1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

4 Bahan Kimia dalam Produk Kecantikan Ini Bahaya Buat Rambut!

Sabtu, 23 Juni 2018 16:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Bahan berbahaya untuk rambut/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Ada banyak produk perawatan rambut yang bisa kamu pilih dan gunakan, namun harus berhati-hati juga dengan komposisinya. Karena bisa jadi, produk perawatan rambut yang kamu pilih justru mengandung bahan-bahan kimia berbahaya untuk kesehatan rambut dan kesehatan tubuh secara umum.

Dilansir dari Independent, Minggu (17/6/2018), ini empat bahan kimia berbahaya untuk rambut yang harus kamu hindari.

1. Parabens
Bahan kimia parabens masih banyak ditemukan pada produk perawatan rambut yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah bakteri. Tapi parabens juga diketahui sebagai xenoestrogen yang berarti bisa mempengaruhi aktivitas estrogen dalam tubuh. Penelitian bahkan menemukan bahwa parabens bisa memicu kanker payudara.

2. Formaldehida
Banyak produk sampo mengandung pengawet yang melepaskan formaldehida. Formaldehida yang terlepas ke udara dan terhirup kemudian masuk ke dalam tubuh bisa menimbulkan reaksi alergi, iritasi dan bahkan menyebabkan kerusakan DNA serta memicu kanker.

3. Sulfat
kandungan sulfat bisa merusak rambut dan membuatnya rapuh. Sulfat biasanya ditambahkan pada sampo sebagai deterjen membuat efek busa yang banyak. Dikhawatirkan bahan kimia ini bersifat karsinogeik, memicu kanker.

4. Parfum/Wewangian
Tentu saja sampo yang wangi lebih banyak dipilih ketimbang yang tidak wangi. Namun harus hati-hati juga memilihnya, karena wewangian yang ditambahkan dapat mengandung sejumlah bahan kimia yang mengganggu endokrin dan termasuk di antara lima alergen teratas. Bagi orang dengan kulit sensitif biasanya mudah mengalami alergi.

Jadi, sebaiknya lihat dulu ingredient atau komposisi di balik kemasan perawatan rambut sebelum membelinya ya ladies. Pastikan minim bahan berbahaya di dalamnya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Resep Masker Simpel Untuk Kulit Kering