1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Penasaran, Bahan Apa Yang Sebenarnya Terkandung Dalam Krim Anti Aging?

Sabtu, 14 Juli 2018 11:08 Penulis: dr. Andre Kurniawan, M.Biomed, AAM
Ilustrasi/Foto: pexels.com

Vemale.com - Kulit manusia berubah dengan bertambahnya usia. Lapisan kulit terluar atau epidermis akan terlihat semakin menipis dan pucat. Lapisan dibawahnya yaitu dermis juga akan menipis. Pada lapisan dermis terdapat jaringan kolagen yaitu protein yang membentuk struktur dan kekuatan kulit, disini juga terdapat jaringan elastin yang membuat kulit memiliki kemampuan untuk meregang dan kembali.

Bertambahnya usia menyebabkan kemampuan kulit untuk kembali setelah meregang jadi berkurang, proses ini menjadi awal terbentuknya kerutan atau wrinkle. Kerutan atau wrinkle pada kulit menyerupai jaringan parut atau scar, sekali terbentuk tidak akan bisa dihilangkan. Saat ini banyak produk dengan klaim dapat mengurangi atau menghilangkan kerutan padahal tidak memiliki efek sama sekali terhadap kulit karena hanya menutupi kerutan dari luar.

Mengatasi kerutan atau wrinkle merupakan hal yang meyulitkan jika tidak bisa memilih produk yang tepat. Jenis krim anti aging mungkin dapat jadi pilihan baik untuk merawatan kulit. Produk jenis ini mulai banyak tersedia di konter-konter kecantikan atau jika menghendaki produk sejenis yang lebih kuat khasiatnya bisa diperoleh dengan berkonsultasi dengan dokter.

Produk krim anti aging biasanya mengandung salah satu atau kombinasi dari beberapa bahan aktif seperti:

  • Peptide, protein-protein kecil yang dapat menstimulasi kulit untuk produksi kolagen.
  • Fruit acid atau alpha hydroxy acids (AHAs), senyawa yang mengangkat lapisan kulit mati sambil merangsang pertumbuhan kulit baru yang bertekstur halus.
  • Antioxidant, vitamin C dan E menghambat pembentukan wrinkle dengan melawan radikal bebas yang terbentuk akibat paparan ultraviolet.
  • Retin A, menghambat wrinkle dengan meningkatkan produksi sel baru, memudarkan pigmentasi dan meningkatkan pembentukan kolagen.

Selain dengan rajin mengaplikasikan krim anti aging sedini mungkin, yang tak kalah penting adalah melakukan perawatan dari dalam. Rajinlah minum air putih, perbanyakan asupan gizi dan serat yang cukup dari sayur serta buah dan terapkan gaya hidup sehat karena aktivitas dan gaya hidup serta jenis perawatan berpengaruh pada tampilan kulit.

Sumber: Olive Tree Health and Beauty Center


(vem/wnd)
KOMENTAR PEMBACA
Suka Unggah Caption Lucu, Apa Alasan Ferry Salim?