1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Mengenal Manfaat Propolis untuk Kecantikan

Rabu, 13 Juni 2018 18:30 Penulis: Andini Aprilliana
Propolis//Copyright Shutterstock

Vemale.com - Jika dibandingkan dengan bahan-bahan kimia, sebagian wanita kini lebih memilih menggunakan produk skin care yang terbuat dari bahan alami. Selain kandungannya dinilai lebih aman, produk skin care berbahan alami juga dirasa lebih efektif dan ramah lingkungan. Salah satu bahan alami yang kini tengah digandrungi para pecinta skin care adalah propolis. Kandungan yang juga kerap disebut sebagai lem lebah ini terbuat dari getah pohon yang dikumpulkan lebah saat cuaca sedang hangat. Saat sudah terkumpul, getah pohon kemudian akan dicampur dengan air liur yang disimpan dalam perut lebah. Setelahnya, propolis kemudian dibawa kembali ke sarang dan digunakan untuk menambal lubang yang terdapat dalam sarang lebah.

Selain digunakan untuk menambal lubang yang terdapat dalam sarang lebah, propolis juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya, meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan aliran darah, mengatasi masalah kanker, serta mencegah penyakit kanker. Tak hanya itu saja, propolis kabarnya juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Apa saja?

Mengatasi Jerawat

Resin merupakan salah satu kandungan yang ada pada propolis. Kandungan ini merupakan zat yang bersifat sebagai anti peradangan. Saat kondisi jerawat bertambah parah atau bahkan malah meradang, pemberian skin care yang mengandung propolis sangat dianjurkan. Penggunaan skin care yang mengandung propolis juga dianjurkan untuk para wanita yang ingin melakukan pencegahan terhadap timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan propolis mengandung zat antibakteri serta minyak esensial yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang berkembang biak yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Menangani Luka

Selain masalah jerawat, propolis rupanya baik digunakan untuk menangani luka pada kulit berkat zat antiseptik alami yang dikandungnya. Beberapa jenis luka, seperti luka bakar dapat diatasi dengan mengoleskan propolis ke area kulit yang luka untuk mempercepat proses pengeringan luka. Nah, agar hasilnya lebih maksimal, oleskan propolis ke area kulit yang luka saat malam hari sebelum tidur. Untuk langkah yang lebih optimal, kamu juga dianjurkan untuk membersihkan area kulit yang luka terlebih dahulu dengan air hangat.

Meregenerasi Kulit

Selain digunakan untuk mengobati jerawat, perawatan dengan menggunakan propolis juga diklaim dapat meregenerasi kulit, menangkal radikal bebas, serta menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Untuk kamu yang memiliki tampilan kulit rusak akibat adanya jerawat, cobalah untuk rutin mengoleskan masker propolis ke area wajah. Lakukan hal ini paling tidak dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Dapatkan Khasiat Madu yang Alami dari 5 Produk Skin Care Berikut

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!