1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Kesalahpahaman Mengenai Skin Care Natural yang Perlu Kamu Ketahui

Rabu, 11 Juli 2018 18:30 Penulis: Nisita Widinati
Skincare Natural/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Jika gemar memerhatikan tren gaya hidup, kamu mungkin akan menyadari bahwa produk dengan klaim natural dan organik semakin banyak diminati beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan tren ini dapat dilihat dari berbagai macam industri, tak terkecuali kecantikan. Meski sudah berkembang selama bertahun-tahun, sayangnya masih ada segelintir masyarakat yang salah paham akan produk skin care natural. Agar tidak salah langkah, yuk ketahui apa saja kesalahpahaman mengenai skin care natural yang banyak beredar di masyarakat!

Produk Skincare Natural Sudah Pasti Aman

Saat memutuskan untuk memilih produk skin care natural, jangan lupa juga untuk mencari tahu informasi dan efek samping dari produk tersebut. Meskipun terbuat dari bahan alami, skin care natural tidak berarti 100% aman. Ada beberapa bahan alami yang berisiko menimbulkan reaksi alergi pada sebagian jenis kulit. Misalnya saja, gatal-gatal dan juga iritasi. Sebagai contoh, perasan air lemon yang baik untuk mencerahkan wajah. Bahan alami yang satu ini memiliki nilai pH yang sangat rendah, yakni 2, yang mana pada sebagian jenis kulit dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi, hiperpigmentasi, hingga meningkatnya sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Hanya Mengandalkan Face Oil

Face oil merupakan salah satu produk skin care natural yang diekstrak dari berbagai jenis nabati. Produk yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya untuk menjaga kelembapan. Sayangnya, sebagian wanita terlalu mengkamulkan produk ini untuk merawat kulitnya. Padahal, face oil akan lebih bekerja secara maksimal jika dikombinasikan dengan produk skin care lainnya. Sebagai contoh, selalu gunakan toner sehabis mencuci wajah sebelum kamu mengaplikasikan face oil. Selain mampu mengembalikan pH normal kulit, toner juga dapat mengunci hidrasi, serta membantu penyerapan produk skin care yang dikenakan selanjutnya.

Baca juga:5 Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja Secara Efektif

Skin Care Natural Bebas dari Bahan Kimia

Skin Care Natural Bebas dari Bahan Kimia/Copyright Shutterstock

Meskipun sebuah produk memiliki label ‘natural’, sebaiknya kamu tak lantas beranggapan bahwa produk tersebut bebas dari pengawet dan bahan kimia. Sebuah produk dapat diberi label natural apabila memiliki kandungan bahan alami setidaknya 10%. Selain itu, produk natural skin care juga tetap memerlukan pengawet agar ekstrak bahan alami yang terkandung dapat terhindar dari bakteri dan jamur.

Menggunakan Skin Care Natural Hanya pada Wajah

Beralih ke skin care natural memang memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi, kamu sebaiknya tidak hanya fokus pada kulit wajah saja. Wajah sendiri hanya mewakili 4.5% dari keseluruhan area kulit. Jika kamu memang ingin mendapatkan manfaatyang lebih maksimal, yuk mulai gunakan produk berbahan natural untuk merawat kulit tubuh dan rambut!

Baca juga: Mulai dari Merawat Kulit Hingga Mengusir Flu, Yuk Coba 3 Brand Skin Care Lokal Sekaligus Natural Remedy Berikut!

Tidak Disertai dengan Berpindah ke Kosmetik Natural

Tak hanya skin care, produk makeup natural pun sudah semakin mudah kita temukan di pasaran. Perkembangan dari produk makeup dengan bahan natural ini terus meningkat karena semakin banyak wanita yang peduli dengan kandungan produk yang digunakannya. Makeup dengan kandungan bahan natural juga cenderung lebih aman bagi kulit dan juga lingkungan. Untuk membuat penggunaan produk natural semakin maksimal, jangan lupa beralih ke produk makeup natural juga, ya!

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Arti 3 Tato Baru di Kedua Tangan Awkarin