1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Tips Atasi Foundation yang Terlalu Gelap agar Tidak Mubazir

Kamis, 12 Juli 2018 16:00 Penulis: Devina Ellora
Foundation/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Meskipun sudah dibantu dengan ulasan dari sana-sini atau foto-foto swatch, yang namanya memilih foundation memang memerlukan kejelian secara ekstra. Apalagi, jika kamu membelinya via online atau di drugstore yang mana pilihan tester yang tersedia seringkali terbatas. Nah, karena alasan-alasan inilah kamu seringkali berakhir mendapatkan foundation dengan warna yang tidak sesuai atau bahkan lebih gelap dari warna kulit asli. Meskipun warnanya lebih gelap, bukan berarti foundation tersebut tidak bisa digunakan, lho! Agar tidak mubazir, yuk perhatikan lima tips berikut untuk mengatasi warna foundation yang terlalu gelap!

1. Campurkan dengan Moisturizer

Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit sebelum menggunakan makeup, ternyata moisturizer juga dapat digunakan untuk mengatasi warna foundation yang terlalu gelap. Penggunaan beberapa tetes produk pelembap diketahui dapat meningkatkan warna foundation yang gelap menjadi lebih terang. Untuk mendapatkan warna yang tepat, tuang moisturizer sedikit demi sedikit dengan foundation di punggung tangan. Kemudian, campur keduanya hingga mendapatkan warna yang sesuai dengan kulit kamu.

Baca juga: Foundation Enggan Menempel Sempurna Pada Kulit Wajah? Hmm, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

2. Gunakan Finishing Powder dengan Warna Terang

Jika foundation yang terlalu terang dapat diakali dengan bedak/finishing powder/setting powder yang memiliki warna lebih gelap, begitu pula sebaliknya. Saat menggunakan foundation yang lebih gelap dari warna kulit, kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan bedak yang memiliki warna terang. Selain itu, agar hasil makeup kamu tidak terlihat ‘belang’ dan tampak lebih maksimal, jangan lupa untuk mengaplikasikan foundation dan bedak hingga ke bagian kulit leher, ya!

3. Campurkan dengan Foundation yang Lebih Terang

Salah satu alternatif untuk mendapatkan warna yang lebih sesuai dari foundation yang terlalu gelap adalah mencampurkannya dengan foundation yang lebih terang. Jika tidak memilikinya, kamu juga bisa memanfaatkan concealer yang umumnya memiliki warna lebih terang 1-2 tingkat di atas warna kulit. Cara mencampurkannya pun sama seperti poin pertama, yakni dengan mencampurkan foundation terang atau concealer pada foundation gelap di punggung tangan hingga mendapatkan warna yang tepat atau mendekati.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan Foundation yang kamu Punya dengan Maksimal

4. Manfaatkan Sebagai Bronzer atau Contour

Manfaatkan Sebagai Bronzer atau Contour/Copyright Shutterstock

Jika perbedaan warnanya dengan kulit bisa mencapai 2-3 tingkat lebih gelap, sebaiknya jangan gunakan produk sebagai alas bedak. Alih-alih memaksakan penggunaan foundation yang terlalu gelap, kamu bisa menjadikan produk tersebut sebagai bronzer ataupun contour. kamu dapat mengaplikasikan foundation pada bagian bawah tulang pipi, sisi pelipis, atau di bawah rahang untuk mempertegas struktur wajah. Selebihnya, ratakan dengan menggunakan kuas khusus untuk mendapatkan hasil akhir yang natural dan juga maksimal.

Baca juga: Perbedaan Mendasar Antara Contour dan Bronzer yang Perlu kamu Tahu

5. Gunakan Korektor Khusus Foundation

Jika perbedaan antara shade foundation dan warna kulit kamu terlalu jauh, solusi agar foundation kamu tidak berakhir sia-sia adalah menggunakan korektor khusus untuk warna foundation. Dari beberapa tipe korektor foundation, yang perlu kamu gunakan adalah korektor berwarna putih yang bertujuan untuk membuat warna foundation menjadi lebih muda. Terdapat beberapa brand yang menawarkan korektor foundation atau yang juga biasa disebut dengan foundation mixer. Beberapa di antaranya, NYX Pro Foundation Mixer, The Body Shop Shade Adjusting Drops, dan juga L.A. Girl Pro Coverage Foundation.

Baca juga: Foundation Terlalu Gelap? Coba Campur dengan Warna Putih L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering