KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Bakteri Baik Untuk Kulit Anda

Jum'at, 06 Januari 2012 07:00 Penulis:
(c) sheknows

Vemale.com - Vemale.com- Istilah probiotik sangat akrab di telinga, dan langsung mengingatkan kita pada produk yoghurt. Bakteri hidup yang terkandung di dalam yogurt membantu pencernaan bekerja lebih baik dan tetap sehat, karena menjaga keseimbangan lingkungan mikroflora usus. Lebih jauh lagi, penelitian terbaru bahkan mengungkap manfaat probiotik untuk memperkuat sistem imun dan mengendalikan berat badan.

Belakangan juga ditemukan bahwa probiotik memberikan efek yang sama untuk kecantikan kulit. Mikroflora sebenarnya tidak hanya ada di saluran pencernaan, tapi juga ada di setiap permukaan tubuh manusia mulai dari rambut hingga lipatan kuku. Para ahli meneliti efek keseimbangan mikroflora pada permukaan kulit, terutama kulit wajah, dan bagaimana efek pemberian probiotik pada kesehatan kulit.

Terbukti bahwa probiotik efektif menangkal berbagai masalah kulit terutama yang disebabkan oleh bakteri, yaitu jerawat. Lebih jauh lagi, keseimbangan mikroflora pada kulit juga menyebabkan kulit jauh dari penuaan dini, kulit sensitif dan juga dehidrasi. Kondisi yang jelek dan perawatan yang salah dengan kosmetika yang keras bisa membuat kulit kehilangan mikrofloranya sehingga menjadi sensitif, mudah berjerawat dan juga terkena berbagai masalah kulit.

Namun bukan berarti masker yogurt akan memberi manfaat ini, karena seperti dikutip dari Dailymail, para ahli mengatakan bahwa probiotik yang digunakan pada produk krim wajah didesain agar bisa meresap dengan mudah ke dalam jaringan kulit, berbeda dengan yogurt biasa. Bakteri yang dipakai juga berbeda strain dari yang ada di yogurt.

Beberapa merek kosmetik ternama mulai memanfaatkan kelebihan probiotik ini dalam produk perawatan kecantikan mereka. Di antaranya adalah Clinique, Lancome, Nude dan Revive. Mereka memasukkan bakteri baik ke dalam anti-ageing serum dan moisturiser bikinannya. Diklaim, produk ini akan membantu menyejukkan dan membuat kulit lebih kenyal dan berisi, yang menjadi tanda kulit tersebut sehat dan muda.

(vem/miw)
KOMENTAR PEMBACA