Sukses

Beauty

Tips Kulit Glowing dengan Masker Cokelat Alami Homemade

Suka banget sama cokelat? Jangan hanya dimakan. Karena ternyata cokelat juga bisa dijadikan masker untuk mempercantik diri. Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa kandungan cokelat sehat untuk tubuh, terutama untuk mengurangi kadar stres. Tapi bagaimana dengan menjadikan cokelat sebagai masker?

Dilansir dari stylecraze.com, ini sekian manfaat masker cokelat untuk kecantikan wajah dan kulitmu, ladies.

1. Mencerahkan kulit yang terbakar matahari
Dark cokelat mengandung senyawa katekin, polifenol, dan flavanol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Penelitian menunjukkan bahwa dark cokelat mengandung lebih banyak flavanol, polifenol, dan antioksidan lain daripada buah lain, sehingga inilah yang menjadi kekuatan cokelat untuk mencerahkan kulit karena sinar UV yang berbahaya. Flavonol yang tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV berbahaya tapi juga meningkatkan hidrasi kulit dan melancarkan aliran darah.

2. Menurunkan stres
Bukan hanya melawan stres dari dalam, tapi juga dari dari luar. Dark cokelat yang dijadikan masker bisa menurunkan stres pada kulit yang menjadi pemicu kerusakan kolagen dan kerutan. Sebuah penelitian menemukan bahwa biji cokelat membantu mengurangi kadar hormon stres.

3. Menurunkan inflamasi kulit
Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Seoul National University dan University of Massachusett menemukan bahwa polifenol, senyawa antioksidan kuat yang ditemukan dalam ekstrak kakao menurunkan peradangan atau inflamasi di kulit sehingga bisa menyembuhkan gejala alergi yang berhubungan dengan kondisi kulit, seperti ruam kemerahan dan luka jerawat dan psoriasis. Ekstrak biji cokelat juga bisa menyembuhkan gejala dermatitis atopik.

Cara membuat masker cokelat juga sangat mudah.

  • 1 bungkus cokelat bubuk (cokelat yang biasa digunakan untuk membuat kue)
  • sejumput bubuk kayu manis
  • 1 sdt madu

Campurkan ketiga bahan tersebut hingga jadi kental dan oles merata di kulit. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas bersih. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang baik.

Cokelat, terutama dark cokelat, mampu memberi manfaat kulit sehat, cerah, glowing dan bersih dari bintik-bintik hitam. Kamu bisa membuat sendiri masker cokelat di rumah sebagai skincare rutin. Karena cantik itu nggak harus mahal kok ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading