1. VEMALE
  2. /
  3. CANTIK

8 Manfaat Gliserin untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Sabtu, 19 Mei 2018 16:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Manfaat gliserin/copyright Pixabay.com/heyerlein

Vemale.com - Banyak orang mungkin belum banyak yang mengenal tentang gliserin, atau mungkin pernah memakai gliserin namun tidak menyadari bahwa produk perawatan kulitnya mengandung gliserin. Bahan yang satu ini sudah dimanfaatkan sebagai skincare sejak lama karena punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Dilansir dari Boldsky pada Jumat (18/5/2018), ini dia sekian manfaat yang dimiliki gliserin untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Merawat kulit kering
Cukup dioleskan merata pada kulit kering karena gliserin sangat efektif membuat kulit lembab dan tidak kasar karena kering. Kulit kering karena AC juga bisa diatasi dengan menggunakan gliserin. Bisa juga jadi perawatan kulit kering setelah mandi, oles seperti lotion malam hari sebelum tidur.

2. Melembapkan kulit
Sifat melembapkan pada gliserin ampuh menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Cukup campurkan dengan sedikit air mawar dan oles merata ke kulit. Gliserin cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak yang sulit menemukan pelembap yang tepat.

Gliserin melembapkan kulit/copyright Shutterstock.com

3. Mengurangi keriput dan kulit kendur
Untuk menjaga kulit awet muda, gunakan gliserin untuk anti-aging karena mampu menunda penuaan dini. Oleskan ke wajah karena gliserin akan menjaga kekenyalan kulit sehingga mencegah keriput dan kulit kendur.

4. Mengurangi luka bekas jerawat

Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu juga bisa menggunakan gliserin. Cukup oleskan setiap hari untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat karena gliserin akan menutrisi kulit sehingga bisa memperbaiki bekas luka.

5. Menghilangkan komedo
Kulit kasar karena komedo juga bisa diatasi dengan gliserin. Cukup campurkan gliserin dengan sedikit air dan gosok di wajah agar kulit halus bebas komedo.

Gliserin menghilangkan komedo/copyright Shutterstock.com

6. Menjadi toner terbaik bagi kulit
Gliserin juga bisa dijadikan toner untuk membersihkan dan menjaga pH kulit. Campurkan gliserin dengan air. Kemudian semprotkan pada wajah sebagai toner. Bisa dilakukan juga sebelum tidur.

7. Sebagai humektan
Gliserin berperan sebagai humektan alami, yaitu menjaga kulit tetap lembab karena sifat higroskopik-nya sehingga menjaga air tetap berada di kulit. Ini sangat baik bagi wanita yang memiliki kulit kombinasi dan kulit kering.

8. Membuat kulit terlihat cerah
Gliserin akan membantu mencerahkan kulit secara alami dan bebas dari bintik-bintik atau mencegah hiperpigmentasi kulit, baik itu akibat sinar matahari atau karena efek kosmetik. Gunakan gliserin sebagai masker sederhana untuk membuat kulit bersinar alami.

Jadi, jika menemukan gliserin di toko kosmetik, jangan ragu membeli dan menjadikannya perawatan kulit untuk sehari-hari ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk Sakral - Perdana Main Film, Olla Ramlan Ketagihan