Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajahmu, Hindari Ya!

Kulit kita punya pori-pori. Cuma masalahnya kalau pori-pori kulit kotor dan tersumbat, berbagai masalah dan gangguan kulit bisa sangat mengganggu kita. Mulai dari komedo, jerawat, hingga kulit yang tampak kusam.

Rutin membersihkan kulit wajah sangat penting dilakukan. Tak hanya itu saja, ada sejumlah kebiasaan yang seharusnya kita hindari bila tak mau pori-pori kulit tersumbat. Seperti lima kebiasaan buruk yang harus dihindari berikut ini.

1. Memencet pori-pori dan jerawat
Joel Schlessinger, M.D., seorang dermatologis bersertifikat, seperti yang dikutip dari womenshealtmag.com menyebutkan bahwa kalau kita memencet dan menarik kulit, nantinya bisa menyebabkan garis-garis halus di kulit, inflamasi, dan iritasi. Gerakan dan tindakan kasar bisa menyebarkan minyak, bakteri, dan kotoran lain dari tangan ke wajah sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit. Jadi sebaiknya kita harus menghindari kebiasaan memencet pori-pori dan juga jerawat ya.

2. Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor
Nah, kebiasaan yang satu ini juga harus dihindari. Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor bisa menyumbat pori-pori kulit. Bakteri dan kotoran yang menempel di tangan bisa menyebar ke wajah bila kita terlalu sering menyentuh kulit wajah sembarangan.

3. Tidak membersihkan sisa makeup sebelum tidur
Hayo siapa nih yang malas membersihkan sisa makeup? Sisa makeup yang tidak dibersihkan bisa saja sudah tercampur dengan kotoran dan polusi. Sehingga kalau wajahmu tak dibersihkan dulu sebelum tidur, pori-pori kulit bisa tersumbat dan jadi sangat kotor.

4. Tidak melakukan eksfoliasi
Salah satu cara terbaik untuk membersihkan pori-pori kulit adalah dengan melakukan eksfoliasi. Coba lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Eksfoliasi yang dilakukan dengan benar pun bisa bantu cegah jerawat dan meringkas pori-pori kulit.

5. Menggunakan produk comedogenic
Sebaiknya hindari produk yang mengandung minyak, butter, dan wax. Lebih disarankan menggunakan produk makeup mineral khususnya untuk kulit yang rentan jerawatan. Selalu perhatikan kandungan dari produk makeup yang kamu gunakan ya ladies. Jangan sampai kandungannya malah cenderung comedogenic (menyebabkan komedo).

Nah, itu tadi lima hal yang perlu kamu hindari kalau nggak mau pori-pori kulitmu tersumbat. Semoga infonya bermanfaat ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading