1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

5 Kandungan Pada Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Sabtu, 30 Juni 2018 11:00 Penulis: Andini Aprilliana
Skincare/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Mendapatkan kulit yang sehat, ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari menjaga asupan makanan dan minuman, istirahat yang cukup, mengontrol stres, dan tentunya rutin melakukan perawatan dengan beragam produk skin care. Memilih produk skin care yang akan digunakan pun tak boleh sembarangan. Pasalnya, ada beberapa kandungan yang berisiko menimbulkan dampak buruk, khususnya pada jenis kulit sensitif. Nah, supaya tidak keliru dalam membeli produk, berikut ini tertera 5 kandungan yang sebaiknya perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif karena memiliki potensi mengiritasi.

1. Lanolin

Lanolin merupakan jenis kandungan yang ampuh untuk membuat kulit wajah terasa lembut dan lembap. Jenis minyak atau lemak esensial yang berasal dari domba ini memang dikenal baik untuk pemilik kulit kering. Meski demikian, tidak dengan pemilik kulit sensitif. Penggunaan produk skin care berbahan lanolin pada kulit sensitif justru malah akan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

2. Isopropyl Myristate

Beberapa brand skin care memang diketahui menyelipkan kandungan isopropyl myristate ke dalam produknya, terutama pelembap. Kandungan isopropyl myristate memang dapat mengurangi tampilan berlebih pada kulit. Meski begitu, jika digunakan setiap hari, bahan yang satu ini ternyata malah dapat menyumbat pori-pori serta memicu iritasi.

3. Kandungan Comedogens

Pemilik kulit sensitif memang lebih dianjurkan untuk menggunakan produk-produk perawatan kulit yang non-comedogenic. Pasalnya, penggunaan bahan comedogenic malah akan memicu timbulnya permasalahan kulit. Cotton seed oil, cocoa butter, coconut oil, dan juga butyl stearate disebut-sebut merupakan jenis kandungan yang tingkatan comedogens-nya paling tinggi. Meskipun sebenarnya kandungan tersebut dapat mengatasi masalah kulit, sayangnya jenis kandungan tersebut juga dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kulit, salah satunya jerawat.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat

4. SLS dan SLES

SLS dan SLES merupakan dua jenis kandungan sulfat yang banyak ditemukan pada produk facial wash. Umumnya, facial wash yang menggunakan kedua bahan ini akan memiliki busa yang melimpah. Banyaknya busa yang dihasilkan oleh produk pembersih wajah sebenarnya tidak menjadi jaminan bahwa produk tersebut benar-benar ampuh dalam mengangkat kotoran. Yang ada malah sebaliknya, busa melimpah dapat menyebabkan kulit semakin kering dan merusak lipid. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga perlu menghindari produk dengan kandungan antibacterial yang memicu kulit jadi semakin kering, seperti tetrasodium EDTA dan triclosan.

5. Phtalates

Jika produk skincare yang saat ini kamu gunakan mengandung phtalates, segeralah hentikan pemakaiannya. Jenis kandungan yang banyak terdapat pada produk sunscreen ini memang sebaiknya tidak digunakan oleh para pemilik kulit sensitif. Phtalates sendiri memang memang berfungsi untuk membantu kulit menyerap produk dengan baik. Sayangnya, penggunaan produk ini secara terus menerus diketahui dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Selain itu, salah satu peneliti asal New York juga menyebutkan bahwa produk kecantikan yang mengandung phtalates berisiko menyebabkan demam, asma, serta iritasi kulit.

Baca juga: Bersihkan Makeup Tanpa Iritasi dengan 5 Rekomendasi Micellar Water untuk Kulit Sensitif Berikut!

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk Sakral - Perdana Main Film, Olla Ramlan Ketagihan