1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

3 Fungsi Penting Charcoal yang Bisa Kulit Kamu Dapatkan

Minggu, 10 Juni 2018 18:30 Penulis: Nisita Widinati
Charcoal/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Produk perawatan kulit dengan kandungan arang atau activated charcoal semakin mudah ditemui di pasaran. Jangan salah sangka dulu, karena arang yang dimaksud di sini adalah zat karbon yang dihasilkan dari bambu, serbuk kayu, maupun tempurung kelapa, dan memiliki tingkat daya serap yang tinggi. Bahan ini biasa ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit, khususnya pembersih wajah. Popularitas penggunaan charcoal pada skin care tentu disebabkan oleh kayanya fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan bahan ini. Nah, apa saja ya fungsi charcoal bagi kulit?

1. Mengatasi Minyak Berlebih dari Kulit Tanpa Membuat Kulit Menjadi Kering

Untuk menjaga kelembapan wajah, kulit memilliki kelenjar minyaknya sendiri. Namun, pada beberapa orang, kelenjar minyak ini terlalu aktif sehingga memproduksi minyak secara berlebih, menyebabkan wajah menjadi berminyak, dan dapat berujung dengan masalah kulit lainnya. Kulit wajah yang berminyak dapat membuat kotoran serta debu mudah menempel pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Charcoal memiliki kemampuan menyerap kotoran dan minyak berlebih yang sangat baik sehingga meninggalkan kulit yang bersih tanpa membuatnya menjadi kering.

2. Detoxifying Agent yang Bisa Bekerja untuk Membersihkan Pori-pori Kulit

Paparan polusi merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah kulit yang kamu alami. Untuk mencegah timbulnya masalah ini, butuh kandungan skin care yang tak hanya membersihkan, tetapi juga dapat mengangkat racun-racun pada kulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, charcoal memiliki kemampuan penyerapan yang sangat baik. Tak hanya minyak dan kotoran, charcoal juga memiliki detoxifying agent yang dapat menyerap racun pada kulit hingga ke pori-pori. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dari pembersih wajah dengan kandungan charcoal.

3. Melawan Penuaan Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, akan ada beberapa tanda-tanda penuaan yang muncul pada kulit seperti keriput, garis halus, serta kulit kendur. Seperti yang kita tahu, penuaan merupakan sebuah proses yang akan terjadi secara alami pada setiap orang. Namun, faktor-faktor lain seperti diet, racun-racun dari lingkungan, serta sinar matahari dapat mempercepat proses ini dan berujung dengan penuaan dini pada kulit. Charcoal memiliki kemampuan untuk memperlambat perubahan pada sel kulit yang menyebabkan penuaan dini. Tak hanya itu, charcoal juga dapat mengurangi racun, keriput, serta blemish pada kulit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan beragam manfaatnya. Menambahkan produk skin care yang memiliki kandungan charcoal bisa mulai kamu coba untuk merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas