1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

Perbedaan Kondisi Kulit antara Pagi dan Malam Hari

Jum'at, 08 Juni 2018 07:00 Penulis: Devina Ellora
Kulit wajah/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Sebagian dari kamu tentu sudah familiar dengan penggunaan istilah day cream dan night cream dalam dunia perawatan kulit. Merujuk pada waktu penggunaan, kedua jenis krim tersebut sebenarnya sekaligus menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan kulit yang berbeda di waktu pagi dan malam. Oleh karena itu pula, sejumlah beauty influencer kerap membagikan rutinitas perawatan kulitnya ke dalam 2 kategori waktu yaitu pagi dan malam yang juga memiliki sebutan lain seperti day/morning dan night, atau AM dan PM. Nah, ternyata ada alasan kenapa skin care routine pagi dan malam dibedakan. Yuk, lihat di sini!

Kondisi Kulit di Pagi Hari

Kondisi Kulit di Pagi Hari/Copyright Shutterstock

Untuk perawatan kulit di pagi hari, tujuan utama yang perlu kamu capai adalah perlindungan dari sinar UV dan polusi. Pasalnya, di waktu pagi hari, inilah yang terjadi pada kondisi kulit kamu:

  • Kadar air dalam sel berada pada titik tertinggi
  • Fungsi skin protective barrier akan meningkat untuk memberi perlindungan pada kulit
  • Proses penyerapan produk skin care memiliki tingkat efektivitas yang lebih rendah ketimbang waktu malam
  • Perlindungan anti-oksidan kulit meningkat
  • Energi mitokondria yang dibutuhkan untuk kesehatan sel berada pada titik terendah
  • Pertumbuhan dan produksi sel berkurang

Nah, jika melihat kondisi kulit saat pagi hari di atas, tentu kini kamu sudah bisa mengira-ngira skin care routine yang sesuai, kan? Pada intinya, fokus terpenting perawatan kulit di pagi hari tetaplah perlindungan, sehingga penggunaan sunscreen sudah pasti tidak boleh dilewatkan. Oh, iya, jika kamu senang menyampurkan produk kecantikan, hindari menyampur sunscreen dengan produk lain, entah itu makeup ataupun skin care lain seperti face oil karena dapat berpengaruh pada kemampuan proteksi dari formula sunscrreen tersebut. Oleh karena itu, gunakan skin care secara bertahap, akhiri dengan sunscreen hingga produknya menyerap dengan baik, baru gunakan makeup setelahnya jika kamu menginginkan.

Oh, iya, meskipun kamu sudah mandi hingga bersih sebelum tidur, agar skin care dapat bekerja dengan maksimal di pagi hari sebaiknya biasakan untuk tetap membersihkan wajah, ya! Meskipun tidak ‘kotor-kotoran’, tetap saja ada minyak, debu, dan sisa skin care malam seperti exfoliating acids, bahkan hand cream yang mungkin menempel yang perlu dibersihkan. Sedangkan, untuk memberi perlindungan ekstra kamu dapat mengaplikasikan serum dengan kandungan vitamin C yang kaya akan anti-oksidan.

Urutan skin care di pagi hari yang bisa kamu coba: facial wash – toner – serum – moisturizer – sunscreen

Baca juga: Kapan Saja Sih Waktu Terbaik untuk Menggunakan Pelembap?

Kondisi Kulit di Malam Hari

Kondisi Kulit di Malam Hari/Copyright Shutterstock

Berbeda dengan perawatan kulit di pagi hari, perawatan kulit di malam hari memiliki tujuan utama memperbaiki masalah kulit atau menjaga kesehatan kulit. Karena malam hari merupakan waktu yang lebih optimal untuk penggunaan skin care, tidak heran muncul istilah beauty sleep. Ternyata, ada beberapa perubahan yang terjadi pada kondisi kulit kamu di malam hari:

  • Kadar air dalam sel berada pada titik terendah karena transepidermal water loss yang menyebabkan air menguap dari kulit
  • Penurunan fungsi skin protective barrier sehingga tingkat penyerapan kulit menjadi lebih optimal
  • Kulit melepaskan enzim detoks
  • Pertumbuhan sel meningkat
  • Regenerasi DNA untuk memperbaiki sel-sel kulit aktif

Nah, untuk memanfaatkan kesempatan di saat kemampuan penyerapan kulit meningkat di malam hari, pastikan kamu menggunakan skin care dengan urutan yang tepat. Hal yang paling esensial, pastikan kamu membersihkan wajah secara menyeluruh (double cleansing). Pasalnya, kamu telah menggunakan sunscreen atau makeup seharian, kulit juga telah memproduksi sebum, dan secara tidak sadar mungkin wajah kamu telah dipenuhi bakteri akibat menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, penggunaan helm, kebiasaan menykamurkan wajah, dan banyak lagi.

Setelah membersihkan wajah, kamu memiliki rentang waktu kurang lebih 60 detik sebelum kelembapan menguap dari wajah. Manfaatkan jeda waktu ini untuk mengaplikasikan toner dan serum agar terserap secara optimal. Lalu, jangan lewatkan penggunaan moisturizer ya agar kadar air selalu terjaga! Secara berkala, kamu juga bisa melakukan perawatan ekstra seperti menggunakan masker atau melakukan eksfoliasi untuk merawat dan mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit.

Urutan skin care di malam hari yang bisa kamu coba: first cleanser – double cleanser (opsional) – facial wash – masker (opsional) – toner – serum – moisturizer – eye cream – obat jerawat (opsional)

Baca juga: Apa Tanda-Tanda Kulit Membutuhkan Face Toner? Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengaplikasikannya?

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#MusikTalk The Jawara - Racun Cinta Dari Mantan Personil D'Bagindas