Sukses

Beauty

Sudah Pakai Tabir Surya, Tapi Mengapa Kulit Tetap Terbakar?

Agar kulit wajah terlindung dari sinar matahari, tabir surya jadi andalan. Setiap hari, kita sebaiknya menggunakannya sebelum beraktivitas. Nah, sayangnya banyak kekeliruan terjadi dan menyebabkan kulit tetap terbakar dan memerah karena sinar matahari. Mengapa demikian?

Kesalahan bisa saja terjadi pada tahap penggunaan sunscreen. Meski kulit sudah terlindungi sunscreen dengan SPF dan PA tinggi, tetap saja tak menjamin kulit terlindungi dengan optimal. Ini karena cara pemakaian tabir surya yang tak sesuai ketentuan.

SPF atau Sun Protection Factor adalah perkiraan daya tahan sunscreen terhadap radiasi matahari yang fungsinya untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar UV. Nilai yang tercantum pada SPF (SPF 20, 25, 30, 50, 100, etc) bukanlah pengertian dari lama waktu pemakaian sunscreen yang bekerja untuk melindungi kulit. Arti angka tersebut adalah ketahanan sunscreen untuk menghalau radiasi sinar UVA dan UVB dari matahari.

Menggunakan sunscreen sebaiknya diaplikasikan berulang kali setelah 2-3 jam pemakaian agar kulit tak gosong. Nah, jika ingin kulitmu tetap pada warna sebelumnya, kamu jangan malas mengoleskan ulang tabir surya ya.

Sunscreen tidak akan bekerja efektif jika digunakan ketika kulit sudah terpapar matahari langsung. Gunakan sunscreen maksimal 15 menit sebelum memulai aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, ikuti petunjuk sesuai yang tertera. Gunakan kembali suncsreen SPF30 setelah 2-3 jam pemakaian. Sunscreen SPF 50, gunakan kembali setelah 4-5 jam pemakaian. Umumnya sunscreen dengan SPF tinggi seperti 50, memiliki kekuatan melindungi kulit selama 8 jam. Tapi agar hasilnya maksimal pakai kembali setelah 4-5 jam.

Untuk aturan pemakaiannya, 1 sentimeter kulit memerlukan minimal 2 miligram sunscreen. Untuk kita yang gemar melakukan aktivitas di bawah terik matahari, seperti di pantai, sebaiknya hindari waktu matahari di jam berikut: 10.00 – 15.00. Oleskan juga sunscreen di bagian tubuh yang tak terpapar sinar. Untuk tubuh bagian atas: kulit wajah, leher, telinga, kulit area mata, dan bibir.  Tubuh bagian bawah, seluruh tangan hingga siku, seluruh kaki, kulit bagian lutut dan telapak kaki.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

Sumber: Liputan6.com



(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading