1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menggunakan Acne Spot Treatment

Jum'at, 10 Agustus 2018 15:00 Penulis: Nisita Widinati
Masalah jerawat/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Acne spot treatment merupakan produk skin care tambahan yang dapat membantu menuntaskan masalah jerawat. Produk ini biasanya dijadikan andalan oleh para wanita untuk menyembuhkan jerawat dalam waktu singkat. Sayangnya, terkadang ada beberapa kekeliruan dalam menggunakan acne spot treatment yang justru malah menyebabkan proses penyembuhan jerawat tidak berlangsung secara optimal. Nah, agar hasilnya lebih maksimal, ini dia lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan acne spot treatment.

Jenis Jerawat yang Ditangani

Sebelum menggunakan acne spot treatment, kamu perlu tahu dulu jenis jerawat apa yang ingin ditangani. Jenis jerawat sendiri bermacam-macam. Di antaranya, whiteheads, blackheads, papula, pustula, nodula, serta cystic acne atau yang biasa dikenal dengan sebutan jerawat batu. Perlu diketahui, tiap jenis jerawat memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Misalnya, untuk whiteheads, blackheads, dan pustula, kamu memerlukan acne spot treatment dengan kandungan salicylic acid atau glygolic acid. Sedangkan untuk jenis jerawat lainnya yang lebih parah, sebaiknya menggunakan obat topikal dan perawatan lebih lanjut dari dokter. Penggunaan acne spot treatment pada jenis jerawat yang tidak sesuai bisa mengakibatkan kulit semakin kering dan meninggalkan bekas jerawat yang cukup parah.

Waktu Pemakaian yang Tepat

Saat sudah ada tkamu-tkamu jerawat mau muncul, rasanya ingin segera melakukan apapun untuk mencegahnya tumbuh. Termasuk juga dengan penggunaan acne spot treatment. Namun, kamu harus lebih berhati-hati karena penggunaan acne spot treatment yang terlalu dini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Perlu diketahui, infeksi yang terjadi pada jerawat perlu dikeluarkan. Jika kamu langsung menggunakan acne spot treatment saat jerawat baru tumbuh, kamu akan menyebabkan lapisan permukaan kulit kering mati yang menghalau keluarnya infeksi. Akibatnya, bekas jerawat yang tertinggal akan semakin gelap. Biarkan jerawat untuk tumbuh terlebih dahulu selama kurang lebih tiga hari, barulah aplikasikan acne spot treatment untuk mengeringkan jerawat.

Baca juga: Beda Jerawat, Beda Juga Cara Menanganinya. Yuk, Cari Tahu Cara untuk Mengobati Jerawat Sesuai Jenisnya!

Cara Pengaplikasian yang Tepat

Cara termudah dan terefektif dalam mengaplikasikan acne spot treatment adalah sebagai langkah terakhir dari rutinitas skin care malam hari. kamu bisa menggunakan rutinitas skin care seperti biasanya. Namun, saat ingin mengaplikasikan acne spot treatment, hapus skin care yang digunakan pada area berjerawat menggunakan cotton bud yang dibasahkan atau tisu. Kemudian, aplikasikan acne spot treatment pada area yang berjerawat. Hal ini bertujuan untuk membantu acne spot treatment bekerja langsung pada jerawat tanpa terganggu oleh produk skin care lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan acne spot treatment pada pagi hari, asalkan produk yang digunakan bersifat transparan dan memang direkomendasikan untuk penggunaan pagi hari. Caranya memakainya pun serupa dengan pengaplikasian pada malam hari. Namun, setelah mengaplikasikan acne spot treatment dan membiarkannya kering, kamu perlu mengaplikasikan kembali sunscreen pada area yang berjerawat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terbentuknya hiperpigmentasi pada bekas jerawat.

Lengkapi dengan Skin Care untuk Perawatan Jerawat

Satu hal yang perlu kamu ingat, acne spot treatment tidak berfungsi untuk membuat wajah kamu menjadi bersih dan bebas dari jerawat. Produk ini hanya berfungsi untuk mengobati jerawat secara individual. Oleh karena itu, bagi kamu yang sering mengalami jerawat dan memiliki kulit acne prone, mengobati jerawat dengan acne spot treatment saja tidaklah cukup. Ada baiknya jika kamu melakukan pencegahan sebelum jerawat mulai tumbuh dengan menggunakan produk skin care untuk kulit berjerawat.

Baca juga: Sudah Diobati Tapi Jerawat Tidak Kunjung Reda? Mungkin Berbagai Hal Ini yang Jadi Pemicunya

Hindari Mencoba Banyak Produk Secara Bersamaan

Banyak orang yang tidak sabar saat berusaha menyembuhkan jerawat. Akibatnya, beragam produk pun langsung dicoba dalam waktu yang bersamaan. Hati-hati, penggunaan banyak produk secara bersamaan malah bisa mengurangi kemampuan kerja produk tersebut, lho. Bahkan, hal ini juga dapat memperparah kondisi iritasi dan berisiko memperparah pembentukan bekas luka. Beri waktu setidaknya satu minggu untuk membiarkan produk bekerja terlebih dahulu.

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Soal Kosmetika Oplosan, Polisi Panggil Via Valen dan Nella Kharisma