Sukses

Beauty

5 Faktor Penyebab Kulit Gampang Berminyak, Sudah Tahu?

Kulit yang gampang berminyak bisa jadi masalah yang sangat menjengkelkan. Makeup yang dipakai jadi nggak bisa bertahan lama, sungguh merepotkan saat harus touch up berkali-kali. Belum lagi dengan kulit yang jadi gampang jerawatan dan komedoan, bikin sebel banget kan.

Secara umum, tubuh kita memproduksi minyak untuk menjaga kulit lembut dan kenyal. Hanya saja kalau produksinya berlebihan malah bisa memicu berbagai masalah kulit. Dikutip dari boldsky.com, bila minyak berlebih menyumbat pori-pori dan menyatu dengan sel-sel kulit mati juga bakteri, nantinya bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Selain kita perlu menggunakan produk perawatan kulit wajah yang tepat, kita juga harus menghindari sejumlah penyebab kulit gampang berminyak.

Ada lima faktor penyebab utama kulit gampang berminyak. Langsung saja yuk kita bahas di sini satu per satu.

1. Fluktuasi Hormon

Kelebihan hormon dihydrotestosterone (DHT) bisa memicu kelenjar sebasea memproduksi sebum. Kulit yang gampang berminyak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Pada wanita, saat premenopause dan selama hamil, kulit wajahnya bisa lebih gampang berminyak dari biasanya.

2. Faktor Lingkungan

Perubahan di lingkungan juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Saat cuaca sedang lembap, bisa membuat kulit gampang berkeringat dan berminyak sehingga kita harus lebih rutin lagi membersihkan wajah dan menggunakan produk untuk mengatasi minyak berlebih.

3. Penggunaan produk kosmetik yang berlebihan

Terlalu sering melakukan eksfoliasi, mencuci wajah, dan scrubbing bisa merusak kulit. Penggunaan produk kosmetik atau makeup yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit jadi lebih gampang berminyak.

4. Stres

Saat stres bukan cuma kondisi tubuh saja yang akan terganggu, kulit pun ikut bermasalah. Ketika sedang stres, kulit akan memproduksi kelebihan hormon androgen yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Jadi menjaga kesehatan mental dan pikiran juga sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu.

5. Pola Makan

Kurangi konsumsi makanan berminyak dan pedas, makanan cepat saji, produk olahan, dan produk yang berpemanis agar kulit tidak gampang berminyak. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan seperti mentimun, jeruk, dan alpukat serta aneka sayur dan ikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Dengan mengetahui faktor penyebab kulit gampang berminyak ini, kita bisa lebih mudah dan hati-hati lagi dalam merawat kulit. Semoga infonya bermanfaat ya ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading