Sukses

Beauty

Meremajakan Kulit dengan Plasma Darah Sendiri Lewat Perawatan PRP Facial

Ladies, mendengar kata "penuaan dini", rasanya begitu menyeramkan ya? Tetapi tak bisa dilawan atau pun dihindari, suka atau pun tidak suka, tubuh manusia pasti akan mengalaminya.

Proses aging atau penuaan pada kulit terjadi seiring berjalannya waktu. Sel-sel kulit akan menua dan rusak. Dari luar tubuh, sinar ultraviolet dari matahari dan asap rokok yang terpapar pada kulit akan mempercepat proses aging.

Tanda kulit yang mengalami proses aging adalah kerutan. Kerut terjadi akibat kulit yang menipis dan berkurangnya kolagen sebagai jaringan penunjang kulit. Karena itulah, menginjak usia 20-an, banyak perempuan mulai memperhatikan perawatan kulit wajah agar tidak muncul kerutan di usia muda.

Apa itu PRP Facial?

Salah satu bentuk perawatan wajah populer untuk mencegah penuaan dini adalah PRP facial. Seringkali disebut "vampire facial", perawatan wajah ini menggunakan plasma sebagai bahannya. Platelet rich plasma (PRP) atau plasma kaya trombosit merupakan produk yang berasal dari tubuh sendiri. PRP diperoleh dengan mengambil sejumlah kecil darah sendiri yang diproses dengan setrifugasi untuk memisahkan komponen sel-sel darah dengan plasma (cairan bening) dan trombosit.

Trombosit adalah komponen sel darah yang dapat membantu proses penyembuhan jaringan yang mengalami trauma/luka, melalui proses pemisahan darah dan plasma akan melepaskan sejumlah growth factor yang dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. PRP diinjeksikan ke dalam kulit agar dapat merangsang regenerasi dan pertumbuhan jaringan kolagen baru. Hasil akhir yang didapat adalah kulit dengan tekstur yang halus dan warna yang cerah.

Penelitian tentang PRP sudah dilakukan lebih dari 30 tahun dan juga digunakan dalam bidang ortopedi, bedah plastik, gigi. Penelitian terbaru tentang PRP menunjukkan adanya perbaikan pada kulit yang rusak akibat sinar matahari dan proses aging.

Prosedur perawatan PRP aman karena berasal dari darah sendiri. Proses aplikasi pada kulit dilakukan dengan microneedling yang didahului proses anestesi sehingga tetap memberikan rasa nyaman. Hasil perawatan nampak 3-4 minggu setelah perawatan.

Sumber: Olive Tree Health and Beauty Center

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading