Sukses

Beauty

Hati-hati! 5 Bintik di Wajah Ini Tak Boleh Dipencet Jika Ingin Wajah Mulus

Jerawat atau berbagai bintik di wajah memang bikin gemas. Tangan pun rasanya ingin memencet bintik yang mengganggu ini. Well Ladies, ternyata ada beberapa bintik atau hal di wajah yang sebaiknya tak dipencet jika kamu ingin wajahmu mulus. Jika tak berhati-hati dalam memencet jerawat, bisa-bisa muncul jaringan parut.

Berikut ini ada beberapa hal di wajah yang sebaiknya tidak dipencet seperti yang dilansir oleh standardmedia. Apa saja sih?

Rambut yang tumbuh ke dalam

Rambut ini tentu bikin kita gemas untuk mencabutnya. Well, ini sebaiknya dibiarkan saja karena mencabut hanya akan menciptakan trauma tanpa mengatasi atau melepaskan yang tumbuh ke dalam, yang mengarah ke peradangan dan jaringan parut. Jika rambut yang tumbuh tertanam kuat, maka dokter kulit mungkin perlu melepaskan ingrown dengan jarum steril.

Cold sores

Cold sores ini berbeda dengan sariawan. Jika sariawan muncul di mulut bagian dalam, cold sores biasanya muncul di bibir atau mulut bagian luar. Hindari menyentuhnya dengan tisu karena malah akan menyebar. Cold sores ini juga bisa disebut dengan jerawat biasa karena rasa kesemutan biasanya menyertai cold sores.

Milia

Milia merupakan  tonjolan putih kecil yang pernah kamu lihat muncul di wajah dari waktu ke waktu, yang tak boleh dipencet atau dicabut. Ini karena milia tak memiliki lubang di kulit, karena mereka terbungkus seperti kista. Untuk menghilangkannya sebaiknya kamu mendapatkan bantuan seorang profesional dengan jarum halus untuk memecahkan permukaan dan mengeluarkan kista.

Sandpaper/chicken skin

Ini biasa dialami saat masih kecil. Benjolan kecil yang dikenal juga sebagai keratosis pilaris, kondisi yang sangat umum, tidak berbahaya meski muncul pada kulit. Untuk mengatasinya sebaiknya menggunakan krim yang memiliki sifat-sifat pengelupasan sel, atau bahan pelarut keratin seperti asam salisilat dan asam laktat. Pemberian vitamin A pada malam hari diikuti oleh pelembab juga dapat membantu.

Jerawat cystic

Jerawat batu jangan langsung dipencet karena ini tertanam sangat dalam Ladies. Memencet jerawat ini sama saja meningkatkan risiko jaringan parut muncul di kulit. Wajah akan ditinggali bekas jerawat bahkan terlihat bolong.

Nah, kelima bintik ini sebaiknya memang mendapatkan penanganan tersendiri. Bintik yang boleh dipencer adalah komedo atau whiteheads yang berada tepat di permukaan kulit.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading