1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Penyebab dan Cara Mengatasi Berbagai Tipe Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Selasa, 10 Juli 2018 10:45 Penulis: Devina Ellora
Lingkar Mata/copyright unsplash.com/@alexandruz

Vemale.com - Agar wajah tidak terlihat lelah, tentu kamu sudah hafal warna concealer yang dibutuhkan untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Namun, pernahkah kamu memperhatikan bahwa lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata setiap orang memiliki warna yang berbeda-beda? Meskipun disebut lingkaran hitam, warna yang kerap tampak pada area bawah mata umumnya berupa warna kecokelatan atau keunguan. Nah, berbeda warnanya, berbeda pula penyebab terjadinya lingkaran hitam di bawah mata itu. Yuk, simak lebih lanjut di sini!

Area Bawah Mata Berwarna Kecokelatan

Area Bawah Mata Berwarna Kecokelatan/copyright sociolla.com

Jika lingkaran hitam pada bawah mata kamu memiliki warna kecokelatan, warna kulit yang lebih gelap, atau agak kehitaman, penyebab utamanya adalah dampak dari sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari sinar UV, sel-sel kulit akan memproduksi melanin (pigmen warna kulit) dan jika berlangsung terus-menerus dapat menjadi hiperpigmentasi yang tampak seperti lingkaran gelap kecokelatan pada area bawah mata. Meskipun semua warna kulit berpotensi mengalami lingkaran hitam karena pigmentasi, umumnya masalah ini lebih banyak ditemukan pada pemilik kulit sedang hingga gelap.

Solusi: Meskipun merupakan tipe lingkaran hitam yang paling mudah untuk ditutupi dengan concealer, area bawah mata yang terjadi akibat pigmentasi cukup sulit untuk dihilangkan. Untuk membantu mengurangi lingkaran hitam berwarna kecokelatan, kamu dapat menggunakan produk dengan kandungan retinoid atau kandungan yang memiliki efek mencerahkan seperti niacinamide, azelaic acid, kojic acid, glycolic acid, atau vitamin C. Namun, tentu akan jauh lebih baik lagi jika kamu rutin menggunakan sunscreen untuk mengurangi dampak sinar matahari agar mencegah terbentuknya lingkaran hitam pada bawah mata.

Baca juga: Mengenal Retinoid, Komponen Vitamin A yang Menjadi Ingredient Populer di Skin Care Anti-Aging

Area Bawah Mata Berwarna Kebiruan

Area Bawah Mata Berwarna Kebiruan/copyright unsplash.com/@alexandruz

Sering bergadang tidak tidur semalaman untuk binge-watching drama Korea atau menyelesaikan pekerjaan yang sudah mendekati deadline? Kemungkinan besar, area bawah mata kamu akan memiliki warna kebiruan. Lingkaran hitam pada bawah mata dengan warna kebiruan umumnya disebabkan oleh gaya hidup. Bisa jadi karena kurang tidur, akibat alergi, atau stres. Saat gaya hidup kamu terganggu, sirkulasi-mikro darah akan melambat dan membuat area bawah mata kamu kekurangan oksigen, sehingga berubah warna menjadi kebiruan.

Solusi: Kabar baiknya, lingkaran hitam yang satu ini dapat dicegah dan berkurang cukup mudah. Untuk mencegahnya, tentu saja kamu harus menjaga gaya hidup sehat, terutama memenuhi waktu tidur yang cukup. Selain itu, kamu juga dapat melakukan olahraga atau meditasi untuk membantu mengurangi lingkaran hitam yang berwarna kebiruan. Dari segi skin care, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan anti-oksidan untuk menutrisi area bawah mata.

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Skin Care dengan Anti-oksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Area Bawah Mata Berwarna Keunguan/Kemerahan

Area Bawah Mata Berwarna Keunguan/Kemerahan/copyright sociolla.com

Warna kemerahan atau keunguan yang tampak pada area bawah mata berasal dari pembuluh darah. Nah, hal ini dapat terjadi karena dua alasan, yang pertama adalah bertambahnya usia atau penuaan dan yang kedua karena genetik. Saat bertambah tua, kulit akan berangsur menipis, sehingga pembuluh darah yang ada di bawahnya pun menjadi lebih terlihat. Ditambah lagi, saat bertambah tua, pembuluh darah juga akan melemah sehingga membuat sel-sel darah ‘bocor’ dan semakin terlihat. Sedangkan, area bawah mata yang berwarna keunguan atau kemerahan karena alasan genetik lebih sering terlihat pada pemilik kulit terang cenderung pucat yang membuat pembuluh darah lebih terlihat.

Solusi: Produk dengan kandungan retinoid yang memiliki khasiat anti-aging dan mampu memperkuat tekstur kulit pada area mata dapat menjadi pilihan untuk mengatasi area bawah mata keunguan atau kemerahan yang tampak semakin jelas seiring bertambahnya usia. Selain itu, kamu dapat memudarkan lingkaran hitam pada area bawah mata dengan berkonsultasi pada dermatologis untuk prosedur menggunakan laser untuk mengurangi pembuluh darah yang terlihat jelas.

Area Bawah Mata Berwarna Kehitaman

Area Bawah Mata Berwarna Kehitaman/copyright sociolla.com

Nah, berbeda dengan tipe-tipe lingkaran hitam sebelumnya, area bawah mata kehitaman sebenarnya bukan merupakan discoloration, melainkan bayangan yang terbentuk pada area bawah mata dan membuatnya terlihat gelap. Penyebabnya adalah struktur wajah, penuaan, atau berkurangnya berat badan yang membuat area bawah mata ‘berkurang volumenya’ dan menjadi cekung. Alhasil, area bawah mata pun tampak kehitaman karena terbentuknya bayangan.

Solusi: Menggunakan skin care dengan kandungan apapun tidak akan berdampak banyak dalam mengatasi masalah area bawah mata yang satu ini. Namun, bukan berarti lingkaran hitam akibat mata cekung ini tidak dapat dihilangkan, kok! Untuk mengatasinya, pilihan kamu untuk mengatasinya adalah dengan melakukan treatment khusus pada dermatologis atau klinik kecantikan seperti filler di mana area bawah mata dapat ‘diisi’ agar tidak lagi cekung.

Baca juga: Cara Menggunakan Color Corrector untuk Samarkan Warna Kulit Tidak Merata dan Noda di Wajah

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#Q&A Deddy Corbuzier - Cukup Syuting Satu Program