/copyright sociolla.com

Vemale.com - Kesuksesan kamu dalam mengusir jerawat di wajah terkadang akan diikuti dengan sedikit ‘oleh-oleh’, yaitu bekasnya yang berwarna kemerahan atau kecokelatan. Menyebalkan sekali, ya? Apalagi, berbagai produk yang kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pun rasanya seolah tidak memberikan efek apapun. Hmm, jangan-jangan kamu menggunakan produk yang kurang tepat nih! Perlu diketahui, setiap bekas jerawat memiliki penanganan yang berbeda. Maka dari itu, yuk kenali terlebih dahulu perbedaan bekas jerawat Post Inflammatory Hyperpigmentation dan Post Inflammatory Erythema melalui artikel ini!

Tiga Jenis Bekas Jerawat

Bekas jerawat dapat terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), Post Inflammatory Erythema (PIE), serta Atrophic Scars. PIH sendiri merupakan jenis bekas jerawat berupa noda kecokelatan atau kehitaman yang disebabkan oleh melanin. Sedangkan PIE, adalah bekas jerawat kemerahan yang disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar. Selain itu, ada pula Atrophic Scars yang ditkamui dengan munculnya bekas jerawat berupa lekukan atau ‘bolong’ pada kulit.

Nah, pada artikel ini, saya akan membahas perbedaan antara PIH dan PIE. Kalau ingin tahu bekas jerawat athrophic scars dan jenis lainnya, kamu bisa membacanya secara lengkap pada artikel yang ditulis Nisita di sini.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Hal yang Dapat Membuat Pembentukan Bekas Jerawat Semakin Parah

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) adalah noda berwarna cokelat atau kehitaman yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Saat terjadi inflamasi, kulit akan mengalami stres dan merespon dengan memproduksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang berperan memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata manusia. PIH lebih sering ditemukan pada pemilik kulit sedang hingga gelap, karena kulit gelap umumnya memiliki melanocytes (sel yang memproduksi melanin) yang overactive. Nah, salah satu penyebab utama inflamasi adalah jerawat dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, PIH sangat erat dikaitkan dengan bekas jerawat dan sun spot.

Bagaimana penanganan yang tepat? Meskipun tidak dapat dihilangkan langsung, kamu dapat mempercepat proses memudarnya pigmentasi yang terjadi akibat melanin dengan cara mendorong proses pergantian sel-sel kulit agar pigmentasi cepat memudar. Salah satu caranya adalah dengan melakukan chemical exfoliation secara rutin dengan produk berkandungan AHA (glycolic acid, lactic acid) serta gunakan produk dengan kandungan yang mampu memperlambat produksi melanin seperti azelaic acid atau kojic acid.

Penyebab Post Inflammatory Erythema (PIE)

Post Inflammatory Erythema (PIE) adalah bekas kemerahan atau keunguan dari membesarnya pembuluh darah akibat inflamasi. Kemerahan atau keunguan yang tampak merupakan hasil dari discrete erythematous macules, yaitu pembesaran pada pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit, sehingga tampak sebagai noda kemerahan. Again, inflamasi dapat terjadi terutama karena jerawat yang meradang, memencet jerawat, dan paparan sinar matahari.

Selain itu, inflamasi juga bisa disebabkan oleh skin care yang terlalu keras. Berkebalikan dengan PIH, PIE kerap ditemukan pada pemilik kulit berwarna terang. Namun, tidak berarti bahwa PIH hanya terjadi pada kulit gelap dan PIE pada kulit terang saja

Bagaimana penanganan yang tepat? Berbeda dengan pigmentasi pada PIH, kamu tidak mungkin bisa ‘mengelupas’ sel-sel kulit agar pembuluh darah tampak memudar. Bahkan, proses-proses untuk mempercepat pergantian sel-sel kulit yang dapat membantu PIH berpotensi membuat kulit mengalami iritasi dan semakin sensitif, malah dapat memperburuk kondisi PIE. Solusinya adalah perawatan khusus dengan bantuan laser. Namun, untuk mengurangi kemerahan pada kulit, kamu bisa menggunakan produk yang bersifat soothing dan calming seperti produk dengan kandungan centella asiatica, green tea, dan allantoin.

Baca juga: 5 Produk Skin Care Untuk Mengatasi Bekas Jerawat

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Kisah Rija 'Butiran Debu' Jadi Tulang Punggung Keluarga